Memilih untuk Menang Saat Overload di Tempat Kerja

(Business Lounge – Empower People) Ada kalanya situasi pekerjaan yang menumpuk, deadline yang ketat, atau target yang tidak kunjung tercapai membuat kita merasa uring-uringan ketika berada di tempat kerja. Bahkan pagi hari menjadi saat-saat yang sangat tidak menyenangkan ketika harus bangun dari pembaringan untuk bersiap menuju tempat kerja. Ada beberapa hasil survei yang pernah saya baca bahwa lebih dari 40 juta orang di Eropa (1 dari 3 orang pekerja) mengalami stress di tempat kerja. Bahkan stress di tempat kerja berada pada peringkat kedua sebagai masalah yang sering terjadi bersama dengan masalah sakit punggung. Survei lainnya mengatakan bahwa ada lebih dari seperempat pekerja yang tidak masuk ke kantor dengan total hari sebanyak 10 hari kerja dalam setahun oleh karena masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh stress.

Memang kondisi demikian terkadang terjadi dalam kehidupan pekerjaan kita. Tetapi jangan membiarkan hal tersebut terjadi berlarut-larut, sebab hal tersebut hanya akan membawa dampak yang negatif dalam karir Anda serta kehidupan pribadi Anda. Anda harus segera menyadarinya dan mengambil keputusan untuk memenangkan situasi yang amat tidak menyenangkan tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat Anda kerjakan jika hal tersebut menyerang Anda.

1.  Belajarlah dari pengalaman

Masa-masa sibuk tentu saja tidak hanya datang satu kali sepanjang tahun. Biasanya Anda sudah tahu kapan periode sibuk Anda. Misalnya saja setiap akhir tahun ketika hendak melakukan tutup buku, atau pada akhir Maret ketika pelaporan pajak, dan sebagainya. Belajarlah dari pengalaman, hal ini akan menolong Anda untuk melewati masa sibuk Anda berikutnya.

2. Bersikaplah komunikatif

Jangan berusaha menanggung beban pekerjaan Anda seorang diri. Bangunlah komunikasi yang baik dengan atasan, rekan kerja, dan anak buah Anda. Hindarilah kepercayaan diri yang berlebihan bahwa Anda dapat memecahkan permasalahan Anda seorang diri. Tetapi libatkanlah mereka yang dapat membantu Anda untuk melewati segala beban pekerjaan yang Anda miliki. Dengan bersikap komunikatif, maka Anda pun ikut menciptakan iklim kerja yang sehat dan menyenangkan.

3. Ambil waktu untuk break di sela-sela pekerjaan Anda

Tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak di sela-sela pekerjaan Anda dan memilih untuk relax sejenak. Menarik nafas dalam-dalam, melakukan strectching, berjalan sebentar ke arah jendela dan mengamati pepohonan atau pemandangan di luar gedung atau sejenak menyantap makanan kesukaan Anda kemudian melanjutkan kembali pekerjaan Anda.

4. Lakukan delegasi

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan Anda, maka lakukanlah delegasi. Percayakan tanggung jawab pekerjaan yang harus Anda selesaikan kepada tim atau anak buah Anda.

5. Jaga semangat Anda dan tim 

Anda akan mengalami kesulitan apabila telah kehilangan semangat, baik semangat Anda maupun semangat tim. Karena itu untuk mempertahankannya lakukanlah kebersamaan baik berupa makan siang bersama, olargaga bersama, atau memberikan surprise berupa perayaan kecil ketika ada yang berulang tahun. Tidak ada salahnya juga mengadakan liburan bersama pada akhir pekan.

Jangan menganggap enteng rasa tertekan dalam pekerjaan, melainkan carilah solusi untuk mengatasinya.

ruth_revisiRuth Berliana/Managing Partner Human Capital Development/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x