(Business Lounge Journal – General Management)
Analisis pasar dapat membantu Anda mengidentifikasi cara memposisikan bisnis Anda dengan lebih baik agar kompetitif dan mampu melayani pelanggan Anda. Analisis pasar adalah penilaian menyeluruh dari pasar dalam industri tertentu. Ada banyak manfaat dari melakukan analisis pasar, seperti mengurangi risiko untuk bisnis Anda dan memberikan informasi dalam membuat keputusan bisnis dengan lebih baik.
Memahami background dan siapa pelanggan Anda adalah salah satu langkah kunci pertama untuk sukses dalam bisnis. Tanpa mengetahui siapa pelanggan Anda, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka ingin mendapatkannya dari Anda, maka diperlukan upaya untuk dapat menghasilkan strategi pemasaran yang efektif. Di sinilah pentingnya dilakukan analisis pasar. Analisis pasar bisa menjadi proses yang memakan waktu lama, tetapi mudah dan dapat dilakukan sendiri.
Apakah itu analisis pasar?
Analisis pasar adalah penilaian menyeluruh dari pasar dalam industri tertentu. Dengan analisis ini, Anda akan mempelajari dinamika pasar Anda, seperti volume dan nilai, segmen pelanggan potensial, pola pembelian, persaingan, dan faktor penting lainnya. Analisis pemasaran yang menyeluruh harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
Siapa pelanggan potensial saya?
Apa kebiasaan membeli yang dimiliki pelanggan saya?
Seberapa besar target pasar saya?
Berapa banyak pelanggan bersedia membayar untuk produk saya?
Siapa pesaing utama saya?
Apa kekuatan dan kelemahan pesaing saya?
Apa manfaat menjalankan analisis pemasaran?
Analisis pemasaran dapat mengurangi risiko, mengidentifikasi tren yang muncul, dan membantu memproyeksikan pendapatan. Anda dapat menggunakan analisis pemasaran di beberapa tahap bisnis Anda, dan bahkan dapat bermanfaat untuk melakukannya setiap tahun untuk mengikuti perkembangan perubahan yang terjadi di pasar.
Analisis pasar yang terperinci biasanya akan menjadi bagian dari rencana bisnis Anda, karena ini memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang audiens dan persaingan Anda, membantu Anda membangun strategi pemasaran yang lebih bertarget.
Ini adalah beberapa manfaat utama lainnya dari melakukan analisis pasar:
1. Pengurangan risiko. Dengan mengetahui pasar Anda dapat mengurangi risiko dalam bisnis Anda, karena Anda akan memiliki pemahaman tentang tren pasar utama, pemain utama dalam industri Anda, dan apa yang diperlukan untuk menjadi sukses, yang semuanya akan memberikan informasi untuk keputusan bisnis Anda. Untuk membantu Anda lebih melindungi bisnis Anda, Anda juga dapat melakukan analisis SWOT, yang mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk bisnis.
2. Produk atau layanan yang ditargetkan. Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk melayani pelanggan Anda ketika Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang mereka cari dari Anda. Ketika Anda mengetahui siapa pelanggan Anda, Anda dapat menggunakan informasi itu untuk menyesuaikan penawaran bisnis Anda dengan kebutuhan pelanggan Anda.
3. Tren yang muncul. Menjadi yang terdepan dalam bisnis sering kali berarti menjadi yang pertama menemukan peluang atau tren baru, dan menggunakan analisis pemasaran untuk tetap berada di puncak tren industri adalah cara yang bagus untuk memposisikan diri Anda guna memanfaatkan informasi ini.
4. Proyeksi pendapatan. Prakiraan pasar adalah komponen kunci dari sebagian besar analisis pemasaran, karena memproyeksikan angka, karakteristik, dan tren masa depan di pasar sasaran Anda. Ini memberi Anda gambaran tentang keuntungan yang dapat Anda harapkan, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan rencana bisnis dan anggaran Anda.
5. Tolok ukur evaluasi. Analisis pasar memberikan tolok ukur yang dapat digunakan untuk menilai perusahaan Anda dan seberapa baik kinerja Anda dibandingkan dengan perusahaan yang lain.
6. Konteks untuk kesalahan masa lalu. Analisis pemasaran dapat menjelaskan kesalahan masa lalu bisnis Anda atau anomali industri. Misalnya, analitik mendalam dapat menjelaskan apa yang memengaruhi penjualan produk tertentu, atau mengapa metrik tertentu berkinerja seperti itu. Ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan tersebut lagi atau mengalami anomali serupa, karena Anda akan dapat menganalisis dan menjelaskan apa yang salah dan mengapa.
7. Optimalisasi pemasaran. Di sinilah analisis pemasaran tahunan berguna – analisis reguler dapat menginformasikan upaya pemasaran Anda yang sedang berlangsung dan menunjukkan kepada Anda aspek mana dari pemasaran Anda yang berhasil, dan mana yang berkinerja baik dibandingkan dengan perusahaan lain di industri Anda.
Kita dapat melihat bahwa analisis pasar ini dapat menguntungkan bisnis Anda dalam banyak hal, terutama jika Anda melakukan analisis rutin untuk memastikan Anda memiliki informasi terkini untuk upaya pemasaran Anda.