Bagaimana Untuk Sukses Menjadi Penjual Super

(Business Lounge – Dominate The Market) Anda tidak dapat menilai kesuksesan seorang sales hanya pada penampilan luar. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja penjualan. Penampilan fisik seorang sales person atau marketing bukan menjadi ukuran kesuksesan. Sebagai penjual, Anda memiliki banyak sekali pesaing dan pembeli atau nasabah akan memilih Anda berdasarkan seberapa baik Anda menyajikan produk Anda kepada mereka.

Beberapa sales person mungkin disebut memiliki keunggulan karena talenta yang dimiliki dibandingkan sales person lainnya. Namun ketahuilah apakah seorang punya atau tidak punya keunggulan tersebut tiap sales person yang berhasil perlu memiliki karakteristik tertentu, yaitu bukan saja sekedar menjual produk tapi juga bagaimana menciptakan sebuah hubungan yang penting antara produk dengan pembeli.

Bila sebuah grafik menunjukan realitas bahwa 20% dari seluruh tenaga penjual ternyata berhasil menguasai delapan puluh persen penjualan. Berarti 80% salesperson hanya memperebutkan porsi sebesar 20 persen dari sisa pasar potensial. Statistik ini menyatakan betapa pentingnya untuk berada di atas dua puluh persen dari penjual.

Meningkatkan kinerja tenaga penjual akan meningkatkan profitabilitas organisasi dan juga pendapatan tenaga penjual. Tentu hal ini akan berjalan beriringan keuntungan yang diterima salesperson merupakan bagian dari keuntungan yang diterima perusahaan. Jadi betapa pentingnya peran tenaga penjual bagi perusahaan. Tenaga Penjual yang berhasil merupakan asset berharga bagi perusahaan dan berada sebagai ujung tombak untuk mendapatkan keuntungan. Karena mereka yang berthubungan langsung dengan nasabah.

Penjual Super Bukan Dilahirkan Tapi Dibentuk

Tentu keberhasilan penjual bukan berasal dari karakter yang dibawah sejak kelahiran. Namun bagaimana seorang itu dibentuk dalam pengetahuan, mental dan tingkah laku melalui pelatihan langsung maupun tidak langsung, pengalaman dan tentu berjalannya waktu. Jadi siapa pun bisa menjadi top seller dengan belajar, berlatih, berkonsentrasi, dan berfokus pada kinerja sendiri

Atribut dari Penjual Top

Menurut salah satu penelitian menyebutkan bahwa para tenaga penjual yang sangat sukses memiliki ciri-ciri: bertanggung jawab penuh hingga tuntas; memiliki empati; berambisi,  memiliki kemauan dan tekad; selalu berorientasi pada tujuan akhir; dan mudah dekat dengan orang yang belum dikenal atau bersifat supel. Berikut 4 karakter yang berkaitan dengan kesuksesan seorang tenaga penjual:

  • Memiliki semangat atau energi yang tinggi dengan kata lain berantusias
  • Percaya diri
  • Orientasi pada keuntungan finance Eager
  • Mampu untuk melihat hambatan sebagai tantangan.

 Penjual perlu memiliki sifat dasar untuk menjadi sukses yaitu :

1. Empati
Adalah kemampuan tenaga penjual untuk berhubungan dengan pelanggan secara efektif. Contoh empati adalah jika penjual memahami bahwa pelanggan hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar maka, penjual cenderung untuk melakukan penjualan dengan tidak menekan untuk membeli sesuatu dimana pelanggan tidak mampu. Jadi tenaga penjual mampu memahami situasi keuangan pelanggan. Empati merupakan cara pendekatan oleh penjual dengan memberikan toleransi kepada pelanggan melalui penghindaran dan keberatan yang dimiliki pelanggan karena kemampuan yang terbatas. Pada akhirnya penjual akan mengetahui kebutuhan riil prospek hingga diakhiri dengan closing.

2. Kepuasan Menjual produk

Penjual hanya puas ketika penjualan telah tercapai. Contoh : penjual berusaha bisa menemui pelanggan, namun prospek terus menolak. Maka penjual akan terus berusaha dan berusaha untuk dapat memenuhi tujuan menjual produk agar tercapai kepuasan. Dengan demikian penjuaal akan terus mencoba untuk bertemu dan kemudian berhasil melakukan penjualan. Hal ini tidak dipungkiri akan melibatkan seorang penjual untuk memiliki Ego. Karena itulah menjadi kekuatan atau motif bagi penjual untuk terus mencoba hingga berhasil closing. Dengan kata lain, pantang menyerah, dan tidak mundur. Kekuatan Ego adalah memiliki stamina untuk terus mencoba dan mencoba kembali. Meski demikian karakter ini tidak secara otomatis menjamin keberhasilan penjualan.

Sebagai tambahan bahwa dalam sebuah survei yang dilakukan faktor kunci dari keberhasilan penjualan adalah disiplin diri, motivasi, pengetahuan produk, pengetahuan pelanggan, dan bakat bawaan dan kepribadian. Penjualan adalah berat, menantang, dan menuntut pekerjaan, dan menjadi penjual atas tidak mudah. Milikilah selalu ide yang dibutuhkan untuk menjadi penjual yang berhasil.

P. Adi/Contributor/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana