Pemimpin Seperti Apa Anda? 9 Tipe Kepemimpinan dan Ciri-cirinya

Apa Prinsip kepemimpinan? 12 Prinsip Yang Harus Diikuti (Bagian 2)

Berikut ini kelanjutan dari 12 prinsip kepemimpinan yang akan membantu tim Anda mencapai tujuan bersama:

7. Membuat semua orang merasa penting
Kepemimpinan yang efektif dimulai dengan membuat setiap anggota tim merasa menjadi bagian yang berharga dalam tim. Hal ini berarti memperlakukan semua orang secara adil dan memberi mereka kesempatan yang sama untuk tumbuh dan maju. Jika seorang pemimpin lebih menyukai satu karyawan dibandingkan yang lain, anggota tim lainnya akan menyadarinya, sehingga dapat menimbulkan masalah seperti kurangnya rasa hormat. Hal ini juga dapat menurunkan semangat kerja karyawan sehingga berdampak pada menurunnya kinerja. Sebagai seorang pemimpin, fokuslah untuk mengangkat dan menyatukan tim Anda. Dengarkan setiap anggota dan tawarkan kesempatan yang sama kepada semua orang untuk menjaga ikatan yang sehat. Cara lain untuk membuat tim Anda merasa penting meliputi:
-memberikan setiap anggota tugas yang mereka anggap bermakna
-terhubung dengan setiap anggota pada tingkat pribadi
menghargai karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik
-mintalah pendapat tim Anda sebelum membuat keputusan penting
-hindari bicara merendahkan mereka atau membuat mereka merasa kurang
-tawarkan dukungan Anda kepada anggota tim kapan pun Anda bisa

8. Mendorong lingkungan kerja yang beragam
Pemimpin yang baik menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan beragam dengan mempekerjakan profesional dari berbagai ras, gender, gaya hidup, dan orientasi seksual. Mereka menyatukan berbagai tim dan mendorong kolaborasi timbal balik, memastikan anggota belajar satu sama lain. Pemimpin yang hebat menerapkan kebijakan dan tindakan keberagaman di tempat kerja yang memastikan tim yang beragam merasa aman dan terlindungi. Mereka memahami bahwa kelompok minoritas menghadapi berbagai tantangan di dunia usaha, seperti rasisme dan penindasan, dan berupaya untuk meminimalkan dan menghilangkan masalah-masalah ini untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Cara lain yang dilakukan para pemimpin untuk mempromosikan keberagaman meliputi:
-mengakui perbedaan di antara anggota tim, baik berdasarkan ras, jenis kelamin, atau bahkan kepribadian
-memberikan pelatihan bias implisit untuk semua orang
menghubungkan karyawan yang kurang terwakili dengan mentor eksternal dan internal
-mendorong anggota tim untuk membuka pikiran mereka
merayakan perbedaan karyawan

9. Mendorong kerja tim dan kolaborasi
Pemimpin yang sukses tahu bahwa kerja tim adalah kunci keberhasilan lingkungan kerja. Mereka mendorong anggota tim untuk bekerja sama secara kohesif untuk mencapai hasil bersama. Ketika anggota tim individu bersaing, produktivitas menurun drastis, dan tim gagal bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan bersama. Pemimpin menghindari hal ini dengan mengomunikasikan tujuan secara jelas kepada tim dan membantu semua orang mengembangkan hubungan yang bermakna. Hal ini juga menciptakan peluang kolaborasi untuk menghilangkan pola pikir ‘setiap orang-untuk-dirinya sendiri’. Cara lain yang dilakukan para pemimpin untuk mendorong kolaborasi meliputi:
-melibatkan anggota tim dalam tugas bersama
-menciptakan budaya tim yang inklusif
-mempromosikan obrolan ringan di antara anggota tim
-mendorong keterlibatan tim dalam kegiatan kelompok
-menciptakan budaya bicara dan mendengarkan

10. Mengembangkan nilai-nilai bersama
Pemimpin yang hebat menciptakan nilai-nilai bersama di antara tim untuk memastikan kesuksesan bisnis. Mereka tahu bahwa ketika tim berbagi nilai-nilai yang sama, mereka akan dengan mudah berkolaborasi, sehingga hanya menyisakan sedikit ruang untuk kesalahpahaman dan kebingungan. Para pemimpin yang sukses membagikan standar, moral, dan nilai-nilai mereka kepada tim mereka dan meminta mereka melakukan hal yang sama untuk memandu pekerjaan mereka. Mereka juga mempromosikan perilaku moral dan etika di tempat kerja dan menerapkan standar yang sama kepada semua orang. Dengan nilai-nilai yang tepat, para pemimpin dapat menumbuhkan budaya perusahaan yang baik bagi tim yang mendorong pertumbuhan dan kesuksesan.

11. Terus mengembangkan keterampilan kepemimpinan
Pemimpin yang baik terus-menerus meningkatkan dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka untuk digunakan di tempat kerja. Mereka memahami bahwa tidak ada seorang pun yang mengetahui segalanya dan mengetahui bahwa latihan membuat menjadi sempurna. Itu sebabnya mereka mencari peluang untuk mempelajari strategi dan tren baru untuk menunjukkan kepada tim bahwa mereka berkomitmen untuk menjadi lebih baik. Seorang pemimpin yang terus-menerus berupaya mengembangkan diri akan menginspirasi tim untuk melakukan hal yang sama, meningkatkan kompetensi dan kemampuan setiap orang di tempat kerja. Berikut cara pemimpin terus meningkatkan keterampilan kepemimpinannya:
-membaca buku, artikel, dan blog
-mendengarkan podcast
-menghadiri lokakarya dan konferensi
-menyelesaikan kursus dan kelas online
-bergabung dengan badan profesional dan industri
-mendaftar untuk program pelatihan
-kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar lain
-tetap mengikuti tren dan perubahan dalam industri spesifik mereka

12. Mengoptimalkan serapan teknologi
Pemimpin yang efektif menggunakan teknologi di tempat kerja untuk mengotomatisasi proses dan menyederhanakan tugas. Mereka tahu bahwa alat teknologi, aplikasi, dan perangkat lunak membantu meningkatkan produktivitas di antara anggota tim dan operasional bisnis. Mereka mendorong tim untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk meningkatkan efisiensi dan mempertahankan pekerjaan berkualitas tinggi. Sebagai seorang pemimpin, ada baiknya untuk mendidik diri Anda sendiri tentang teknologi yang terlibat dalam perusahaan atau organisasi. Dengan cara ini, Anda dapat memotivasi dan menginspirasi tim untuk menggunakan teknologi ini guna mencapai hasil bersama.