Efective Marketing Strategies for Your Business Growth

(Business Lounge Journal – Marketing)

Pemasaran tidak lain hanyalah menyebarkan berita tentang suatu produk atau jasa kepada konsumen, dengan tujuan akhir mereka akan membeli produk Anda.  Target pemasaran akan mempersempit seluruh pasar yang ada dengan membaginya menjadi beberapa segmen. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan usaha Anda dalam mempromosikan produk Anda.

Pemasaran memegang peranan penting dalam berjalannya sebuah bisnis. Jika sebuah produk tidak dipasarkan dengan cara yang benar, maka akan gagal untuk menjangkau  pelanggan / konsumen. Tentu saja sebuah bisnis akan mengalami kegagalan.  Inilah sebabnya, strategi pemasaran mengambil peranan yang penting di dalamnya.

Saat memasarkan suatu produk, sebuah perusahaan harus menentukan target marketnya. Target market tidak lain adalah kelompok khalayak tertentu yang menjadi sasaran penjualan dari  suatu produk yang diproduksi.

Target market lebih seperti membagi ribuan atau bahkan jutaan pelanggan menjadi segmen-segmen yang lebih kecil.

Strategi pemasaran yang efektif adalah menargetkan kelompok populasi pelanggan potensial yang  paling mungkin membeli dan menggunakan produk Anda.

Bagaimana Mengidentifikasi Target Pasar?

Target market bukanlah pemasaran masal dimana kita membagikan satu produk ke seluruh pasar.  Sebab kenyataannya bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang!  Tapi Anda  bisa menandai sekelompok orang tertentu yang menjadi sasaran penjualan produk Anda secara efektif.

Seorang yang profesional dalam pemasaran akan mengidentifikasi target marketnya dengan benar dan memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

Untuk mengidentifikasi target pasar, Anda harus melihat produk yang diproduksi dan dijual.

Untuk itu Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan:

  • Apa fungsi produk ini?
  • Kepada siapa produk ini bermanfaat?
  • Wilayah mana di dunia ini yang akan menerima produk ini?

Mari kita pelajari  beberapa contoh sederhana di bawah ini :

  • Jeans pinggang rendah / low waist: Produk ini memenuhi lifestyle fashion generasi muda dan remaja. Dengan demikian, target marketnya adalah kelompok umur yang berkisar antara 14-25 tahun. Selain itu Anda harus mempertimbangkan dimana Anda bisa menjual jeans low waist ini. Tentunya bukan di negara-negara yang memiliki aturan berpakaian yang ketat seperti negara-negara Arab.  Produk semacam itu tidak akan dijual di sana.
  • Kosmetik: Kosmetik berbasis gender, khusus untuk pria atau wanita, sehingga segmentasi berdasarkan gender harus dilakukan. Namun, membagi pasar berdasarkan gender saja tidak cukup. Gaya hidup pria dan wanita ikut berperan, karena kosmetik tersedia dalam berbagai jenis, ada yang mahal, menengah atraupun harganya rendah.
  • Pendingin Gurun: Jika perusahaan Anda menjual pendingin gurun, jelas bahwa target pasarnya adalah wilayah yang sangat panas di dunia ini dan bukan wilayah yang dingin seperti di Kutub Utara
  • Produk Bayi: Jika Anda menjual produk bayi, Anda harus mensegmentasi pasar berdasarkan kelompok umur, maupun lifestyle dari orang tuanya. Jika mereka memiliki gaya hidup mewah, mereka akan bersedia mengeluarkan uang untuk membeli produk bayi yang mewah juga.
  • Mobil Sport: Jika Anda memiliki bisnis penjualan mobil sport, Anda tidak dapat memasarkannya ke semua orang. Anda dapat membidik segmen kelas middle up yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk produk-produk mewah tersebut. Anda harus mengidentifikasi orang-orang kaya dan memasarkan produk ini kepada mereka.

Ini adalah fakta sederhana dalam hidup bahwa sekeras apa pun kita berusaha, kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Tidak ada produk di pasar yang berhasil atau akan berhasil memuaskan setiap pelanggan. Oleh karena itu, hal yang paling bijaksana untuk dilakukan adalah fokus pada segmen atau target pasar tertentu. Juga investasikan semua upaya dan uang Anda ke dalam kelompok pelanggan potensial ini. Setelah Anda mencapai  target market  yang paling sesuai, maka  penjualan produk Anda akan mulai meningkat secara pesat. Salam Sukses!