(Business Lounge Journal – Marketing and Service) Bagaimana pencapaian penjualan Anda setelah melewati semester pertama tahun ini? Sudahkah mencapai target?
Tidak dapat dipungkiri bagaimana pentingnya memiliki data dalam dunia marketing. Bukan sekedar data tetapi juga data yang benar. Sebab pada saat Anda akan memulai sebuah penjualan, maka dapat dipastikan pertanyaan pertama yang akan muncul di dalam benak Anda adalah kepada siapa Anda akan menjual produk yang Anda miliki.
Hal pertama yang dapat Anda harapkan adalah internet yang memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia. Saya yakin bahwa Anda pernah menerima email dari seseorang yang tidak Anda kenal, memberikan penawaran-penawaran. Lalu dari mana ia mendapatkan alamat email Anda? Internet adalah jawabannya. Sekali Anda pernah meng-input alamat email Anda di dunia maya, maka jangan heran jika kemudian data tersebut dapat diakses oleh mereka yang bahkan berada di belahan bumi lainnya.
Sekarang terlepas dari data seperti apa yang Anda miliki hari ini, mari mulai mencoba untuk mengelola data Anda dengan baik untuk meningkatkan penjualan.
Gunakan Data Tahun Terakhir
Ini tentu saja merupakan data yang paling update yang Anda miliki. Lakukan analisa pada data terakhir Anda. Lakukan identifikasi manakah yang sudah menghasilkan deal, manakah yang status terakhirnya hot prospect, dan manakah yang prospect. Anda dapat memulainya kembali dari sana dan berdasarkan data itu pulalah Anda dapat memulai aksi marketing Anda.
Kumpulkan Data si Kompetitor
Bermaksud untuk berbuat curang? Tidak ini bukan sebuah tindakan curang. Namun dalam sebuah kompetisi maka penting untuk bagi Anda untuk mengawasi kompetitor Anda. Tahukah Anda bahwa competitor Anda adalah sebuah buku yang terbuka. Anda dapat mengamati apa yang baik dan yang berhasil yang mereka lakukan dan apa yang salah yang membawa pada kegagalan. Tidak hanya itu, mengamati mereka akan membuat Anda mengerti siapa dan bagaimana kondisi pasar sesungguhnya.
Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan pertama kali adalah memeriksa sosial media mereka. Berapa dan apa yang mendapatkan banyak likes, shares, retweet, walaupun Anda harus juga bisa mengidentifikasi validitas data tersebut. Periksa juga website mereka serta bilaman terdapat link pada website lain. Hal ini sudah pasti akan menolong Anda untuk mengetahui hal yang sedang populer di pasar.
Data Anda adalah Sasaran Anda
Mulailah menjadikan data Anda sebagai sasaran Anda. Jika pada waktu yang lalu Anda pernah melakukannya dengan mengirimkan email masal kepada mereka yang ada pada data Anda dan tidak mendapatkan hasil, maka kini lakukanlah dengan lebih soft.
Seorang teman menceritakan strateginya pada saya untuk berjualan. Bilamana ia mengirimkan pesan mengenai sebuah informasi secara massal kepada mereka yang ada pada databasenya, maka sering kali ia tidak mendapatkan balasan apapun. Hingga kemudian ia mencoba untuk mengirimkan pesan dengan informasi awal yang tidak lengkap, maka serta merta ia mendapatkan balasan yang menanyakan informasi lebih detil. Hal ini menambah semangat sebab terjadi sebuah komunikasi.
Anda dapat meniru cara ini, dengan mulai mengirimkan hal-hal ringan dan yang menguntungkan. Misalnya dengan menawakan download gratis, informasi penting, mengirimkan e-book, bahkan menawarkan gift yang menarik. Lakukan secara bertahap. Hingga, kemudian Anda mengirimkan email yang keempat, maka Anda dapat mulai menawarkan produk Anda dan memberikan contact number yang dapat mereka hubungi jika mereka berminat untuk bertemu dengan Anda.
Ruth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group