Peluang Jasa Layanan Antar (Delivery Service)

(The Manager’s Lounge – Service) – Meskipun semakin banyaknya toko-toko dengan pelayanan swalayan dan pelanggan membawa sendiri barang-barang yang dibelinya, namun delivery service masih tetap merupakan hal yang sangat penting yang dapat ditemui. Coba kita perhatikan toko-toko kecil disekeliling lingkungan kita baik di rumah maupun dilingkungan usaha atau bisnis, jasa layanan antaran atau delivery service ini banyak kita temukan, tentunya dengan maksud supaya pelanggan merasa mendapatkan kemudahan ataupun menjadi lebih efesien karena tidak harus keluar rumah atau pun meninggalkan kesibukan hanya untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan.

Pelayanan jenis ini sangat praktis untuk mengantarkan barang-barang yang sangat besar dan berat, misalnya lemari es, pesawat televisi, AC, furniture dan lain sebagainya. Beberapa supermarket bahkan toko-toko yang memiliki beberapa cabang memanfaatkan sistem delivery service ini untuk mendorong minat masyarakat untuk membeli barang tanpa harus pusing memikirkan bagaimana membawanya pulang.

Pelayanan sistem pengantaran (delivery order) ini merupakan praktek service yang standar.

Mari kita memperhatikan beberapa bentuk dari layanan service (Delivery Service) yang banyak dipakai beberapa Produsen misalnya , untuk pengantaran ke rumah, yaitu :
1.Sistem toko individual
2.Sistem bersama (mutual system)
3.Sistem konsolidasi
4.Sistem ekspres
5.Sistem pos paket

Pada sistem toko individual, toko tersebut menggunakan karyawan dan juga peralatannya untuk pelayanan pengantaran ini, sedangkan pada sistem bersama beberapa toko membentuk sistem penyerahan bersama biasanya, mereka memberikannya ke sebuah perusahaan pengantaran yang berdiri sendiri, dimana saham-saham perusahaan pengantaran tersebut mereka miliki.

Beberapa keuntungan dari sistem bersama, antara lain :
1.Penggabungan paket dari beberapa toko yang bekerjasama membuat pelayanan lebih baik karena frekwensi pengantaran menjadi lebih banyak.
2.Penghematan pegawai, ruang dan peralatan juga pengawasan sehingga biaya toko menjadi lebih murah atau rendah

Akan tetapi dapat menimbulkan beberapa masalah juga. Penyebab keluhan yang utama, umumnya melingkupi faktor-faktor sebagai berikut :
a.Barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan yang dikehendaki pelanggan
b.Sistem toko yang tidak efisien (sembrono)
c.Karyawan yang tidak teliti atau ceroboh
d.Pelanggan yang memang punya kebiasaan mengeluh

Secara garis besar kita dapat melihat gambaran dari apa yang menjadi harapan daripada pelanggan kita, sehingga mereka mendapatkan apa yang mereka harapkan dan berujung kepada kepuasan pelanggan kita, sebagai contoh:
Jangan menjual kepada saya sebuah baju, tetapi juallah kepada saya penampilan, gaya dan daya tarik
Jangan jual asuransi kepada saya, tapi ketenangan pikiran dan masa depan keluarga serta masa depan diri saya
Jangan jual rumah kepada saya, tetapi kenyamanan, kepuasan investasi yang baik dan rasa bangga karena memiliki sesuatu
Jangan jual kepada saya komputer, tetapi manfaat dan keuntungan dari keajaiban teknologi modern
Jangan jual kepada saya tiket pesawat terbang, tetapi sesuatu yang membuat saya cepat, selamat dan tepat waktu tiba di tujuan.

Kiranya artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang mengutamakan kepuasan pelanggan menjadi faktor utama dari kesuksesan usaha anda.

(Margaretha Shakuntala/DH/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x