(Business Lounge – Dominate the Marketing) Media sosial saat ini merupakan salah satu sarana yang banyak dimanfaatkan untuk berpromosi. Situs Internetworldstats mencatat bahwa pada awal tahun 2014 pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 71 juta lebih dari total jumlah penduduk seluruhnya yang mencapai angka 253 juta jiwa. Sehingga penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 28,1%.
Dari lima besar media sosial yang ada di Indonesia, Facebook masih merupakan media sosial yang paling banyak penggunanya, jumlah pengguna Facebook di Indonesia saat ini mencapai angka 51 juta, di urutan kedua Twitter, Google +, LinkedIn dan Instagram.
Dengan banyaknya pengguna internet yang aktif di media sosial, ini merupakan market tersendiri bagi perusahaan dan pebisnis online untuk meraih keuntungan di dalamnya.
Sekali lagi semua kembali kepada kekuatan konten. Konten marketing merupakan cara efektif untuk menjangkau lebih banyak pengguna kedalam bisnis kita.
Konten marketing bukan iklan, meskipun pada akhirnya keduanya sama-sama bertujuan untuk memasarkan sebuah produk. Konten marketing adalah penggunaan informasi yang relevan dan berharga untuk menarik pelanggan potensial. Tidak hanya menarik, informasi ini jika dikerjakan dengan benar akan mampu merangkul target audience dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.
Konten marketing dapat digunakan sebagai cara untuk kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan tanpa menjual. Misalnya, sebuah artikel yang bagus dapat memasarkan produk atau jasa dengan cara yang tidak mengganggu konsumen.
Seorang marketer sebuah produk sejatinya haruslah memiliki kemampuan untuk membuat konten marketing terhadap produk yang akan dijualnya. Namun tidak semua marketer memiliki kemampuan untuk membuat konten marketing dengan benar. Untuk kelemahan ini perusahaan dapat memanfaat layanan yang menyediakan jasa pembuatan konten marketing seperti apa yang diharapkan.
Terakhir, setelah konten telah menjadi sesuatu yang menarik untuk disimak dan bermanfaat, maka disaat itulah konten marketing di bagikan ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram dan media sosial lainnya.
W.Lubis/Journalist/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan