Sukses Mengelola Tim: 10 Strategi yang Bisa Anda Gunakan (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Human Resources)

10 strategi untuk mengelola tim Anda dengan efektif

Jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana mengelola tim Anda dengan efektif, berikut adalah kelanjutan dari 10 langkah yang dapat Anda jadikan referensi untuk membantu Anda tumbuh sebagai pemimpin di perusahaan Anda:

4. Kelola kinerja karyawan
Manajer dapat memotivasi dan mendorong karyawan untuk berkinerja pada kemampuan tertinggi mereka. Saat berdiskusi tentang metrik kinerja individu, penting untuk tetap hormat dan tenang. Jika seorang karyawan belum secara konsisten mencapai tujuannya, Anda mungkin melakukan intervensi untuk memberikan kritik yang membangun dan rencana perbaikan untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka secara teratur. Susun percakapan ini dengan umpan balik positif di awal dan akhir untuk mengingatkan karyawan tentang kontribusi positif mereka. Saat berbagi umpan balik yang membangun, berikan mereka langkah-langkah yang dapat mereka ambil untuk mencapai tujuan mereka. Selama percakapan ini, Anda mungkin meyakinkan karyawan bahwa mereka juga dapat berbagi ide dan pendapat mereka sehingga Anda dapat bekerja untuk mendukung mereka dalam tujuan karier mereka.

5. Berikan pelatihan kepada karyawan Anda
Memberikan pelatihan kepada karyawan yang Anda kelola dapat menunjukkan investasi Anda dalam kesuksesan individu mereka. Pelatihan yang Anda berikan mungkin bervariasi tergantung pada industri tempat Anda bekerja dan tugas langsung yang mereka miliki. Anda mungkin dapat memperoleh dana dari perusahaan Anda untuk menutupi biaya pendaftaran bagi karyawan yang memilih untuk berpartisipasi.

6. Bertindak sebagai mentor
Ada banyak cara Anda dapat bertindak sebagai mentor bagi karyawan Anda, termasuk memberikan mereka tips yang berguna, siap sedia untuk membantu mereka jika diperlukan, dan bekerja dengan mereka untuk menetapkan tujuan yang dipersonalisasi. Secara khusus, Anda dapat bekerja untuk membantu mereka menyelaraskan tujuan mereka untuk meningkatkan produktivitas mereka dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kolaboratif antara anggota tim. Anda juga bisa meminta karyawan senior yang sukses di perusahaan Anda untuk bekerja dengan anggota tim pemula. Ini bisa sangat berguna jika Anda mengelola seseorang yang tertarik untuk bekerja di departemen lain dalam perusahaan atau di posisi yang lebih tinggi. Untuk mengetahui apa tujuan anggota tim Anda, Anda mungkin mengadakan pertemuan satu lawan satu dengan setiap anggota staf Anda.

7. Tetapkan batasan
Saat mengelola tim, penting untuk menetapkan batasan untuk memastikan etiket profesional hadir dalam semua situasi. Misalnya, Anda mungkin menetapkan cara bagi tim Anda untuk berkomunikasi satu sama lain atau menyelesaikan konflik secara internal. Untuk menentukan batasan bagi tim Anda, Anda dapat merujuk kebijakan perusahaan dan melibatkan tim Anda dalam diskusi untuk mengidentifikasi yang mereka anggap penting. Menyertakan semua orang dalam diskusi ini mungkin memungkinkan lingkungan kerja yang lebih kolaboratif dan sehat.

8. Libatkan karyawan
Keterlibatan karyawan memungkinkan manajer untuk membantu organisasi mereka unggul. Mengenali pencapaian karyawan dan memberi penghargaan atas prestasi mereka adalah salah satu cara untuk menjaga keterlibatan mereka. Penting juga untuk memberi penghargaan kepada karyawan atas kerja keras dan kesediaan mereka membantu tim mencapai keberhasilan. Ini dapat membantu Anda mempertahankan karyawan teladan dalam tim Anda dan meningkatkan loyalitas karyawan, karena mereka merasa menjadi bagian yang berharga dari kelompok. Ada banyak cara untuk memberi penghargaan kepada karyawan Anda, termasuk:
– Kartu hadiah
– Catatan tulisan tangan
– Penghargaan sertifikat
– Pengakuan di seluruh perusahaan
Metode yang Anda pilih mungkin bergantung pada gaya manajemen individu Anda atau perusahaan dan sumber daya yang tersedia bagi Anda.

9. Tawarkan alat teknologi dan dukungan
Memberikan karyawan alat teknologi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas harian bermanfaat karena memungkinkan operasi yang lebih terstruktur. Selain itu, teknologi mungkin membuat karyawan merasa diberdayakan untuk terus belajar dan berkembang dalam industri mereka. Jika karyawan Anda memiliki pertanyaan tentang fitur teknologi tertentu, Anda dapat bertindak sebagai panduan atau referensi bagi mereka saat mereka membutuhkan bantuan. Misalnya, jika seseorang yang Anda kelola menggunakan alat komunikasi baru dan kesulitan mengunggah dokumen, Anda dapat membantu mereka menavigasi masalah tersebut dengan memberikan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas tersebut. Cara lain untuk menawarkan dukungan kepada karyawan Anda adalah dengan membuat panduan terperinci yang dapat mereka gunakan saat bekerja. Misalnya, jika karyawan Anda perlu merujuk berbagai bahasa pemrograman, Anda dapat memberikan dokumen dengan jalan pintas pemrograman. Jumlah panduan yang Anda buat mungkin bervariasi tergantung pada pekerjaan yang diselesaikan karyawan Anda.

10. Buat diri Anda mudah diakses
Membuat diri Anda mudah diakses oleh individu yang Anda kelola juga dapat membantu mempromosikan lingkungan kerja yang lebih sehat di mana karyawan merasa nyaman mendiskusikan tantangan dan tujuan karier mereka dengan Anda. Ini juga dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan karyawan Anda, yang berguna saat Anda perlu mengadakan percakapan yang sulit.Misalnya, jika proyek yang dikerjakan tim Anda tidak mencapai tujuannya, Anda mungkin mengumpulkan mereka untuk percakapan konstruktif kelompok daripada hanya bertemu dengan individu tertentu. Melakukan ini dapat membantu semua orang di tim Anda belajar cara lebih baik mendekati proyek serupa di masa mendatang.