Membangun Kepercayaan Customer

Infog-61

(Business Lounge – Dominate The Market) Beberapa kali saya mendapatkan telepon dari seorang marketing yang sama tetapi dengan bendera yang berbeda-beda. Saya sempat bertanya kok benderanya berbeda? Dengan santai dia katakan bahwa ia sudah pindah perusahaan investasi dan kemudian ia mencoba menawarkan produknya kepada mereka yang sebelumnya menjadi customernya.

Hmmm, hal ini sudah sering terjadi, apalagi jika marketing ini adalah marketing senior yang sudah memiliki banyak customer. Jika ia pindah sudah dapat dipastikan ia akan membawa customer-customer kelas kakapknya juga.

Pentingnya Kepercayaan Customer

Salah satu faktor penting yang harus didapatkan seorang marketing Sejati dalam berbisnis adalah kepercayaan dari customer atau calon customernya. Sebuah hubungan bisnis yang kuat sangat ditentukan oleh besarnya kepercayaaan client terhadap sebuah produk atau perusahaan. Dalam hal inilah seorang marketing mengambil peran besar bagaimana membangun kepercayaan seorang customer.

Membangun Kepercayaan Customer

Berikut hal-hal yang penting dilakukan seorang Marketing untuk membangun kepercayaan seorang customer:

a. Bersikap professional

Sikap professional sangat diperlukan dalam menjalin kerjasama dengan customer Anda. Hal ini akan sangat terlihat dari cara Anda menawarkan produk, berkomunikasi dengan customer. Cara anda meyakinkan customer secara profesional sangatlah menentukan. Bukan hanya Anda memberikan informasi yang selalu mengedepankan produk yang Anda tawarkan, tetapi secara profesional Anda dapat menjelaskan secara terperinci mengapa customer memilih produk yang Anda tawarkan.

b. Aktif berkomunikasi

Komunikasi yang baik harus dilakukan, bukan saja Anda menawarkan produk tetapi hal yang tidak kalah penting adalah Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan customer.  Dalam hal ini Anda dapat menjadi seorang pendengar yang baik, bukan saja pujian tetapi juga kritikan dari customer Anda.

c. Terbuka kepada customer

Seorang customer akan semakin mempercayai Anda jikalau Anda dapat terbuka. Saat Anda melakukan kesalahan sekalipun, jangan takut untuk terbuka kepada customer Anda dan tunjukkan komitmen Anda untuk bertanggungjawab.  Bersikaplah terbuka dan apa adanya untuk menyampaikan setiap perubahan termasuk kebijakan-kebijakan yang kurang menguntungkan customer. Jadilah partner yang menyenangkan bagi customer Anda.

d. Konsisten

Konsisten merupakan salah satu faktor kuat yang dapat mempengaruhi kepercayaan customer. Ketika Anda dengan konsisten membangun komunikasi, memberikan servis dan meyakinkan customer Anda, hal ini akan membangun suatu kepercayaan yang semakin hari semakin kuat.

e. Biarkan customer Anda yang menilai

Setiap customer berhak untuk menilai siapa Anda dan bagaimana kualitas Anda sebagai seorang sales person dan produk yang Anda tawarkan.  Baik buruk penilaian terhadap Anda atau produk yang Anda jual bukan berdasarkan apa yang Anda katakan tetapi setiap customer berhak untuk menilai.

f. Jadilah teman bagi customer Anda

Setiap customer akan merasa nyaman bekerjasama dengan Anda ketika dia yakin bahwa Anda selalu berpihak kepadanya.

Jadi tidak susahkan untuk mendapatkan kepercayaan customer Anda? Mulailah membangun relationship dengan mereka dan dapatkan kepercayaan mereka.

Vindriani/Contributor/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x