(Business Lounge – Services) – Saya menjadi salah satu anggota MLM dari sebuah produk kecantikan. Sekalipun saya termasuk anggota yang kurang aktif, namun saya tidak pernah ketinggalan informasi baik mengenai produk baru dari MLM tersebut, program discount dan event-event yang sedang berlangsung, karena setiap bulan saya selalu menerima kiriman majalah dari MLM tersebut yang berisikan segala informasi bahkan juga termasuk tips kesehatan dan kencantikan.
Setiap bulan tanpa sengaja saya menantikan akan edisi baru dari majalah tersebut dan kadang kala dari informasi yang disampaikan melalui majalah tersebut, saya menjadi tertarik untuk mencoba produk baru atau karena ada promosi atau hadiah yang diberikan saya tertarik untuk membeli produk yang ada.
Majalah merupakan salah satu media komunikasi antara perusahaan dan pelanggannya. Ada 4 hal yang perlu diingat dalam memaksimalkan komunikasi dengan nasabah atau target market, yaitu :
1. Mengembangkan Informasi atau pesan kepada pelanggan
Usahakan untuk selalu memberikan informasi mengenai produk, promosi, tips atau paket discount kepada pelanggan anda, bahkan anda bisa juga memberikan informasi mengenai sejarah perusahaan, program-program bagi para pelanggan setia anda, dan lain sebagainya. Dengan demikian pelanggan selalu ter-update dengan perusahaan atau produk yang anda pasarkan. Pesan atau informasi tersebut dapat disampaikan melalu berbagai cara, antara lain dengan cara:
• Newsletter
• Email
• Web site
• SMS
• Brochure
• Surat
• Undangan
• Artikel
• Majalah
• Mengirim surat
2. Membuka Saluran Komunikasi melalui Event dan Networking
Kategori kominikasi ini lebih dekat dan personal sifatnya, hanya antara anda dan pelanggan atau potensial klien. Event atau networking dalam bentuk:
• Lunch
• Launching produk atau paket discount
• Nonton bareng (bila ada event piala dunia)
• Gathering Nasabah
• Perlombaan olah raga seperti bulu tangkis, foot shall, dsb
• Entertainment event
3. Mendapatkan Informasi / Feedback dari Pelanggan atau Klien
Sarana untuk mendapatkan informasi / Feed Back dari Pelanggan selain melalui event atau networking di atas, sarana lain adalah melalui :
• Survey dan questionnaire (survey kepuasan pelanggan, produk baru, dll)
• Test program atau produk baru
• Menulis testimony dari Pelanggan
• Meminta feedback pelanggan mengenai pengembangan baru
4. Komunikasi yang berkesinambungan
Mengadakan sekali event atau melakukan komunikasi sekali saja tidak cukup karena tidak akan membangun hubungan apa-apa antara anda dan pelanggan anda. Bila suatu informasi disampaikan hanya sekali dan kemudian berhenti, jangan harapkan pelanggan anda akan mengingatnya terus. Karena itu jangan berhenti untuk membangun terus komunikasi dengan pelanggan atau klien. Komunikasi harus berkesinambungan.
Jangan berhenti bila sudah menyampaikan informasi atau membuat event atau melakukan survey maka lanjutkan terus komunikasi anda dengan pelanggan dengan cara:
• Mengirim ucapan terima kasih
• Mengirim ucapan selamat
• Mengirimkan informasi atau liputan mengenai event yang sudah diadakan
• Follow up survey
• Follow up mengenai lauch produk
• Kirimkan newsletter, brosure secara rutin
• Menelpon mereka sekali-sekali dan menanyakan kabar mereka
Ke-4 hal tersebut di atas harus terus berjalan sebagai sebuah lingkaran yang tidak pernah putus.
(Elfi Manao/IC/bl-md)
pic : duniatraining.com