(Businesslounge Journal-Marketing & Service) Setiap bisnis perlu memberikan layanan pelanggan yang baik untuk menghindari kehilangan mereka. Layanan pelanggan yang tidak dapat diandalkan, tidak membantu, atau sulit dihubungi dapat menjadi salah satu faktor yang membuat pelanggan menjauh dari perusahaan Anda. Inilah mengapa Anda perlu meningkatkan keterampilan layanan pelanggan Anda, karena keterampilan ini membuat Anda lebih bernilai sebagai karyawan dan membantu menciptakan pelanggan yang loyal.
Dalam artikel ini, kami membahas apa itu layanan pelanggan dan memberikan tips praktis yang dapat Anda gunakan untuk menawarkan layanan pelanggan yang baik secara konsisten.
Apa itu layanan pelanggan?
Layanan pelanggan adalah tindakan yang dilakukan perusahaan untuk mendukung calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada. Layanan pelanggan dapat terjadi sebelum, selama, atau setelah proses pembelian. Layanan ini dapat dilakukan secara langsung atau melalui email, panggilan telepon, pesan, dan media sosial. Ada juga contoh di mana perusahaan membuat dokumentasi atau platform yang meningkatkan dukungan mandiri. Layanan pelanggan yang baik berarti melampaui harapan pelanggan dengan mengikuti praktik terbaik yang membuat mereka merasa senang.
Mengapa layanan pelanggan penting?
Layanan pelanggan yang baik meningkatkan pendapatan dan retensi pelanggan. Ini karena layanan tersebut memberikan perasaan nilai dan penghargaan kepada pelanggan yang selaras dengan tujuan dan sasaran perusahaan. Semakin bahagia Anda membuat pelanggan Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan membeli dari Anda.
10 cara untuk memberikan layanan pelanggan yang baik secara konsisten
Meningkatkan keterampilan layanan pelanggan Anda akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan yang loyal kepada Anda dan organisasi Anda. Berikut adalah 10 cara terbukti yang dapat Anda gunakan untuk memberikan layanan pelanggan yang baik:
1. **Kenali produk Anda**
Anda harus mengetahui setiap detail tentang produk Anda sebelum mendekati calon pelanggan. Ini mencakup keyakinan terhadap manfaat produk tersebut. Ketika Anda benar-benar percaya pada produk, Anda membicarakannya dengan antusias dan wawasan saat menjelaskan fitur-fiturnya. Ini memungkinkan Anda berinteraksi dengan baik dengan pelanggan karena mereka dapat membayangkan manfaat yang dapat mereka peroleh dari produk tersebut.
Tugas Anda adalah membantu pelanggan Anda menghargai semua nilai yang bisa mereka peroleh dari pembelian mereka. Ini termasuk mengetahui detail produk yang akan dihargai pelanggan. Anda dapat, misalnya, mengingatkan mereka tentang pembaruan terjadwal bahkan setelah mereka melakukan pembelian.
2. **Pertahankan sikap positif**
Sikap Anda menentukan banyak hal tentang perilaku Anda dan, ketika positif, dapat sangat berkontribusi pada interaksi pelanggan yang positif. Anda bisa menenangkan pelanggan yang memiliki pengalaman buruk dengan produk Anda dan meyakinkan mereka ketika Anda memiliki sikap yang tepat. Sikap ini juga ditentukan oleh cara Anda berbicara, termasuk nada suara dan kata-kata, saat Anda tidak berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Anda dapat menggunakan hal-hal seperti emoji untuk menyampaikan humor dan kehangatan dalam percakapan tertulis, yang terkadang membatasi penggunaan dan pemahaman nada suara.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)