Lima Hal yang Seharusnya Tidak Dikatakan Bos

Tips Saat Tidak Ada Kerja Tim di Organisasi Anda (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Human Resources)  Setiap bisnis dengan banyak karyawan memerlukan koordinasi di antara anggotanya. Dalam lingkungan profesional yang tidak memiliki kerja tim, setiap aspek dari perusahaan akan merasakan dampaknya. Jika Anda berada dalam posisi kepemimpinan dan tertarik untuk mempelajari cara mengatasi kurangnya kerja tim, Anda mungkin bisa mendapatkan manfaat dengan meninjau saran-saran yang membantu membangun rasa kebersamaan dan kolaborasi.

Dalam artikel ini, kami membahas mengapa kerja tim itu penting, memberikan tips untuk meningkatkan kerja tim, serta contoh-contoh cara mengatasi situasi di mana saat ini tidak ada kerja tim.

Mengapa Kerja Tim Penting?

Kerja tim adalah kondisi penting untuk operasional yang menguntungkan. Berikut adalah cara utama kerja tim dapat meningkatkan perusahaan dan karyawan Anda:

– Peningkatan Produktivitas
Kerja tim memungkinkan anggota organisasi Anda untuk secara konsisten menemukan pendekatan paling efisien untuk setiap proyek atau tantangan. Ketika karyawan bekerja sama, mereka saling mengajari, mendukung, dan membimbing satu sama lain, menciptakan lingkungan di mana seluruh tim dapat dengan cepat mengadopsi praktik terbaik. Kerja tim meningkatkan produktivitas dengan mendorong setiap anggota tim untuk mandiri sekaligus kolaboratif, mengambil tanggung jawab atas tugas masing-masing, dan membantu orang lain.

– Komunikasi yang Lebih Baik
Komunikasi yang sukses memerlukan anggota organisasi yang menghargai apa yang disampaikan oleh rekan-rekan mereka. Dalam perusahaan yang berbasis tim, karyawan mengakui bahwa rekan kerja mereka berbagi pemikiran dan pendapat untuk mencapai hasil yang lebih baik bagi semua orang. Tanpa kerja tim, komunikasi menjadi menjengkelkan, anggota tim merasa diabaikan atau merasa bahwa pendapat mereka tidak akan mempengaruhi jalannya bisnis.

– Kepuasan Karyawan yang Lebih Besar
Sebagian besar karyawan ingin bekerja di perusahaan di mana anggota tim memberikan kontribusi terbaik mereka, saling menghormati, dan bangga dengan pencapaian kolektif. Kerja tim memungkinkan karyawan untuk memajukan tujuan dan keterampilan pribadi mereka sambil merasakan tujuan yang menyertai kolaborasi produktif. Kurangnya kerja tim menunjukkan bahwa karyawan tidak merasa bahwa rekan-rekan mereka memberikan kontribusi yang sama. Hal ini sering memicu persaingan daripada dukungan timbal balik.

– Pemecahan Masalah yang Inovatif
Untuk banyak model bisnis, inovasi adalah pendorong utama pengembangan produk, penjualan, dan pada akhirnya, profitabilitas. Kegiatan yang mengarah pada inovasi hampir selalu berbasis tim. Brainstorming, penelitian dan pengembangan, serta kolaborasi semua memerlukan banyak pihak untuk bertukar ide dengan bebas dan saling menghormati. Kerja tim menciptakan fondasi bagi perusahaan Anda untuk secara teratur berinovasi dan menghasilkan pendapatan yang sesuai.

Tips untuk Meningkatkan Kerja Tim

Berikut adalah beberapa tips yang dapat meningkatkan kerja tim di antara karyawan Anda:

– Delegasikan Tanggung Jawab dengan Jelas
Seringkali, ketika seorang karyawan merasa bahwa rekan kerjanya tidak memenuhi kewajibannya, penyebab masalahnya bukanlah kelalaian yang disengaja. Sebaliknya, satu karyawan mungkin tidak benar-benar memahami tugas sebenarnya dari rekan kerjanya, atau rekan kerjanya mungkin bingung tentang apa yang diharapkan oleh organisasi dari mereka. Anda dapat mengatasi kedua kemungkinan tersebut dengan mendelegasikan kewajiban secara jelas, dengan cara yang memungkinkan semua anggota tim mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas setiap tugas.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)