Transformasi untuk Pertumbuhan Perusahaan

(Business Lounge Journal – General Management)

Perusahaan terkemuka menggunakan transformasi untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan—dimungkinkan oleh perilaku tertentu.

Para pemimpin bisnis masa kini menyadari transformasi sebagai pilihan berani yang dibutuhkan untuk mewujudkan agenda bisnis yang ambisius. Perusahaan mengejar transformasi untuk mengatur ulang bisnis, merambah area dengan ambisi yang lebih besar, menghasilkan pertumbuhan yang berani, memungkinkan perubahan model operasi, membangun kapabilitas baru dan kompetitif, serta mengembangkan budaya mereka dengan cara yang dapat membedakan mereka dari pesaing.

Apa itu transformasi ? Sebuah proses yang dimulai dengan ambisi yang berani—didukung oleh basis fakta dan diinformasikan oleh sudut pandang eksternal—yang mendorong pilihan strategis yang secara mendasar mengubah cara organisasi beroperasi untuk mewujudkan peningkatan signifikan dalam kinerja, termasuk inovasi dan pertumbuhan. Agenda transformasi holistik, termasuk transformasi untuk pertumbuhan, memungkinkan pemisahan dari rekan sejawat.

Salah satu arah baru yang paling penting untuk transformasi adalah pertumbuhan. Sekitar 50 persen dari nilai transformasi saat ini berasal dari inisiatif pertumbuhan, naik dari kurang dari 40 persen dua tahun lalu. Puluhan perusahaan yang berhasil bertransformasi untuk pertumbuhan guna memahami apa yang membuat mereka unik—pendekatan mereka untuk meraih kesuksesan, menggunakan pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Perusahaan transformator pertumbuhan yang mengungguli perusahaan lainnya karena melakukan lima hal yang berbeda:

  • Mereka memulai dengan wawasan kompetitif. Ini termasuk pandangan eksternal tentang di mana dan bagaimana cara menang. Para pemimpin pertumbuhan ini membangun visi strategis tentang siapa yang mereka inginkan dengan menerapkan wawasan kompetitif, sentimen konsumen, tren pasar, dan perspektif investor. Mereka tidak memulai dengan pandangan internal tentang kinerja mereka sendiri.
  • Mereka menggunakan kemitraan eksternal untuk mendorong pertumbuhan. Para transformator pertumbuhan terkemuka menyadari bahwa kemampuan mereka untuk mewujudkan ambisi pertumbuhan mereka membutuhkan keterampilan, kemampuan, dan penawaran yang secara efektif dimiliki oleh mitra.
  • Mereka menjadikan ambisi sebagai bagian dari harapan kepemimpinan. Mereka menantang dan menghargai perilaku karyawan yang menghasilkan pemikiran berani dan solusi baru.
  • Mereka menggunakan teknologi dan strategi digital sebagai bagian dari fondasi, yang memungkinkan pengembangan dan pelaksanaan kasus bisnis. Para transformator pertumbuhan terkemuka melihat strategi digital sebagai pendorong mendasar kinerja bisnis. Mereka membangun otomatisasi untuk pengalaman pelanggan yang lancar dan mengintegrasikan AI generatif sejak awal.
  • Mereka membuat keputusan berdasarkan fakta yang kuat. Hal ini mendorong pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien serta menjadi bagian dari cara kerja.

Perusahaan transformator pertumbuhan terkemuka mengalami pertumbuhan pendapatan di atas rata-rata dan profitabilitas di atas rata-rata jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis di subsektor yang sama. Selain lima perilaku pembeda, penelitian kami juga mengidentifikasi serangkaian perilaku yang umum di antara semua perusahaan transformator pertumbuhan:

  • Mereka menempatkan pelanggan di pusat perhatian. Semua transformator pertumbuhan memprioritaskan umpan balik pelanggan dan menghubungkannya dengan pilihan strategis. Ini adalah basis fakta yang kaya, bukan sentimen pemimpin penjualan.
  • Mereka menggunakan mekanisme umpan balik formal untuk mendorong kinerja individu. Perusahaan yang bertransformasi untuk pertumbuhan menyadari perlunya sistem manajemen kinerja sebagai bagian dari model operasi mereka secara keseluruhan.
  • Mereka menetapkan ekspektasi yang jelas bagi karyawan. Ekspektasi ini mencakup perubahan norma dan perilaku yang diinginkan. Pemahaman yang jelas tentang ekspektasi perilaku sangat penting bagi karyawan untuk menanamkan perubahan ini dalam pekerjaan sehari-hari mereka.
  • Mereka transparan. Transformator pertumbuhan transparan mengenai metrik operasional yang mendorong pelaksanaan dan kinerja.
  • Mereka mendorong keputusan ke level terendah untuk mendorong rasa memiliki. Semua transformator pertumbuhan memberi karyawan kekuatan untuk mengambil inisiatif dan membuat keputusan.

Perilaku-perilaku ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan oleh para transformator pertumbuhan. Kami merenungkan pentingnya perilaku-perilaku ini dalam diskusi kita.

Rahasia para transformator pertumbuhan terkemuka

Para transformator pertumbuhan terkemuka adalah organisasi yang lebih sehat dan lebih efektif. Kesehatan organisasi mengacu pada seberapa efektif para pemimpin “menjalankan tempat,” bagaimana mereka membuat keputusan, mengalokasikan sumber daya, beroperasi setiap hari, dan memimpin tim mereka. Organisasi yang sehat adalah kunci mendasar untuk kinerja dan keberhasilan yang berkelanjutan ; dalam jangka panjang, organisasi yang sehat menghasilkan TSR tiga kali lebih banyak daripada organisasi yang tidak sehat, terlepas dari industrinya.

TSR adalah singkatan dari Total Shareholder Return, yang merujuk pada jumlah total pengembalian (return) yang diterima oleh pemegang saham dari investasi mereka dalam sebuah perusahaan selama periode waktu tertentu. TSR mengukur kinerja saham suatu perusahaan, termasuk kenaikan harga saham dan dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham.

Mulailah dengan wawasan kompetitif

Transformasi dimulai dengan menetapkan aspirasi kinerja yang berani , diukur secara eksternal, sering kali dalam pelayanan pelanggan. Menurut definisi, aspirasi tersebut tidak bersifat inkremental. Perusahaan yang berani mencermati fakta: tren kompetitif, wawasan pelanggan, valuasi investor, dan matriks penyebaran pertumbuhan secara keseluruhan. Analisis ini mempertimbangkan berbagai cara pertumbuhan organik dan peningkatan margin berkontribusi pada arus kas yang didiskontokan dan, akhirnya, harga saham. Ini dapat membantu perusahaan mengaktifkan jalur pertumbuhan, termasuk memperluas inti, berinovasi ke dalam lingkungan yang berdekatan, dan memicu M&A atau bisnis yang luar biasa; basis fakta juga membantu perusahaan menetapkan target posisi pasar terkait. Target yang didasarkan pada EBITDA saja terlalu terisolasi. Dewan direksi sering kali dapat memberikan pandangan yang lebih lengkap.

Gunakan kemitraan eksternal untuk mendorong pertumbuhan

Melalui penilaian eksternal ini, perusahaan sering kali menyadari bahwa mereka memerlukan kemampuan dan tindakan di luar kemampuan mereka sendiri untuk mewujudkan ambisi pertumbuhan penuh mereka. Pertumbuhan dapat terwujud melalui kemitraan dan aliansi.

Seorang pengecer global mencari perspektif eksternal sebelum memulai transformasi holistik yang mencakup komponen pertumbuhan, produktivitas, dan model operasi. Pertumbuhan melambat karena berbagai gangguan, termasuk COVID-19 dan meningkatnya persaingan dari para pemain global dan perusahaan yang menjual langsung ke konsumen.

Para pemimpin melakukan penilaian untuk menentukan pandangan potensi penuh tentang di mana mereka harus memfokuskan ambisi dan upaya pertumbuhan mereka. Di antara faktor eksternal lainnya, mereka memeriksa permintaan pelanggan terhadap merek mereka dibandingkan dengan merek pesaing, serta kepuasan pelanggan secara keseluruhan terhadap penawaran mereka.

Pengecer tersebut menyusun rencana transformasinya menggunakan informasi ini—mengukur pangsa pasar yang dapat diraih, mengidentifikasi reposisi yang diperlukan, dan kemudian menargetkan inisiatif, investasi, dan hasil tertentu. Transformasi tersebut mengidentifikasi peluang pertumbuhan pendapatan sebesar 30 persen selama empat hingga lima tahun ke depan. Satu tahun kemudian, perusahaan berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan ini.

Gunakan teknologi dan strategi digital sebagai bagian dari fondasi

Para transformator pertumbuhan terkemuka menjadikan teknologi sebagai bagian dari pilihan strategis inti mereka dan bagaimana mereka mengeksekusinya. Meskipun teknologi dan perangkat digital secara universal diterima sebagai hal yang penting, beberapa perusahaan memperlakukannya secara eksklusif sebagai bagian dari implementasi daripada menanamkannya ke dalam transformasi pertumbuhan sejak awal.

Para transformator pertumbuhan terkemuka tidak melakukan kesalahan itu. Sebaliknya, mereka membuat pilihan strategis dengan mempertimbangkan teknologi dengan mengidentifikasi bagian-bagian model bisnis di mana kecepatan, efek jaringan, skala, atau AI dapat memberikan keunggulan kompetitif. Misalnya, sebuah perusahaan mungkin memilih untuk mengotomatiskan pengalaman pelanggan dan menggunakan perangkat AI untuk menentukan tindakan terbaik berikutnya bagi pelanggan, yang membantu tenaga penjualan menjadi lebih efisien.

Para transformator pertumbuhan terkemuka juga memprioritaskan pengembangan kapabilitas karyawan untuk mendukung ambisi pertumbuhan dan menggunakan kapabilitas serta perangkat ini untuk mendorong pengambilan keputusan yang lebih cepat, peningkatan transparansi, dan, pada akhirnya, pertumbuhan yang lebih tinggi.

Perusahaan pertama-tama menilai kesenjangan teknologi dan digital mereka (yaitu, utang teknologi mereka ) dan jarak strategis mereka dari rekan-rekan untuk menanamkan strategi teknologi dan digital yang terintegrasi ke dalam strategi dan pilihan pertumbuhan. Mereka membuat peta jalan yang menjabarkan kemampuan yang dibutuhkan untuk menanamkan otomatisasi, terlibat dengan pelanggan secara bermakna, dan berinovasi dengan cepat, menggunakan AI dan perangkat lunak melalui kemitraan sebagaimana diperlukan.

Selain itu, transformator pertumbuhan terkemuka menggunakan teknologi menjadi analitik tingkat lanjut dan model prediktif berbasis AI yang lebih baik mengidentifikasi pendorong pendapatan, menilai nilai kampanye pemasaran, dan secara keseluruhan membuat keputusan yang tepat tentang topik pertumbuhan. Strategi teknologi sentral juga mendorong transparansi—transformator pertumbuhan terkemuka menggunakan alat digital untuk memberikan visibilitas ke dalam kinerja dan hasil untuk pemahaman, tindakan, dan manajemen kinerja di seluruh perusahaan.

Memilih untuk mengedepankan teknologi dalam transformasi juga menciptakan efisiensi dan transparansi serta memungkinkan umpan balik berkelanjutan; namun, hingga perusahaan mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kegiatan sehari-hari perusahaan dan menerapkan program manajemen perubahan yang terstruktur, mereka tidak mungkin melihat hasil yang mereka harapkan.

Para pemimpin sering kali meremehkan pola pikir dan perilaku yang perlu diubah untuk mengamankan adopsi teknologi yang memungkinkan pertumbuhan—dan perubahan ini dimulai dari atas, seperti yang akan kita bahas selanjutnya.

Tantang karyawan untuk meningkatkan standar

Para transformator pertumbuhan terkemuka mencapai dampak signifikan dalam waktu singkat karena infrastruktur kinerja yang menumbuhkan semangat kepemimpinan yang menantang. Pada gilirannya, orientasi untuk mengajukan pertanyaan sulit meningkatkan standar dalam dialog, mendorong keputusan ke tingkat yang lebih rendah, dan menjadikan ambisi sebagai harapan kepemimpinan.

Memimpin dengan tantangan dimulai dengan menetapkan aspirasi yang berani untuk target dan tujuan. Ketika ditantang dan diberi tugas, perusahaan menemukan nilai 2,7 kali lebih banyak  daripada yang mereka bayangkan.

Untuk mempertahankan dan mendukung standar yang tinggi, organisasi sering kali memasang infrastruktur kinerja yang ketat, dimulai dengan kantor akselerasi di pusat. Kantor akselerasi menjalankan irama keseluruhan dengan interaksi harian, mingguan, bulanan, dan triwulanan yang mempertemukan fungsi dan pakar yang relevan di seluruh organisasi. Prioritasnya adalah pemecahan masalah dengan kecepatan dan skala untuk mempercepat inisiatif pertumbuhan. Ini termasuk “ruang menang” khusus yang difokuskan untuk memenangkan kembali pelanggan yang hilang dan menghasilkan prospek baru.

Untuk mendukung pelaksanaan yang ketat ini, komunikasi menjadi pusat perhatian. Hal ini membawa transparansi pada hasil kinerja. Hasil kinerja berfungsi sebagai satu sumber kebenaran—seperangkat fakta yang dapat diandalkan—yang dapat disebarkan oleh perusahaan melalui dasbor yang sesuai dengan tujuan di berbagai tingkat organisasi.

Perusahaan jasa keuangan terkemuka di AS mencontohkan praktik-praktik ini. Transformasinya dimulai dengan menanamkan budaya pola pikir yang menantang pada karyawan, yang didukung oleh program pelaksanaan yang ketat. Sebagai permulaan, perusahaan mengumumkan program pertumbuhan ambisius yang bertepatan dengan hari investornya dua tahun kemudian. Untuk membuat karyawan berpikir tentang apa yang mungkin, perusahaan menunjuk 60 manajer untuk memikirkan kembali bisnis saat ini dan 30 pembangun bisnis untuk menghasilkan ide-ide baru bagi bisnis yang sedang berkembang. Perusahaan menyusun sistem pertumbuhan empat bagian, termasuk penilaian tujuan saat ini, pertumbuhan di luar inti, pengembangan kapabilitas, dan bahasa serta perangkat yang sama. Program ini sedang berlangsung, tetapi hasil awalnya menjanjikan. Transformasi tersebut telah menghasilkan pertumbuhan pendapatan tahunan sebesar 10 persen.

Persamaan lengkapnya mencakup tantangan, penghargaan, insentif, dan umpan balik yang sesuai dengan hasil kinerja serta pengembangan kapasitas. Ini mungkin mencakup program insentif terpadu penuh, insentif tambahan, serta mekanisme umpan balik formal dan informal yang konsisten untuk mendukung kinerja individu.

Membuat keputusan berdasarkan fakta dan data

Perilaku terakhir yang membedakan para transformator pertumbuhan terkemuka dari yang lain adalah komitmen untuk menciptakan basis fakta yang diambil dari berbagai sumber tepercaya dan kemudian menggunakannya untuk membuat keputusan selama transformasi. Sebuah perusahaan perangkat lunak global dengan pendapatan yang stagnan mulai mengubah portofolio produknya dan kemampuan masuk ke pasar dalam upaya untuk mencapai pertumbuhan pendapatan tahunan dua digit. Transformasinya melibatkan berbagai inisiatif di seluruh produk, pemasaran, penjualan, dan kesehatan organisasi, semuanya dieksekusi secara bersamaan dan dalam skala besar. Perusahaan ini merombak strategi produk dan peta jalan dengan beralih ke pasar dengan pertumbuhan yang lebih tinggi dan menggunakan M&A sebagai alat untuk akselerasi. Mempercepat penjualan tidak langsung secara signifikan memperluas basis pelanggan, dan investasi besar dalam pemasaran membantu menciptakan jalur peluang yang lebih kuat. Semua langkah ini didukung oleh perubahan pada struktur dan budaya organisasi untuk menekankan kecepatan dan pengambilan keputusan yang lebih efisien. Sejauh ini, perusahaan tersebut jauh di depan ekspektasi dalam perjalanan menuju pertumbuhan tahunan dua digit.

Para transformator pertumbuhan terkemuka tidak hanya tumbuh tetapi juga melakukannya secara menguntungkan, dengan fokus pada lima perilaku sehat. Untuk menanamkan perilaku-perilaku ini ke dalam pekerjaan sehari-hari transformasi pertumbuhan memerlukan aspirasi yang berani, infrastruktur yang tepat untuk mendukung teknologi, pelaksanaan yang ketat, dan manajemen kinerja dengan cara kerja yang berkembang untuk mendukung perubahan budaya yang diperlukan. Transformasi yang mengambil pendekatan ini untuk menanamkan perilaku sehat yang penting memiliki peluang untuk melangkah lebih jauh dari sekadar pemotongan biaya dan mewujudkan pertumbuhan yang menguntungkan, serta kesuksesan yang berkelanjutan.