(Businesslounge Journal-Leadership)
Kepemimpinan yang efektif tidak datang dengan mudah, dan dibutuhkan para profesional untuk mengembangkan perilaku kepemimpinan untuk membimbing dan menginspirasi tim. Jika Anda seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan atau ingin mengambil peran kepemimpinan, mengetahui dan memahami prinsip-prinsip kepemimpinan sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Prinsip-prinsip ini adalah kerangka tindakan yang Anda ambil untuk mencapai hasil yang diinginkan bagi organisasi. Dalam artikel ini, kami menjawab pertanyaan ‘Apa yang dimaksud dengan prinsip-prinsip kepemimpinan?’ dan menjelaskan 12 prinsip kepemimpinan umum yang penting bagi para profesional manajemen.
Apa prinsip kepemimpinan?
Untuk menjawab ‘Apa itu prinsip-prinsip kepemimpinan?’, berikut ini 12 prinsip penting untuk membantu tim Anda mencapai tujuan bersama:
1. Memimpin dengan memberi contoh
Manajer, pemimpin, dan penyelia yang baik memimpin dengan memberi contoh. Mereka mendemonstrasikan cara melakukan tugas, berperilaku, dan bekerja dalam organisasi, sehingga menginspirasi tim untuk melakukan hal yang sama. Mereka juga mencontohkan perilaku yang baik untuk memotivasi dan mendorong profesional lain untuk meningkatkan kinerja mereka di tempat kerja. Ketika pemimpin tidak berkomitmen terhadap peran mereka atau visi perusahaan, sulit bagi mereka untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai seorang pemimpin, penting untuk mewujudkan misi dan visi organisasi, memastikan orang lain mempunyai keyakinan terhadapnya.
2. Mengambil tanggung jawab
Pemimpin yang sukses membuat kesalahan dan mengakuinya. Mereka memahami bahwa tidak ada orang yang sempurna dan berusaha untuk meningkatkan dan berbuat lebih baik dalam segala aspek untuk mencapai tujuan bersama. Dengan mengambil tanggung jawab, mereka menunjukkan kepada tim bahwa tidak masalah jika mengakui kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka sebagai profesional. Hal ini menumbuhkan kepercayaan antara pemimpin dan timnya, menciptakan hubungan yang bermakna untuk kolaborasi proyek. Pemimpin yang hebat juga membantu memperbaiki kesalahan mereka demi kebaikan perusahaan. Mereka mengidentifikasi kesalahan mereka dan mengembangkan solusi yang dapat membantu meminimalkan dampaknya.
3. Mendengarkan secara aktif
Para pemimpin hebat mengetahui pentingnya komunikasi yang efektif dalam lingkungan kerja untuk berkolaborasi, membangun koneksi, dan memelihara interaksi. Pemimpin yang baik selalu berusaha mendengarkan dan memahami sudut pandang orang lain tanpa bias dan prasangka. Ini membantu mereka mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari tim mereka. Sebagai seorang pemimpin, membuat tim Anda merasa didengarkan dan dihargai sangatlah penting. Validasi pendapat dan pemikiran mereka, dan jangan mengambil keputusan tanpa masukan dari tim Anda.
4. Berinovasi
Inovasi adalah kunci kesuksesan seorang pemimpin, sehingga sangat penting bagi para profesional manajemen untuk menjadi kreatif dan berpikir out of the box. Tim mengharapkan para pemimpin untuk berpikir proaktif dan membantu mereka memahami tujuan yang lebih besar dan jangka panjang. Mereka mencari pemimpin yang mempersiapkan masa depan dan memahami tren dan perubahan yang penting bagi keberhasilan suatu proyek atau tugas. Baik Anda bekerja di industri yang bergerak cepat atau lambat, Anda mungkin ingin mempelajari tren teknologi dan inovasi untuk menggunakannya dalam bisnis dan menginspirasi tim.
5. Berkomunikasi
Para pemimpin yang sukses tahu bahwa komunikasi yang terbuka dan jujur adalah ciri kepemimpinan yang baik. Dengan komunikasi terbuka, tim memahami dengan tepat apa dan kapan harus dilakukan serta mengetahui tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada mereka. Hal ini menghilangkan segala kebingungan yang dapat menyebabkan penundaan proyek dan kesalahan yang merugikan. Komunikasi yang baik juga membantu menjernihkan kesalahpahaman dan konflik di antara anggota tim, meningkatkan kolaborasi dan kerja tim. Seorang pemimpin yang berkomunikasi secara efektif membantu tim merasa lebih percaya diri untuk berbicara dengan mereka tentang kekhawatiran dan permasalahan. Inilah cara Anda dapat berkomunikasi secara terbuka sebagai seorang pemimpin:
-mengkomunikasikan informasi, ide dan pemikiran dengan jelas dan sering
-bersikap langsung ketika berbicara
-sederhanakan pesan Anda untuk memastikan orang memahami apa yang ingin Anda katakan
-mempunyai pikiran terbuka untuk mendengarkan ide orang lain
-selalu menepati janji
-jujur
6. Menerima perubahan
Para pemimpin yang hebat tahu bahwa perubahan tidak bisa dihindari di tempat kerja dan membantu tim menerima perubahan dengan sepenuh hati. Mereka tidak mengeluh ketika perubahan terjadi namun lebih fokus pada kemungkinan-kemungkinan baru untuk pertumbuhan dan perbaikan yang menyertai perubahan. Memiliki kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan sebagai seorang pemimpin sangat penting untuk memimpin dengan memberi contoh dan memotivasi tim Anda untuk mengikutinya. Hal ini menguntungkan organisasi, memastikan tim mencapai tujuan bersama untuk kesuksesan bisnis.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)