Tips Sukses Berkomunikasi Sebagai Pemimpin

(Business Lounge – Lead & Follow) Rahasia kesuksesan seorang pemimpin tidak terlepas dari kemampuan berkomunikasi. Sadar atau tidak sadar setiap individu yang hidup di dunia ini setiap harinya pasti harus dan selalu berhubungan dengan orang lain. Saya tahu bahwa mayoritas seorang pemimpin ataupun orang yang sukses baik sukses dalam masalah finansial, keluarga maupun di sekolah adalah orang yang pandai berkomunikasi dan pandai berbicara.

Permasalahannya adalah apakah semua orang yang mungkin sekarang kurang pandai berkomunikasi/ berbicara dapat menjadi pandai berkomunikasi dan berbicara dengan baik dan jelas bahkan di depan umum sekalipun ?

Berdasarkan kenyataan/ fakta yang ada bahwa pandai berkomunikasi atau berbicara BUKANLAH BAKAT atau anugerah yang hanya diberikan kepada beberapa orang saja, siapapun itu bisa menjadi pandai berkomunikasi/ berbicara jika mereka tahu caranya.

Kenapa seorang Presiden Bung Karno begitu banyak disukai banyak orang ?

Bagaimanakah mereka yang berpasangan bisa awet hubungannya sekalipun harus berhubungan jarang jauh dan tetap harmonis? Bagaimanakah ketika kita berbicara dengan orang lain dapat asyik di dalam perbincangan satu dengan yang lain ? Atau sebaliknya kadang kita menemukan juga bahwa suatu organisasi atau perusahaan yang besar kadang kala memiliki masalah kecil yang ketika dibahas menjadi meluap begitu besar ?

Sepasang suami istri yang baru menikah akhirnya ingin bercerai, mungkin banyak faktor yang menyebabkan suatu hubungan berakhir, dari sekian banyak faktor salah satu pemicunya pasti ada ?

Coba jawab pertanyaan di bawah ini :

1. Ketika Anda membutuhkan karyawan, kira-kira siapa yang akan anda pilih ? Orang yang pandai berbicara dan semangat atau dia yang tidak terbiasa untuk berbicara? Mengapa ?

2. Ketika Anda butuh rekan dalam berbisnis kira-kira siapa yang akan anda pilih ? Orang yang pandai berbicara dan semangat atau dia yang tidak terbiasa untuk berbicara? Mengapa ?

3. Ketika Anda butuh teman curhat kira-kira siapa yang akan anda pilih ? Orang yang pandai dan semangat atau yang pendiam ? Mengapa ? Saya kira anda akan pilih orang yang pandai berbicara dan semangat. So, Jadilah orang yang pandai berbicara & semangat mulai hari ini!

Apakah Semua Orang Dapat Menjadi Pandai Berkomunikasi/ Berbicara ?

Cobalah anda menjawabnya ?

Apakah Dengan Pandai Berkomunikasi/ Berbicara Dapat Mengubah Hidup Kita ?

Pertanyaan yang sangat mudah bagi saya dan bagi anda tentunya,

Siapapun tahu bahwa komunikasi adalah hal yang terpenting yang bisa mempengaruhi kesuksesan kita, saya kira jika Anda dapat berbicara dengan baik dan menyenangkan, saya yakin Anda akan banyak disukai oleh banyak teman-teman Anda. Anda akan menjadi jauh lebih sukses baik dalam karir maupun kehidupan Anda sehari-hari.

Bersyukurlah Anda yang fisiknya normal, jangan pernah Anda marah dan merasa kecewa terhadap diri Anda sendiri karena saat ini Anda punya semua hal yang dibutuhkan agar Anda sukses dalam kehidupan maupun karir Anda. Untuk menjadi sukses dan kaya tidak sepenuhnya dibutuhkan uang atau modal yang banyak tetapi permasalahannya banyak orang yang menganggap dibutuhkan modal yang besar untuk menjadi kaya, kebanyakan orang lupa dan tidak sadar bahwa untuk menjadi sukses dan kaya salah satu pengaruh besarnya sudah diberikan oleh Sang Pencipta di dalam diri kita. Lihat tangan Anda, kaki Anda, badan Anda, mata Anda, telinga Anda, mulut Anda, otak Anda, dan lain-lain. Saya kira itu adalah hal yang terpenting : Ronaldo tidak bisa sukses di olahraga bola tanpa kakinya, Michael Jordan tidak bisa sukses di olahraga basket tanpa tangannya, Barrack Obama tidak bisa sukses jadi president tanpa mulutnya, dll.

“Jangan menjadi orang rata-rata‚” Buckminster Fuller katakan. Maksudnya adalah memang benar mayoritas orang punya fisik yang normal dalam hal ini dikhususkan mulut (alat komunikasi), tetapi tidak semua orang bisa menggunakan mulutnya dengan baik sehingga membuahkan kesuksesan bagi mereka. Apa yang kita butuhkan sekarang agar tidak menjadi orang biasa? Belajar hal-hal yang melatih otak kita untuk menjadi lebih baik lagi. Pilihlah pelajaran yang berguna. Jika anda mau jadi kaya belajarlah masalah finansial. “Ada berapa banyak teman anda dulu yang pandai no.1 di sekolah menjadi orang kaya saat ini ? Ada berapa banyak teman anda dulu yang kurang pandai di sekolah tapi menjadi orang kaya saat ini ?

Saya ingat perkataan Barrack Obama yang sangat berpengaruh yang membuat dia menjadi presiden Amerika pertama kalinya yang berkulit hitam. Kurang lebihnya seperti ini, “Saat ini kita tidak butuh pemimpin orang kaya (sambil menyindir saingannya) tetapi yang kita butuhkan saat ini adalah pemimpin yang berasal dari keluarga biasa!! Orang kaya tidak akan mengerti bagaimana mayoritas perasaan dan penderitaan orang-orang amerika yang miskin saat ini!!! Kita butuh pemimpin yang mengerti dan tahu penderitaan kita!, Pilih saya Barrack Obama.”

Beberapa tips komunikasi yang sukses sebagai seorang pemimpin adalah sebagai berikut :

1. Jujur dan terbuka. Jika kita ingin karyawan kita dapat mempercayai seorang pemimpin atau atasan maka pemimpin harus berkata jujur dan terbuka. Kita tidak dapat menuntut kepercayaan karyawan pada kita, jika kita sendiri tidak dapat dipercaya di dalam perkataan kita yag tidak jujur dan terbuka.

2. Focus. Seorang pemimpin haruslah fokus kepada apa yang di bicarakan.

3. Memiliki Cara Pandang yang terbuka

4. Menjadi pendengar yang baik

5. Percaya diri

6. Menghargai pendapat orang lain

7. Biasakan untuk mengucapkan kata maaf, tolong dan terima kasih, ketika kita membutuhkan bantuan seseorang.

8. Memiliki wawasan yang luas

9. Memiliki visi yang jelas

10.Memberikan apresiasi kepada karyawan yang berprestasi.

Inilah tips yang bisa kita ikuti supaya bisa lebih baik dalam berkomunikasi. Apakah ini hanya untuk orang tertentu? Tidak!

Intinya, siapapun orangnya sekalipun tidak pandai bicara asalkan mereka mau berubah dan belajar, mereka pasti bisa berhasil. Apalagi mereka yang sudah menjadi seorang pemimpin harus bisa dan mau untuk mengevaluasi diri untuk terus menjadi yang terbaik, khususnya dalam berkomunikasi, maka yang harus di perhatikan adalah kosakata, cara penyampaiannya, nada/intonasi, dan hal-hal yang lainnya.

Untuk itu diperlukan untuk terus berlatih dan mengevaluasi, kemudian memperbaikinya lagi. Jika diperlukan Anda dapat menanyakan pendapat rekan Anda supaya mendapat penilaian yang objektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik, mutlak Anda perlukan untuk mencapai keberhasilan Anda.

Salam sukses untuk anda!

Ovita/Contributor/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana