5 Langkah Penting untuk Menjual Bisnis Anda (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Finance & Tax)

Jika Anda siap menjual bisnis Anda, berikut ini adalah langkah-langkah selanjutnya untuk membantu Anda mendapatkan kesepakatan yang Anda inginkan dan memastikan pengalihan kepemilikan berjalan lancar.

4. Temukan pembeli pra-kualifikasi.
Sebagai penjual, Anda sebaiknya hanya menerima tawaran serius untuk bisnis Anda. Bagaimana Anda menentukan apa yang termasuk dalam tawaran serius? Pembeli, betapapun baiknya niat mereka, harus mampu menindaklanjuti kesepakatan — jika tidak, mereka hanya membuang-buang waktu Anda. Ajukan pertanyaan penting segera sebelum Anda terlalu berharap.

Berikut beberapa pertanyaan yang harus diajukan kepada pembeli sejak awal diskusi:

• Apakah calon pembeli memiliki pendanaan yang mereka butuhkan, atau apakah mereka sudah mendapat persetujuan sebelumnya untuk pendanaan tersebut?
• Apakah calon pembeli memiliki pengalaman dalam industri ini, dan apakah mereka secara umum mengetahui apa yang mereka hadapi?
• Apa niat calon pembeli terhadap bisnis tersebut setelah mereka mengambil alih? Jika Anda peduli dengan apa yang terjadi pada bisnis Anda dan mantan karyawan Anda setelah Anda menjual bisnis tersebut, ini mungkin pertanyaan penting bagi Anda.
• Berapa jangka waktu yang dipertimbangkan calon pembeli? Jika Anda ingin segera menjualnya, Anda mungkin tidak ingin berurusan dengan pembeli yang ingin berlarut-larut selama lebih dari setahun.

Seorang broker akan dapat membantu menyaring calon pembeli agar Anda dapat menentukan siapa yang serius membeli bisnis Anda. Broker yang baik akan menanggapi kriteria Anda mengenai calon pembeli yang baik.

5. Selesaikan kontrak dan tutup kesepakatan.
Di sinilah sebagian besar kesepakatan gagal, dan ini adalah bagian proses yang paling rumit. Anda perlu menyelesaikan kontrak hukum, menangani negosiasi akhir yang berpotensi berantakan, dan menghindari kegagalan kesepakatan pada menit-menit terakhir.

Kami merekomendasikan untuk menyewa pengacara penjualan bisnis untuk tahap proses ini. Anda mungkin ingin menemukannya secara mandiri, meskipun broker Anda mungkin memiliki beberapa di jaringan mereka. Pastikan mereka benar-benar mendukung Anda, karena mereka akan memeriksa setiap detail dalam kontrak Anda. Kesalahan sekecil apa pun berpotensi menenggelamkan detailnya.

Ada banyak dokumen yang perlu disiapkan, dikumpulkan, dan ditinjau, antara lain sebagai berikut:

• Perjanjian pembelian
• Tagihan penjualan
• Perwakilan dan jaminan
• Klausul ganti rugi
• Daftar dan transfer aset
• Klausul dan perjanjian yang tidak bersaing
• Transfer kekayaan intelektual
• Waktu peralihan dan perjanjian kerja
• Perjanjian kerja dan kelangsungan pekerja
• Penampungan uang penjualan, transfer dan penutupan
Anda dapat dengan mudah berurusan dengan kumpulan dokumen sepanjang 100 halaman atau lebih setelah semuanya diperhitungkan. Memiliki seorang profesional sangat penting untuk melakukan hal ini dengan benar. Setelah semua orang puas dengan dokumennya, yang tersisa hanyalah melaksanakan kesepakatan dan mentransfer kepemilikan bisnis.

FAQ tentang menjual bisnis
Pertanyaan-pertanyaan ini biasa ditanyakan oleh para pengusaha yang sedang bersiap untuk menjual usahanya.

Berapa jangka waktu penjualan rata-rata?
Proses penjualan rata-rata memakan waktu antara empat hingga 10 bulan, bergantung pada besarnya kesepakatan.

Bisakah saya bersaing di industri yang sama setelah saya menjual bisnis saya?
Umumnya akan ada perjanjian non-kompetisi dengan jangka waktu antara tiga hingga lima tahun. Jangka waktu ini biasanya ditentukan oleh industri dan/atau wilayah Anda.

Apakah karyawan saya akan diberhentikan setelah saya menjualnya?
Apa yang terjadi pada karyawan Anda setelah Anda menjual bisnis Anda adalah kebijaksanaan pembeli. Itulah mengapa penting untuk memahami niat pembeli sebelum Anda menutup transaksi. Namun, Anda dapat secara kontrak mewajibkan pembeli untuk tetap bekerja setelah penjualan.

Apakah saya memerlukan keuangan yang diaudit untuk menjual bisnis saya?
Di sebagian besar transaksi, pembeli melakukan analisis pendapatan yang berkualitas daripada audit penuh. Analisis pendapatan yang berkualitas memberi pembeli informasi seperti EBI Perusahaan TDA, atau laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi.

Apa yang terjadi dengan kewajiban saya?
Sebagian besar kewajiban bisnis perlu diselesaikan sebelum bisnis tersebut dijual. Jika pembeli mengakuisisi bisnis yang masih memiliki hutang yang tercatat, hal tersebut dapat menjadi tanggung jawab pembeli; namun, item ini selalu dinegosiasikan terlebih dahulu sebelum perjanjian pembelian ditandatangani.

Menjual bisnis adalah proses yang kompleks
Meskipun beberapa pemilik bisnis menganggap menjual bisnis mereka mungkin merupakan tugas yang sederhana, sebenarnya ini adalah proses jangka panjang yang memerlukan persiapan ekstensif, dokumentasi, dan tindakan yang disengaja dari pihak pembeli dan penjual. Namun, jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menyiapkan bisnis Anda untuk penjualan yang relatif lancar yang memberi Anda uang yang bernilai bagi perusahaan Anda dan menyiapkan pembeli untuk sukses.