4 Cara Mengubah Bisnis Anda Menjadi Organisasi Berperforma Tinggi (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Finance)

Kinerja, produksi, dan pencapaian lebih dari bisnis serupa lainnya dapat menjadi tujuan penting bagi sebuah perusahaan. Organisasi berperforma tinggi adalah perusahaan yang mencapai hasil finansial dan non-finansial yang lebih baik daripada organisasi lain dalam kelompok sejenisnya. Mempelajari lebih lanjut tentang organisasi berperforma tinggi dan kriteria mereka dapat membantu Anda merencanakan perbaikan untuk bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami mengulas apa itu organisasi berperforma tinggi, faktor kesuksesan mereka, dan bagaimana Anda dapat mengubah bisnis Anda menjadi organisasi berperforma tinggi.

Apa itu organisasi berperforma tinggi?
Organisasi berperforma tinggi adalah kerangka kerja yang mengarahkan bisnis untuk tampil baik dibandingkan dengan pesaingnya. Kinerja tinggi dalam suatu organisasi berarti bahwa organisasi tersebut telah mencapai kesuksesan yang berkelanjutan melalui keputusan manajemen yang tepat mengenai perekrutan, pemasaran, penjualan, dan penawaran. Organisasi berperforma tinggi memiliki keunggulan baik dalam outputnya maupun dalam karyawan yang bekerja di sana.

Mereka yang berada dalam organisasi berperforma tinggi adalah pemecah masalah, baik dalam jajaran karyawan maupun staf manajemen. Untuk tampil lebih baik daripada rekan lainnya dalam industri, organisasi memiliki karyawan yang tahu cara memecahkan masalah dalam menanggapi permintaan pemangku kepentingan dan kondisi pasar.

Ada banyak aspek lain yang mengarahkan organisasi menjadi berperforma tinggi, termasuk beberapa hal berikut:

1. Keahlian
Salah satu aspek dari organisasi berperforma tinggi adalah perusahaan yang mempekerjakan para ahli. Ini berarti bahwa manajer memahami prinsip-prinsip pengelolaan tim, sementara karyawan memahami tugas mereka dengan sangat baik. Mereka yang melakukan perekrutan dalam organisasi memahami bagaimana mengelola kampanye perekrutan dengan sumber daya yang berharga untuk mengumpulkan calon karyawan. Mereka juga memiliki cukup keahlian untuk lebih memahami cara menggunakan sumber daya yang diberikan perusahaan kepada mereka dengan tepat. Dengan menghargai keahlian dalam karyawannya, perusahaan dapat merekrut karyawan yang lebih baik daripada pesaingnya, yang dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

2. Kejelasan
Aspek lain yang dapat membantu bisnis menjadi organisasi berperforma tinggi adalah kejelasannya. Ini berarti baik kejelasan dalam kualitas komunikasi antara karyawan maupun kejelasan misi, tujuan, dan kebijakan bisnis. Semakin jelas bisnis dalam semua aspeknya, semakin efektif baik karyawan maupun pelanggan dapat memahami dan bereaksi terhadap pernyataannya. Seorang karyawan dapat bekerja lebih efektif terhadap kebijakan jika kebijakan tersebut jelas, sama seperti pelanggan yang mungkin membeli produk jika mereka lebih jelas memahami manfaat yang dapat diberikan produk tersebut kepada mereka.

3. Kepemimpinan
Bisnis dapat menjadi organisasi berperforma tinggi jika standar kepemimpinan yang efektif diterapkan. Dengan pemimpin yang efektif dalam bisnis, organisasi dapat bekerja ke arah yang memajukan perusahaan di depan pesaingnya dan membuat kemajuan tersebut dengan karyawan yang memahami dan menghormati pemimpin mereka. Kepemimpinan yang baik membutuhkan banyak aspek yang berbeda, termasuk komunikasi yang tepat, empati, perencanaan, penilaian risiko, dan pengetahuan industri. Pemimpin yang efektif dapat membantu mendorong pemangku kepentingan untuk berkomunikasi dengan karyawan lebih sering.

4. Tindakan
Aspek lain yang dapat membantu bisnis menjadi organisasi berperforma tinggi adalah menanggapi umpan balik. Mengumpulkan umpan balik penting karena dapat membantu bisnis meningkatkan di semua area kompetitif, termasuk upaya penjualan, pemasaran, dan kampanye perekrutan. Bisnis dapat mengumpulkan umpan balik dengan berbagai cara, termasuk melalui survei, metrik respons pelanggan, dan masukan karyawan. Mendengarkan umpan balik dan bereaksi dengan cepat dapat membantu meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan antara karyawan dan pemimpin bisnis. Karyawan yang merasa didengar mungkin lebih menerima perubahan bisnis atau kebijakan di kemudian hari.

5. Pemberdayaan
Bisnis berperforma tinggi mungkin memiliki keunggulan dibandingkan bisnis lain karena pemberdayaan karyawan. Pemberdayaan berarti bahwa mereka yang berada di luar manajemen memiliki pengaruh terhadap arah masa depan bisnis. Memberikan karyawan lebih banyak kekuatan untuk memengaruhi tempat mereka bekerja dapat membantu mereka merasa lebih termasuk dalam bisnis dan bahkan dapat membantu mereka lebih menerima perubahan kebijakan perusahaan yang memengaruhi mereka.

Memberdayakan karyawan juga dapat membantu perusahaan memperoleh perspektif keseluruhan yang lebih banyak tentang operasi. Karyawan memiliki pandangan yang berbeda dari staf manajemen dan pemimpin, yang mungkin berharga saat mempertimbangkan cara untuk lebih meningkatkan organisasi.

(Bersambung ke artikel selanjutnya)