Strategi Pemasaran Lokal Mendukung Kesuksesan Bisnis Anda (Bagian 3)

(Businesslounge Journal-Marketing)

Pemasaran lokal dimulai dengan beberapa langkah mudah diterapkan yang dapat segera dimulai oleh perusahaan mana pun. Berikut adalah kelanjutan dari ide cepat dan sederhana untuk meningkatkan pemasaran lokal bisnis Anda.

4. Klaim listingan Google Profil Bisnis Anda.
Salah satu strategi pemasaran lokal termudah dan efektif yang dapat Anda terapkan segera adalah dengan menyiapkan Google Profil Bisnis Anda. Profil Bisnis Google (sebelumnya Google Bisnisku) memberikan informasi kepada pengguna mesin pencari seperti lokasi bisnis, jam buka, petunjuk arah, informasi kontak, dan info lainnya.

“Klaim panel pengetahuan [Google Profil Bisnis] Anda, dan pastikan panel tersebut diperbarui,” kata McKnight. Profil harus menampilkan jam kerja saat ini dan secara akurat menjelaskan perubahan atau pembatasan sementara, seperti penutupan pada hari libur dan opsi bawa pulang atau pesan antar.

Anda juga harus mengklaim listingan lokal di situs pihak ketiga seperti Yelp, tambah Lodge. Semakin banyak tempat pengguna dapat menemukan bisnis Anda (beserta informasi lokasi), semakin sukses pemasaran lokal Anda.

5. Optimalkan halaman media sosial Anda untuk pengguna lokal.
Pemasaran media sosial sangat penting untuk pemasaran online lokal. Sama seperti situs web Anda, halaman media sosial Anda harus dioptimalkan dan dilokalkan. Ini berarti memberikan informasi terkini, seperti lokasi bisnis Anda, informasi kontak dan jam buka toko, serta menjaga akun media sosial tetap aktif.

“Dari perspektif bisnis kecil, media sosial sebagian besar berkisar pada komunikasi mengenai kesepakatan, pembukaan kembali, atau promosi,” kata McKnight. “Kebanyakan hanya sekedar manajemen reputasi.”

6. Dorong ulasan pengguna yang positif, dan libatkan secara online.
Dorong pelanggan yang puas untuk meninggalkan ulasan positif secara online, baik di Google Review, Facebook, Yelp, atau di tempat lain. Anda bahkan dapat memberikan insentif kepada mereka dengan diskon atau promosi, seperti undian atau giveaway.

Anda juga harus meluangkan waktu untuk menanggapi ulasan online yang diberikan pelanggan Anda, baik ulasan positif maupun negatif. Selalu bersikap tulus, dan hindari menyalin dan menempelkan tanggapan umum.

“Secara umum, tanggapi orang dengan autentisitas, kerendahan hati, dan kejujuran — baik itu ulasan negatif atau positif,” saran McKnight. “Tetapkan satu jam per minggu hanya untuk membahas, merespons, dan memastikan itu bukan respons yang umum dan tidak penting. Pengguna tidak tertarik dengan hal itu dan merasa mereka tidak didengarkan.”

Menanggapi semua ulasan online adalah cara penting untuk mengelola hubungan pelanggan dengan menenangkan pelanggan yang tidak puas, menunjukkan kepada pelanggan yang puas bahwa Anda menghargai mereka, dan menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda peduli.

7. Menjadi tuan rumah atau mensponsori acara komunitas lokal.
Digital pemasaran itu bagus, tetapi membangun jembatan dunia nyata antara audiens dan merek Anda sangatlah berharga. Untuk melakukannya, penting untuk terlibat dalam komunitas Anda.

Pertimbangkan untuk mensponsori atau mengadakan acara lokal bila memungkinkan untuk meningkatkan visibilitas merek di komunitas lokal Anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan liputan pers lokal, yang meningkatkan peluang khalayak lokal akan menemukan bisnis Anda secara online.

8. Manfaatkan pemasaran email lokal.
Strategi pemasaran email efektif dan murah. Sebagian besar biaya terkait dengan perolehan alamat email yang berharga. Meskipun alamat email tidak memberi tahu Anda di mana pengguna berada, Anda dapat membuat daftar kontak email untuk memfilter pengguna berdasarkan lokasi.

Cara termudah untuk mendapatkan data lokasi beserta alamat email adalah melalui lembar pendaftaran di lokasi fisik bisnis Anda — idealnya, dengan mendaftar — atau di stan atau acara yang Anda sponsori. Idenya adalah untuk menarik konsumen yang tertarik untuk mendaftar pembaruan dan promosi Anda. Alternatifnya, Anda dapat membuat formulir online di situs web Anda untuk mengumpulkan informasi pengguna dan data lokasi.

9. Cobalah kampanye surat langsung untuk menargetkan pengguna lokal.
Surat langsung mungkin tampak ketinggalan jaman, namun tetap merupakan metode yang murah dan efektif untuk menjangkau pelanggan. Menurut Laporan Tingkat Respons ANA 2021, surat langsung memiliki laba atas investasi yang lebih tinggi dibandingkan media periklanan lainnya.

Surat langsung memungkinkan Anda menargetkan demografi utama dengan melihat lingkungan yang sesuai dengan audiens target Anda. Menggunakan surat langsung termasuk membuat surat yang menarik perhatian, menawarkan diskon dan promosi, dan menggunakan kode QR untuk memudahkan orang mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda atau mengunjungi situs web Anda.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)