(Businesslounge Journal-Marketing & Service)
Kita akan lanjutkan membahas beberapa cara untuk meningkatkan keterlibatan media social yaitu sebagai berikut:
2. Melakukan giveaway. Lakukan giveaway hadiah kecil yang mengharuskan pengguna untuk menandai teman mereka di pos Anda. Lebih banyak orang akan tiba di halaman Anda, dan keterlibatan akan meroket.
3. Memposting ulang konten. Selain itu, pertimbangkan untuk memposting ulang konten pelanggan, seperti foto atau video produk atau layanan Anda. Misalnya, jika pelanggan setia memposting foto dirinya mengenakan pakaian dari toko e-commerce Anda, minta izin untuk membagikannya di akun Instagram Anda. Gerakan kecil seperti ini akan membantu Anda terhubung dengan audiens Anda.
10. Berinvestasi dalam pemasaran konten.
Pemasaran konten mencakup posting blog, webinar, e-book, video, dan saluran lain yang memposisikan Anda sebagai ahli dalam industri Anda. Konten Anda harus bernilai bagi pelanggan target Anda dan menyertakan informasi yang tidak dapat mereka peroleh dari orang lain. Dengan kata lain, sesuaikan konten Anda dengan kebutuhan audiens Anda sambil menyuntikkan suara merek Anda.
Jika Anda harus memilih satu bentuk pemasaran konten untuk dikejar, pilihlah video. Konten tertulis tidak diragukan lagi berguna, tetapi hari ini, video mengungguli tujuan pemasaran konten, dan mereka akan terus menjadi salah satu strategi pemasaran konten yang paling sering digunakan. Karena otak manusia memproses visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks, jauh lebih mudah bagi orang untuk mengingat informasi visual daripada informasi yang sama dalam bentuk tertulis. Itulah mengapa video pemasaran menjadi hal yang populer sekarang untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.
Streaming langsung video adalah alat pemasaran yang ampuh yang menawarkan pelanggan dan prospek jendela ke merek Anda dan orang-orang yang terlibat dalam bisnis Anda.
Manfaat membangun strategi keterlibatan pelanggan
Membangun strategi pemasaran keterlibatan pelanggan sangat penting untuk menciptakan hubungan yang langgeng dengan audiens Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari membangun strategi keterlibatan pelanggan:
Anda menciptakan hubungan pelanggan yang lebih dalam. Strategi keterlibatan pelanggan membantu menciptakan pelanggan setia dan berdedikasi untuk mendukung merek Anda. Keterlibatan pelanggan bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan untuk menciptakan hubungan pribadi yang mendalam dengan merek. Pelanggan perlu merasa dihargai dan dihargai lebih dari sekadar uang yang mereka keluarkan. Merek yang menunjukkan bahwa mereka berdedikasi pada kebutuhan pelanggan mereka akan dihargai dengan pelanggan setia yang terlibat.
Anda membedakan bisnis Anda. Selain itu, keterlibatan pelanggan membantu membedakan bisnis Anda dari orang lain di industri Anda. Membangun strategi keterlibatan pelanggan sangat penting karena inilah yang memberi merek Anda keunggulan dibandingkan pesaing. Anda harus ingat bahwa merek Anda memiliki kehidupannya sendiri, dan jika itu memiliki dampak positif pada pelanggan Anda, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih banyak bisnis. Untuk perusahaan kecil, strategi keterlibatan pelanggan yang positif dapat menghasilkan rujukan yang lebih tinggi dari mulut ke mulut.
Contoh keterlibatan pelanggan
Pertimbangkan contoh kampanye keterlibatan pelanggan yang sukses berikut ini. Gunakan mereka sebagai inspirasi saat Anda membangun strategi keterlibatan pelanggan Anda.
IKEA Kreativ. Alat Kreativ realitas campuran IKEA memungkinkan pelanggan menggunakan iPhone mereka untuk memindai ruang hidup mereka dan memasukkan potongan IKEA ke dalam gambar dalam skala besar. Ini adalah gambar 3D yang hampir nyata tentang bagaimana perabotan IKEA terlihat di mana saja. Alat ini membantu pelanggan mencapai tampilan dan kesesuaian khusus sebelum mereka membeli barang, mengangkutnya pulang, dan merakitnya. Kreativ dapat menginspirasi pelanggan untuk membeli dan mencegah pengembalian (dan niat buruk) sambil menciptakan proses yang mulus untuk menambahkan item ke keranjang atau daftar belanja. Dan, tentu saja, pelanggan akan membagikan hasil mereka di media sosial.
Malam tema Major League Baseball. Tim MLB menyelenggarakan Malam Komunitas dan Malam Bertema, seringkali dengan tema yang tidak terkait dengan bisbol. Community Nights mengakui kontributor komunitas seperti guru, veteran, dan responden pertama. Malam Komunitas lainnya menyoroti bintang bisbol saat ini atau masa lalu. Theme Nights termasuk Shakespeare, boy band, Margaritaville, Star Wars dan tema lain yang menarik beragam penggemar ke stadion baseball itu. Promosi ini sering kali menyertakan hadiah yang menampilkan nama dan tema tim. Mereka juga terkadang menyertakan konser pasca pertandingan atau acara lainnya. Promosi MLB menarik penggemar yang mungkin tidak menghadiri pertandingan, dan mereka memberikan kesempatan lain bagi pelanggan untuk memposting tentang produk dan pengalaman.
Bagikan Coke. Siapa yang tidak ingat #ShareACoke? Kampanye ini mengganti logo pada botol Coke dengan 250 nama. Karena kampanye tersebut terasa sangat personal bagi pelanggan, kampanye tersebut menarik perhatian orang-orang di seluruh negeri. Pelanggan membeli botol untuk teman dan orang yang mereka cintai, mengambil foto untuk dibagikan secara online, dan membeli minuman dengan nama mereka untuk ikut bersenang-senang.
Merek besar sering membuat kampanye keterlibatan pelanggan. Meskipun mereka tidak selalu secara langsung mendorong penjualan, mereka biasanya membangun loyalitas pelanggan.
Alat keterlibatan pelanggan
Banyak saluran dan alat yang dapat membantu Anda meningkatkan keterlibatan pelanggan, termasuk yang berikut:
Obrolan langsung. Memanfaatkan praktik terbaik obrolan langsung dapat secara dramatis meningkatkan layanan dan keterlibatan pelanggan. Untuk toko online, live chat bisa menjadi keuntungan besar. Alih-alih menjelajahi situs web Anda dalam diam, pengunjung dapat diundang untuk mengobrol dengan perwakilan layanan pelanggan, yang dapat memulai dialog di mana keterlibatan dapat dipelihara. Pelanggan menyukai obrolan langsung karena nyaman dan menghemat waktu mereka.
Jaringan sosial. Media sosial adalah saluran keterlibatan pelanggan yang penting serta alat untuk menghasilkan prospek baru. Kehadiran media sosial Anda akan membuat Anda tetap relevan dan terhubung dengan audiens Anda.
Platform pesan. Aplikasi seperti Facebook Messenger, dan bahkan perpesanan SMS (teks), adalah investasi yang sangat baik karena mereka memastikan pelanggan dapat menghubungi Anda jika mereka membutuhkan bantuan.
Chatbot. Chatbots menawarkan panduan saat perwakilan layanan pelanggan manusia tidak tersedia. Menawarkan chatbot akan meningkatkan profesionalisme Anda dan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menghargai waktu dan perhatian mereka.
Analisis situs web. Memantau analisis web akan membantu memandu taktik keterlibatan pelanggan Anda, karena Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak.
Surel. Email adalah alat pemasaran dan layanan pelanggan yang penting. Lihat ulasan kami tentang perangkat lunak pemasaran email terbaik untuk mengevaluasi solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
Aplikasi seluler sistem telepon. Aplikasi seluler sistem telepon dapat menyederhanakan komunikasi pelanggan dengan menghubungkan penelepon langsung ke karyawan meskipun mereka jauh dari meja mereka.
Buat rencana untuk mendapatkan – dan mempertahankan – pelanggan terlibat
Keterlibatan pelanggan adalah elemen penting dari rencana pemasaran Anda. Ini berarti membangun basis pelanggan setia yang kembali yang ingin berbagi merek Anda dengan orang lain. Dengan menggunakan kiat-kiat ini, Anda dapat membuat cara yang dipersonalisasi untuk membuat pelanggan Anda merasa dihargai dan diinvestasikan dalam merek Anda cukup untuk terlibat lebih dari satu pembelian.