Manajemen yang efektif tidak hanya melibatkan mendorong karyawan Anda untuk bekerja lebih baik dan lebih produktif, tetapi juga memperlakukan mereka dengan hormat dan memastikan mereka bahagia.
Sebelum memahami konsep manajemen yang efektif, penting untuk mengetahui apa yang membuat seorang manajer efektif. Manajer yang efektif adalah mereka yang mencapai target yang ditetapkan sebelum tenggat waktu dan memanfaatkan sumber daya dengan cara sebaik mungkin.
Manajemen yang efektif mengacu pada sejauh mana manajer mencapai target mereka dengan bantuan sumber daya organisasi. Manajer yang efektif bertanggung jawab untuk melakukan fungsi kunci tertentu, seperti:
- Menetapkan target dan tenggat waktu untuk karyawan mereka
- Membuat prakiraan keuangan
- Mengatur pekerjaan dengan cara yang efisien
- Mengkoordinasikan dan memanfaatkan sumber daya organisasi secara bijaksana
- Mengontrol kegiatan organisasi dan membantu meningkatkan efisiensi karyawan
- Manajer yang efektif membantu karyawan mereka dalam mencapai tujuan mereka dengan sukses yang juga membantu organisasi mencapai target keseluruhannya.
Pendekatan manajerial yang efektif akan membantu dalam:
- Mencapai tujuan dan visi yang ditetapkan oleh organisasi
- Mendorong karyawan untuk menjadi kreatif
- Meningkatkan akuntabilitas pegawai terkait dengan peran dan tanggung jawabnya
- Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru
Manajer yang efektif harus memiliki keterampilan tertentu yang bisa diperoleh melalui on class training dan on the job training, misalnya:
- Keterampilan manajemen waktu
- Skill kepemimpinan
- Keterampilan manajemen konflik
- Kecerdasan emosional
- Pemecahan masalah secara kreatif
- Mediasi
- Negosiasi
- Keterampilan manajemen orang
- Kesabaran
- Memercayai
- Penilaian yang baik
- Keterampilan mendengarkan
- Empati
- Keterampilan manajemen diri
- Prakarsa
- Prilaku Organisasi
- Akuntabilitas
Mengikuti kursus kepemimpinan juga dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan manajerial. Kursus ini bisa online atau offline dan dapat membantu Anda dengan pemikiran kritis, pengambilan keputusan yang cepat, dan mempelajari cara membawa perubahan secara efektif.
Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu meningkatkan keterampilan manajerial Anda selian mengikuti training tentunya.
1. Tetapkan visi Anda dan bagikan dengan karyawan
Agar karyawan Anda dapat bekerja dengan produktivitas tinggi, penting bagi Anda untuk berbagi visi organisasi dengan mereka. Visi harus ringkas dan jelas.
2. Kenali area kelemahan:
Untuk menjadi sukses, Anda harus mengenali area kelemahan dalam organisasi Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai penilaian profesional. Memfokuskan dan meningkatkan bidang-bidang ini akan membantu organisasi dalam mencapai tujuannya.
3. Bicaralah dengan karyawan Anda
Sebagai seorang manajer, Anda memiliki tim karyawan di bawah komando Anda dan penting untuk berbicara dengan mereka jika Anda ingin meningkatkan keterampilan manajemen Anda.
4. Berkomunikasi dengan tim Anda
Komunikasi sering dianggap sebagai salah satu keterampilan terpenting yang dapat dimiliki seorang manajer. Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim Anda, mungkin akan sulit bagi mereka untuk memahami apa visi organisasi dan apa yang diharapkan
.
Golden Rules manajemen yang efektif
Berikut adalah beberapa aturan emas manajemen yang efektif:
- Konsisten
Sebelum gaya manajerial Anda dapat dianggap efektif, pertama-tama harus konsisten. Ini berarti Anda tidak dapat mematahkan semangat dan menghukum perilaku tertentu dan memberi penghargaan kepada orang lain untuk perilaku yang sama ketika perilaku itu terjadi. Anda juga harus memperlakukan semua anggota tim Anda secara setara, karena ini menunjukkan bahwa Anda tidak memihak.
- Berkomunikasi dengan jelas
Saat berkomunikasi dengan tim Anda, pastikan perkataan Anda akurat, jelas, menyeluruh, dan ringkas. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari miskomunikasi dan menjaga tim Anda pada langkah yang sama.
- Kenali dan hargai kerja keras
Pengakuan atas kerja bagus adalah salah satu faktor pendorong utama. Ketika anggota tim Anda bekerja dengan baik, Anda harus menghargai upaya mereka karena ini akan menyenangkan mereka dan menunjukkan kepada seluruh tim bahwa kerja keras itu dihargai.
- Bersikaplah transparan
Menjadi pemimpin yang transparan menunjukkan integritas Anda dan membangun kepercayaan dalam tim Anda. Berbohong atau menyembunyikan informasi dapat memengaruhi hubungan Anda dengan grup dan rasa hormat mereka terhadap Anda.
- Dorong anggota tim untuk memunculkan ide
Libatkan anggota tim dalam mencurahkan pendapat karena mereka mungkin memunculkan ide-ide luar biasa.
- Berikan contoh yang baik untuk tim Anda
Menjadi seorang manajer tidak berarti Anda dapat bermalas-malasan dalam melakukan pekerjaan apa pun. Sebaliknya, Anda harus melakukan pekerjaan Anda dengan tingkat keseriusan yang tinggi karena orang lain mengagumi Anda. Jika Anda tidak menganggap serius pekerjaan Anda, mereka juga tidak.
- Ciptakan lingkungan yang positif
Memiliki lingkungan yang positif di tempat kerja mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik yang berkontribusi pada kesuksesan organisasi secara keseluruhan. Jika karyawan senang bekerja, kinerja mereka cenderung meningkat secara teratur.
- Bantu karyawan Anda menikmati pekerjaan
Menghapus aturan berpakaian atau memasang meja TT di tempat kerja bukanlah satu-satunya cara untuk membuat ruang kerja menyenangkan bagi karyawan Anda. Anda bahkan dapat mengajak mereka untuk makan siang dan makan malam kejutan. Ketika karyawan menikmati pekerjaan, mereka cenderung berkinerja lebih baik.
- Ada pengaturan
Terorganisir dalam pekerjaan Anda dapat membuat tugas selesai sebelum tenggat waktu yang diberikan. Ini juga membantu dalam meningkatkan aliran komunikasi antara Anda dan tim Anda, yang mengarah pada produktivitas yang lebih besar dan pengurangan tingkat stres.