10 Tren Teknologi yang Akan Mempengaruhi Strategi Pemasaran Anda (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Service)

Setiap tahun, ada lebih banyak tren teknologi yang harus diperhatikan oleh para wirausaha. Pemilik bisnis yang ingin tetap menjadi yang terdepan perlu menemukan strategi kesuksesan pemasaran yang baru. Berikut ini kelanjutan dari 10 tren yang kami yakini harus dimanfaatkan oleh usaha kecil pada tahun ini.

4. Pencarian suara akan tetap menjadi fokus penting.
Dengan meningkatnya popularitas perangkat seluler dan layanan suara seperti Microsoft Cortana dan Google Assistant, pencarian suara adalah salah satu area di mana bisnis kecil Anda dapat menonjol di antara pesaing Anda. Jika bisnis Anda online, ada kemungkinan besar orang akan menemukan situs web atau materi pemasaran konten Anda melalui penelusuran suara.

“Beberapa tahun lalu, kami harus beradaptasi dengan meningkatnya penggunaan ponsel,” kata Chris Hornak, pemilik Blog Hands. “Dan sekarang, menurut Google, penelusuran seluler mencakup lebih dari 50 persen [penelusuran]. Pemasar harus mulai beradaptasi dengan penelusuran suara, yang saat ini membuat Anda sulit p 20 persen penelusuran seluler, dan hal ini diperkirakan akan terus bertumbuh serupa dengan pertumbuhan seluler.”

Teknik sederhana yang dapat Anda terapkan tahun ini adalah dengan memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan pelanggan tentang produk Anda di situs Anda, menurut Hornak. “Ingatlah untuk memberikan jawaban Anda secara mendetail dan komunikatif.”

Dengan semakin populernya perangkat yang dikontrol suara, fokuskan strategi konten Anda untuk menjawab pertanyaan umum konsumen tentang produk atau layanan Anda.

5. Analisis data akan memberikan wawasan yang lebih mendalam.
Sebagian besar merek menjadikan analisis data sebagai prioritas, namun pemasar masih memiliki cara untuk melakukannya, kata Curtis Tingle, mantan wakil presiden senior produk untuk perusahaan pengiriman media cerdas Valassis.

“Pemasar harus belajar bagaimana menggunakan data yang mereka kumpulkan dengan lebih baik,” katanya. “Pelanggan terus-menerus memberikan informasi pribadi kepada perusahaan tempat mereka berinteraksi — mulai dari perilaku pembelian, produk favorit, hingga cara terbaik untuk menjangkau mereka melalui upaya periklanan dan pemasaran. Dengan pembagian data ini, pelanggan mencari keuntungan, baik dalam bentuk iklan yang lebih dipersonalisasi atau kupon/penawaran yang ditargetkan.”

Pemasar perlu melakukan lebih dari sekadar mengumpulkan data. Data harus bermakna, dan bisnis perlu menggunakan data tersebut untuk meningkatkan kampanye pemasaran.

Tren saat ini berpusat pada data prediktif; kumpulan data yang lebih cerdas, terukur, dan fleksibel; komputasi tepi untuk analisis yang lebih cepat; dan komputasi hibrid yang memadukan solusi cloud off-premise dan on-premise. Anda juga akan melihat meningkatnya penggunaan solusi berbasis pembelajaran mesin yang mencakup analisis tambahan; analisis keputusan yang direkayasa; dan visualisasi data untuk pengambilan keputusan, manajemen bisnis, serta wawasan dan otomatisasi yang lebih baik.

Analisis data dapat memberikan informasi berharga tentang perilaku konsumen, termasuk niat mereka. Manfaatkan informasi yang Anda kumpulkan dari situs web Anda.

6. Pemasaran media sosial akan terus berkembang.
Platform media sosial sudah menjadi saluran yang sangat penting bagi pemasar digital, dengan lebih dari 4,26 miliar orang menggunakan media sosial di seluruh dunia. Jumlah tersebut diperkirakan akan melampaui angka 6 miliar pada tahun 2027, menjadikan media sosial memiliki daya tahan yang serius sebagai elemen dari semua upaya pemasaran digital.

Media sosial juga berkembang. Merek perlu beradaptasi dengan lanskap yang berkembang agar tetap dapat diterima oleh audiensnya dan menjaga keterlibatan tetap tinggi. Ini berarti mendengarkan sosial secara lebih efektif baik kepada pengguna maupun pesaing. Merek akan mendapat keuntungan jika mereka memanfaatkan alat pendengar sosial yang membantu menyederhanakan proses dan menghasilkan wawasan yang lebih mendalam.

Terkait influencer media sosial, tren mikro influencer akan terus berlanjut. Influencer dengan fokus khusus pada subjek tertentu akan terus menjadi terkenal. Niche adalah yang terpenting.

Pelanggan menghargai kemampuan berkomunikasi dengan merek di media sosial. Prinsip yang sama juga berlaku — penceritaan merek yang efektif, kreativitas, minat yang tulus dan hubungan dengan pengikut Anda, serta pengembangan keahlian dan keterampilan industri Anda secara konsisten.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)