Cara Mengurangi Pekerjaan Yang Sibuk untuk Tim Anda

Langkah-langkah dalam Melakukan Analisis Pasar bagi Bisnis Anda

(Business Lounge Journal – General Management)

Setelah sebelumnya kita membahas manfaat utama melakukan Analisis Pasar dalam bisnis (Baca: Manfaat Utama Melakukan Analisis Pasar untuk Bisnis Anda), kali ini kita akan membahas langkah-langkah dalam melakukan analisis pasar bagi bisnis Anda. Meskipun melakukan analisis pemasaran ini bukanlah proses yang rumit, tetapi ini membutuhkan banyak penelitian khusus, jadi bersiaplah untuk mencurahkan waktu yang cukup signifikan untuk proses tersebut.

Berikut adalah tujuh langkah dalam melakukan analisis pasar:

1. Tentukan tujuan Anda.
Ada banyak alasan bagi Anda dalam melakukan analisis pasar, seperti untuk mengukur persaingan atau memahami pasar baru. Apa pun alasan Anda, penting untuk segera menentukannya agar Anda tetap pada jalurnya selama proses berlangsung. Mulailah dengan memutuskan apakah tujuan Anda bersifat internal – seperti meningkatkan arus kas atau operasi bisnis – atau eksternal, seperti mencari pinjaman bisnis. Tujuan Anda akan menentukan jenis dan jumlah penelitian yang akan Anda lakukan.

2. Penelitian keadaan industri.
Sangat penting untuk menyertakan garis besar rinci tentang keadaan industri Anda saat ini. Sertakan ke mana arah industri tampaknya, menggunakan metrik seperti ukuran, tren, dan proyeksi pertumbuhan, dengan banyak data untuk mendukung temuan Anda. Anda juga dapat melakukan analisis pasar komparatif untuk membantu Anda menemukan keunggulan kompetitif dalam pasar spesifik Anda.

3. Identifikasi target pelanggan Anda.
Tidak semua orang di dunia akan menjadi pelanggan Anda dan hanya akan membuang-buang waktu Anda untuk mencoba membuat semua orang tertarik dengan produk Anda. Putuskan dahulu siapa yang paling mungkin menginginkan produk Anda menggunakan analisis target pasar dan fokuskan upaya Anda di sana. Anda dapat memahami ukuran pasar Anda, siapa pelanggan Anda, dari mana mereka berasal, dan apa yang mungkin mempengaruhi keputusan pembelian mereka, dengan melihat faktor-faktor seperti ini:

– Usia
– Jenis kelamin
– Lokasi
– Pekerjaan
– Pendidikan
– Kebutuhan
– Minat

Selama penelitian, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membuat profil pelanggan atau persona yang mencerminkan pelanggan ideal Anda untuk dijadikan model bagi upaya pemasaran Anda.

4. Pahami pesaing Anda.
Untuk menjadi sukses, Anda memerlukan pemahaman yang baik tentang pesaing Anda, termasuk kejenuhan pasar mereka, apa yang mereka lakukan secara berbeda dari Anda, dan kekuatan, kelemahan, dan keunggulan mereka di pasar. Mulailah dengan membuat daftar semua pesaing utama Anda, lalu telusuri daftar itu dan lakukan analisis SWOT untuk setiap pesaing. Apa yang dimiliki bisnis itu yang tidak Anda miliki? Apa yang akan membuat pelanggan memilih bisnis itu daripada bisnis Anda? Tempatkan diri Anda pada posisi pelanggan. Kemudian, urutkan daftar pesaing Anda dari yang paling mengancam hingga yang paling tidak mengancam, dan putuskan garis waktu untuk melakukan analisis SWOT secara teratur pada pesaing Anda yang paling mengancam.

5. Kumpulkan data tambahan.
Dengan analisis pemasaran, informasi adalah teman Anda yang sangat penting– semakin banyak data yang dimiliki akan semakin bermanfaat. Penting sekali data yang Anda gunakan kredibel dan faktual, jadi berhati-hatilah dari mana Anda mendapatkan data Anda. Beberapa data tambahan seperti dari Biro Pusat Statistik, analisis SWOT Anda sendiri, survei pasar, atau kuesioner serta sumber data akurat lainnya.

6. Analisis data Anda.
Setelah Anda mengumpulkan semua informasi dan memverifikasi bahwa datanya akurat, maka Anda perlu menganalisis data tersebut agar berguna bagi Anda. Atur penelitian Anda menjadi beberapa bagian yang masuk akal bagi Anda, tetapi cobalah untuk memasukkannya untuk tujuan, target pasar, dan persaingan Anda.

Ini adalah elemen utama yang harus disertakan dalam penelitian Anda:
– Ikhtisar ukuran dan tingkat pertumbuhan industri Anda
– Persentase pangsa pasar yang diproyeksikan untuk bisnis Anda
– Pandangan industri
– Tren pembelian pelanggan
– Perkiraan pertumbuhan Anda
– Berapa banyak pelanggan yang bersedia membayar untuk produk atau layanan Anda?

7. Kerjakan analisis Anda.
Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan untuk membuat analisis pasar, inilah saatnya untuk benar-benar membuat analisis ini bekerja untuk Anda. Secara internal, cari di mana Anda dapat menggunakan penelitian dan temuan Anda untuk meningkatkan bisnis Anda. Pernahkah Anda melihat bisnis lain melakukan hal-hal yang ingin Anda terapkan di organisasi Anda sendiri? Apakah ada cara untuk membuat strategi pemasaran Anda lebih efektif?

Jika Anda melakukan analisis untuk tujuan eksternal, pastikan penelitian dan data Anda dapat disampaikan dalam dokumen yang mudah dibaca dan dicerna agar lebih mudah dibagikan dengan pemberi pinjaman.

Pastikan untuk menyimpan semua informasi dan penelitian Anda untuk analisis berikutnya, dan pertimbangkan untuk membuat pengingat kalender setiap tahun sehingga Anda tetap maksimal dalam melakukan analisis pasar. Selain itu ketika Anda melakukan analisis pasar, mulailah terlebih dahulu dengan mengidentifikasi tujuan Anda supaya penelitian Anda tetap fokus.