Pameran Manila FAME 2024: Kisah Visual, Nostalgia, dan Keberlanjutan

(Business Lounge Journal – Event)

Pameran Manila FAME edisi ke-72 dibuka hari ini diselenggarakan di World Trade Center Metro Manila, Pasay City pada tanggal 17-19 Oktober 2024. Business Lounge Journal sebagai media partner Manila FAME, berkesempatan untuk turut meliput langsung acara tahunan ini.

Sebagai pameran pemasok terkemuka, acara ini telah mempertemukan UKM dari sektor rumah, fashion, dan gaya hidup untuk memperkenalkan produk Filipina ke kancah internasional sejak tahun 1983.

Dengan tema “Reimagination” (Imajinasi Ulang), Manila FAME 2024 akan merayakan kekuatan desain Filipina di tengah lanskap tren dan inovasi global yang terus berkembang. Pameran ini akan menyoroti bagaimana Filipina beradaptasi dengan tren dan standar internasional dengan menerjemahkan bahan baku menggunakan kombinasi proses tradisional dan modern menjadi produk gaya hidup fungsional.

Acara tiga hari ini yang diselenggarakan oleh Center for International Trade Expositions and Missions (CITEM), badan promosi ekspor dari Departemen Perdagangan dan Industri (DTI), akan menampilkan produk-produk kerajinan Filipina yang memadukan keahlian dalam desain dan keahlian. Pameran ini akan menampilkan perpaduan warna yang ceria, pola tradisional, dan tekstur yang kaya, yang menyoroti kekuatan Filipina dalam seni dipadukan dengan gaya yang sempurna.

Hadir dalam pembukaan, Ibu Negara, Liza Marcos bersama dengan para pejabat CITEM.

Salah satu fitur pameran Manila FAME yang paling dinantikan adalah Design Commune yang menampilkan karya-karya baru hasil kolaborasi antara produsen lokal terpilih dan desainer ternama di bawah program pengembangan produk CITEM.

Tahun ini, Rita Nazareno dan Gabby Lichauco berada di balik paviliun Design Commune Home, sebuah pameran karya dengan tren dan praktik terbaik global. Dengan tema “Beyond Reality” (Melampaui Realitas), koleksi baru ini menata ulang objek umum, material di mana pun, dan bahkan tumbuhan dan hewan yang punah menjadi karya yang kreatif dan fungsional. Sebanyak 150 prototipe dari 25 perusahaan Filipina akan diluncurkan di pameran tersebut.

 Nostalgia: Retrospektif Desain Manila FAME

Untuk mengenang awal yang sederhana dan memberi penghormatan kepada era 1980-an dan 1990-an, periode penting bagi Manila FAME, pameran ini akan memperkenalkan “Nostalgia,” sebuah pameran khusus produk ikonik dari perusahaan dan desainer terkemuka yang namanya mencuat di era pameran tersebut.

Pameran Nostalgia akan menampilkan 22 perusahaan pelopor di balik produk dan desain khas Filipina seperti kursi merak, furnitur anyaman tangan, dompet kerang, dan topi sinamay. Nostalgia akan menyoroti UKM pelopor Manila FAME dan kontribusi mereka yang tak ternilai bagi pertumbuhan industri lokal dan dampak mereka pada lanskap desain global.

Sorotan Keberlanjutan dan Komponen Filipina

 * Pinyapel untuk Manila FAME

Pinyapel, istilah yang diciptakan dengan menggabungkan pinya (Filipino untuk “nanas”) dan papel (kertas), adalah bahan kertas yang bersumber dari bahan berkelanjutan yang terbuat dari daun nanas yang dibuang. Dikembangkan oleh Design Center of the Philippines, bahan berkelanjutan ini akan ditampilkan melalui berbagai aplikasi inovatif oleh produsen lokal terpilih.

 * Komponen Filipina

Dalam upaya untuk menembus pasar yang berkembang pesat untuk suku cadang dan komponen perabotan, Manila FAME memperkenalkan Komponen Filipina tahun ini. Untuk edisi perdananya, pengaturan khusus ini akan menampilkan terutama panel arsitektur. Pengunjung dapat melihat pilihan penutup dinding yang terbuat dari kertas, tekstil tenun, batu, kerang, dan bahan alami lainnya.

Pengaturan ini juga akan memperkenalkan suku cadang dan perabotan lain seperti gagang lemari dan pintu, cabrioles (kaki furnitur berbentuk melengkung), dan pegangan tangga.

Penghargaan KATHA: Mengakui Keunggulan Desain Filipina

Manila FAME telah mendukung inovasi produk dari UKM lokal melalui Penghargaan KATHA selama 39 tahun. Penghargaan ini mengakui kecerdikan dan kreativitas merek lokal dalam beberapa kategori, yaitu furnitur, dekorasi rumah dan peralatan rumah tangga, lampu dan pencahayaan, fashion, perlengkapan liburan dan hadiah, dan presentasi stan terbaik, menginspirasi mereka untuk melampaui batas desain.

Menantikan keseruan edisi tahun ini, Direktur Eksekutif CITEM Leah Pulido Ocampo berbagi, “Manila FAME 2024 akan menjadi acara yang familiar dan orisinal. Pembeli dan pengunjung yang kembali dapat menantikan keramahan khas Filipina yang sama dan mengharapkan fitur-fitur baru dan ditingkatkan dari pameran ini.”
“Saya bangga mengatakan bahwa tim di balik Manila FAME sedang mendorongnya ke depan untuk mencari jalan baru menuju pertumbuhan, melayani lebih banyak industri, dan membantu mendukung merek dan produsen lokal kami. Edisi mendatang ini benar-benar akan menjadi pengalaman berharga yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa pun,” tambahnya.