Bulan Tersibuk Toyota Recall Mobilnya, Di Amerika Tarik Sekitar 840 Ribu Mobil

(Business Lounge – Business Insight) Sepanjang bulan September, Toyota yang ada di Amerika Serikat disibukkan dengan recall mobil buatannya dan tidak tanggung-tanggung mobil yang ditarik kembali ada sekitar 840.000 unit dalam tiga kali recall dengan masalah yang berbeda.

Recall pertama dilakukan tanggal 11 September yang menarik kembali sekitar 130.000 unit model pick up truk tahun 2014 yang bernama Tundra. Kerusakan yang ditemukan pada masalah air bag nya yang  berpotensi memakan korban jika terjadi kecelakaan. Namun kerusakan yang terjadi belum sampai memakan korban yang cedera atau meninggal.

Recall yang kedua pada tanggal 18 September yang menarik kembali sekitar 20.000 mobil yang jenis Lexus RX, Avalon, Camry, Highlander dan Sienna. Penyebab recall adanya pengelasan yang buruk pada pipa saluran bahan bakar di kompartemen mesin yang dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar yang bisa menyulut terjadinya kebakaran.

Dan yang terakhir perusahaan yang merupakan cabang dari Toyota Cooporation ini tanggal 29 September menarik kembali sekitar 690.000 truk pickup Tacoma di Amerika Serikat. Penyebab recall ditemukannya cacat sistem suspensi yang dapat mengakibatkan kebakaran, sistem suspensi belakang truk bisa patah jika terjadi  korosi.

Dan jika rusak suspensi tersebut bisa menusuk tangki, menyebabkan kebocoran bahan bakar yang meningkatkan risiko kebakaran. Penarikan kembali yang terakhir bulan ini mencakup tahun 2005-2011 model Tacoma 4×4 dan truk pickup Tacoma PreRunner.

Selain recall yang dilakukan Toyota Amerika Serikat, untuk unit jenis pick up truk Tacoma ini juga dilakukan beberapa Toyota yang merecall sekitar 100 ribu unit. Dari Toyota Australia hari ini (30/9) juga merecall Toyota Highlander GSU55 dan Toyota Kluger GSU50 yang diproduksi pada buln Mei hingga bulan Juni 2014.

Joel/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens