Lukisan di Bali ditawar 25.000 Rupiah, Marah Gak?

(The Manager’s Lounge – Service & CRM) Keramahan memang merupakan bagian penting dari service. Tidak percaya? Buktinya lihat saja Bali. Tak heran kalau kota wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh turis, baik turis mancanegara maupun turis lokal. Salah satu alasannya tak lain adalah karena keramahan penduduknya dalam memperlakukan turis.

Soal itu, saya ada cerita mengenai rekan saya yang sedang berkunjung di suatu tempat penjualan lukisan di Bali. Disana semua lukisan terpampang dengan indahnya dengan harga yang bervariasi, ada yang 100.000 Rupiah, 200.000 Rupiah dan lainnya. Soal lukisan, kita semua pasti tahu sekali bahwa lukisan seperti itu harganya sama sekali tidaklah murah, apalagi memperhitungkan segala biaya-biaya yang ada, seperti cat, kanvas, dan sebagainya.

Nah, cerita berlanjut ketika tiba-tiba ada turis yang menawar dengan harga yang sangat murah, yaitu hanya 25.000 Rupiah. Wah, mendengar hal seperti itu, rekan saya merasa ingin marah karena harga tersebut benar-benar tidak realistis. Tetapi, diluar pemikiran rekan saya, ternyata penjual itu hanya menjawab : “Terima kasih Pak”. Wah, langsung saja rekan saya menjadi bingung dan bertanya mengapa penjual tersebut tetap bisa bersikap ramah terhadap calon pembeli yang bisa dikategorikan “menyebalkan” itu. Penjual itu dengan rendah hati menjawab “Ya tidak apalah Pak, mungkin orang itu tidak mengerti karya seni, jadi ya bisa jadi dia bertanya seperti itu.”Mendengar pernyataan penjual tersebut, rekan saya langsung heran. Ia lalu menjelaskan, itulah sebabnya Bali selalu ramai dengan turis. Salah satu faktor pendukungnya adalah keramahannya.

Nah, dari cerita diatas, kita bisa mengetahui bahwa keramahan merupakan contoh nyata dari service yang baik. Jika kita bersikap ramah, maka orang lain akan merasa bahwa service yang kita berikan sangatlah memuaskan. Terlebih dari itu, kita juga bisa mendapatkan repeat order atau pemesanan berulang kali atas produk yang kita hasilkan, karena kita telah memberikan service yang memuaskan karena keramahan kita. Dengan kepuasan yang diperoleh klien terhadap service kita, sudah pasti kita juga bisa meningkatkan keuntungan dalam melakukan penjualan karena kepuasan dalam service sangat mendorong klien untuk menjadi semakin loyal kepada kita dan melakukan pembelian berulang kali terhadap produk atau jasa yang kita hasilkan.

Jadi, mulailah dengan keramahan..karena keramahan adalah bagian penting dari service..

Fadjar Dewantoro/LM/TML

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x