(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Apa saja peluang untuk memasuki pasar yang berkembang?
Ada beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan bisnis saat memasuki pasar yang berkembang. Ini termasuk:
Prakiraan keuangan yang menguntungkan
Bisnis yang ingin menarik dana untuk rencana pertumbuhan mereka sering kali mencari pertumbuhan pasar. Pertumbuhan yang cepat mendukung prakiraan keuangan yang menguntungkan, sehingga lebih menarik bagi investor. Investor yang ingin membuat komitmen jangka pendek mungkin menyukai peluang ini.
Peningkatan pangsa pasar
Ketika bisnis memasuki pertumbuhan pasar, biasanya ada lebih banyak ruang untuk pertumbuhan daripada di pasar yang lebih matang tempat mereka sudah beroperasi. Ini berarti bahwa perusahaan dapat menangkap pangsa pasar yang lebih besar di seluruh sektor industri yang lebih luas. Pasar yang lebih besar berarti lebih banyak pelanggan potensial.
Akses ke pasar dan pelanggan baru
Pertumbuhan pasar memungkinkan bisnis untuk mendapatkan pelanggan yang sebelumnya tidak dapat mereka jangkau. Produk atau layanan baru memperkenalkan merek kepada pelanggan baru. Bisnis kemudian dapat melakukan penjualan silang produk atau layanan lain kepada pelanggan ini dari penawaran mereka yang sudah ada.
Apa risiko memasuki pertumbuhan pasar?
Ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan bisnis saat memasuki pertumbuhan pasar. Dengan memahami risiko-risiko ini, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang apakah pasar yang sedang berkembang merupakan peluang yang tepat bagi mereka. Beberapa di antaranya meliputi:
Pengalaman pasar yang berkurang
Saat bisnis memasuki pasar baru, mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan atau pemahaman yang sama tentang cara kerja berbagai hal di pasar tersebut. Oleh karena itu, mungkin sulit untuk mengetahui produk atau layanan apa yang akan ditawarkan dan bagaimana menentukan harganya. Berkonsultasi dengan para profesional di sektor tersebut dapat memberikan wawasan.
Persaingan dari bisnis yang mapan
Di pasar yang sedang berkembang, bisnis sering kali menghadapi persaingan dari organisasi yang mapan dan berpengalaman. Perusahaan-perusahaan ini mungkin memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kondisi pasar dan dapat menawarkan harga yang lebih rendah atau persyaratan yang lebih menguntungkan bagi pelanggan. Mereka mungkin juga memiliki reputasi yang lebih kuat.
Volatilitas pasar
Potensi pertumbuhan juga dapat menyebabkan volatilitas karena investor dan bisnis memanfaatkan peluang. Pasar yang sedang berkembang sering kali memiliki sangat sedikit informasi historis tentang perusahaan untuk dijadikan dasar keputusan mereka, sehingga lebih sulit untuk memprediksi berapa lama fase pertumbuhan akan berlangsung. Ketidakpastian ini dapat meningkatkan jumlah organisasi yang lebih kecil atau kurang berpengalaman di pasar dan mendorong beberapa perusahaan untuk keluar dari pasar lebih awal guna menurunkan risiko mereka sendiri.
Risiko mata uang
Perusahaan yang berbasis di satu negara dapat memanfaatkan pertumbuhan masa depan di pasar di negara lain tempat mereka belum berdagang. Hal ini menimbulkan risiko jika nilai mata uang lokal relatif terhadap mata uang lokal perusahaan menurun. Perdagangan internasional juga dapat memiliki implikasi pajak di kedua negara.