Cara Menulis Rencana Penjualan (Bagian 2)

Rahasia Sukses Karir: Branding Diri Anda

(Business Lounge Journal-Marketing and Service)

Jika Anda ingin karier yang sukses, Anda perlu mengasah merek Anda. Merek pribadi dapat membantu Anda memisahkan diri dari bisnis dan karyawan lain.
Untuk mulai membangun merek pribadi Anda, fokuslah pada apa yang membuat Anda unik, dan ciptakan visi dan misi yang mendukung tujuan profesional Anda. Memiliki merek pribadi yang kuat dapat membantu Anda menunjukkan keahlian Anda kepada audiens dan memisahkan diri dari pesaing.
Artikel ini untuk pengusaha dan karyawan yang ingin belajar membangun merek pribadi.
Sementara bisnis bekerja keras untuk membangun merek mereka, banyak karyawan mereka tidak melakukan hal yang sama untuk diri mereka sendiri. Branding diri Anda secara efektif dapat membantu Anda membedakan diri Anda dan meningkatkan daya tarik Anda kepada calon pemberi kerja atau klien. Ini benar apakah Anda memulai bisnis Anda sendiri atau Anda berada di antara banyak karyawan di perusahaan Anda. Membangun merek pribadi Anda hampir selalu dapat membantu orang lain melihat nilai yang Anda bawa ke dunia profesional.

Apa itu merek pribadi (personal branding) ?
Merek pribadi seseorang adalah persepsi keseluruhan yang dimiliki orang lain tentang mereka. Pengalaman, citra publik, keahlian, dan pencapaian adalah semua elemen yang berkontribusi pada merek pribadi Anda. Strategi personal branding memungkinkan orang untuk secara jelas mendefinisikan potensi mereka dan memisahkan diri dari orang lain sambil menunjukkan kontribusi unik untuk tim, organisasi, industri, dan komunitas mereka.

Meskipun personal branding mungkin tampak mirip dengan promosi diri, sebenarnya tidak sama. Personal branding melibatkan pengidentifikasian kemampuan unik individu dan bagaimana kemampuan tersebut cocok dengan kemampuan anggota organisasi lainnya. Promosi diri, di sisi lain, dengan berani mempublikasikan pencapaian Anda untuk meningkatkan peluang pengakuan Anda.

Manfaat menciptakan merek pribadi
Ketika dijalankan secara strategis, personal branding dapat meningkatkan visibilitas dalam organisasi dan peluang kerja yang lebih baik. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengembangkan merek pribadi yang kuat.

1. Ini membangun kredibilitas Anda
Kualitas pekerjaan Anda dapat menjadi bukti kemampuan profesional Anda. Dengan kata lain, merek pribadi Anda adalah bukti kaliber karya yang Anda hasilkan. Misalnya, Anda memberi tahu klien potensial bahwa Anda adalah aset yang dapat diandalkan dan mengirimkannya ke situs web Anda. Di sana, mereka akan melihat kerja keras yang Anda lakukan dalam bisnis Anda dan hasil berkualitas yang dapat mereka harapkan dari bekerja sama dengan Anda.

2. Menampilkan Anda sebagai seorang ahli
Merek pribadi yang kuat mencerminkan keahlian Anda di bidang Anda. Ini berfokus pada solusi yang Anda bawa ke masalah klien dan apa yang mereka dapatkan dari berbisnis dengan Anda. Merek pribadi Anda berbicara sendiri sehingga Anda tidak perlu bekerja keras untuk meyakinkan klien tentang nilai Anda.

3. Ini membedakan Anda dari pesaing.
Karena merek pribadi Anda adalah tentang apa yang membuat Anda unik, hal itu dapat menunjukkan kepada orang-orang bagaimana Anda dan bisnis Anda berbeda dari pesaing. Kekuatan Anda mungkin menjadi titik lemah bisnis lain. Merek pribadi yang menyoroti keunggulan kompetitif Anda dapat membedakan Anda dari perusahaan lain, bahkan perusahaan dengan produk atau layanan serupa.

4. Ini menunjukkan nilai Anda kepada orang lain.
Merek pribadi Anda dapat membantu membentuk koneksi pelanggan dengan bisnis Anda. Itu juga dapat menghubungkan orang-orang dengan siapa Anda di luar pekerjaan yang Anda lakukan. Merek Anda menyoroti kepribadian, hasrat, dan motivasi Anda sehingga calon pelanggan dapat melihat dan memahami pekerjaan Anda. Ini memberi mereka pengalaman, bukan hanya produk atau layanan yang lengkap.

Merek pribadi yang kuat dapat menonjolkan keahlian Anda di bidang Anda dan membantu membedakan Anda dari pesaing.

Bagaimana membangun merek pribadi
Di bawah ini adalah beberapa langkah untuk membantu Anda membangun merek yang kuat yang paling mencerminkan pekerjaan atau bisnis Anda.

1. Identifikasi apa yang membuat Anda unik
Merek pribadi Anda harus didasarkan pada diri Anda yang paling otentik, jadi pikirkan tentang apa yang membuat Anda menjadi diri Anda. Sajikan gambar yang muncul secara alami bagi Anda. Orang sering dapat menangkap – dan kemudian menghindari – merek pribadi yang mereka anggap palsu atau tidak jujur.

Jangan mencoba meniru merek orang lain dan menjadikannya milik Anda. Alih-alih, gali aspek diri Anda yang paling Anda kagumi. Pertimbangkan keterampilan, hasrat, minat, nilai inti, dan pengalaman Anda. Sekilas, mereka mungkin tidak tampak istimewa bagi Anda. Namun, begitu Anda menggabungkannya, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang paket yang dapat Anda sajikan kepada audiens Anda.

2. Asah visi Anda
Setelah Anda mengidentifikasi bagian inti dari merek Anda, fokuslah pada elemen yang akan mewujudkan ide Anda. Mulailah dengan visi Anda – arah yang Anda inginkan untuk membawa merek Anda.

Ketika Anda memikirkan merek Anda pada titik kesuksesan tertinggi, pemikiran apa yang muncul di benak Anda? Apakah Anda melihat diri Anda menginspirasi para eksekutif bisnis di seluruh dunia untuk mencapai potensi terbesar mereka? Mungkin Anda ingin membantu perusahaan membentuk hubungan pribadi dengan klien mereka untuk mendorong penjualan rekaman. Masukkan ini ke dalam merek pribadi Anda.

3. Tentukan misi Anda
Misi merek Anda adalah bagaimana Anda merencanakan untuk mencapai visi Anda. Ini menyatakan apa yang ingin Anda capai dan apa yang akan mendorong operasi dan tindakan sehari-hari Anda. Misalnya, misi Anda mungkin membantu bisnis merampingkan proses manajemen proyek mereka sehingga mereka dapat secara konsisten memberikan produk yang luar biasa kepada klien. Apa pun misi Anda, itu harus disesuaikan untuk membantu Anda mencapai sasaran terbesar merek Anda.

4. Buat situs web pribadi
Bahkan jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan, Anda dapat membuat situs web yang sesuai dengan bakat dan keahlian pribadi Anda. Situs web Anda juga dapat berfungsi sebagai resume untuk pekerjaan Anda. Jelaskan layanan utama Anda, spesialisasi Anda, dan apa yang membuat Anda atau bisnis Anda unik. Sebuah situs web juga dapat membuka pintu ke beberapa peluang freelance yang dapat Anda ambil untuk lebih mengembangkan keterampilan Anda.

Jika Anda seorang pengusaha, situs web sangat penting untuk bisnis Anda. Situs web Anda menunjukkan kepada pelanggan apa yang diharapkan dari bisnis Anda. Pastikan situs Anda tertata dan representasi yang baik dari gambar yang Anda tuju.

5. Konsisten
Mengenai personal branding, konsistensi adalah kuncinya. Tetap berpegang pada visi, hasrat, keahlian, dan bagian inti lainnya dari merek Anda yang Anda identifikasi selama langkah awal membangun merek Anda. Dengan cara ini, orang dapat lebih mudah mengenali merek Anda dan membedakannya dari yang lain.

Konsistensi berlaku untuk segala hal mulai dari perpesanan Anda hingga nada Anda, font dan warna teks situs web, slogan, dan kualitas pekerjaan Anda. Menetapkan kebiasaan yang konsisten sejak dini dapat membantu Anda menciptakan merek yang kuat dan dapat diidentifikasi.

Mengidentifikasi visi dan misi untuk pekerjaan atau bisnis Anda dapat membantu Anda menetapkan landasan untuk membangun merek pribadi Anda.

Menciptakan merek yang jelas dan terarah
Dengan beberapa langkah yang disengaja, Anda dapat membangun merek pribadi yang merupakan cerminan jelas dari pekerjaan Anda dan nilai yang Anda berikan. Saat Anda membangun merek, jangan berkecil hati jika pada awalnya Anda kesulitan membangun sesuatu yang bermakna atau asli. Luangkan waktu Anda untuk menemukan merek pribadi yang paling sesuai dengan ide Anda tentang masa depan pekerjaan Anda. Pada waktunya, Anda akan menemukan dan mengembangkan merek yang sepenuhnya mengekspresikan kepribadian dan keahlian Anda.