Membawa Perusahaan Masuk Pasar Modal

(Business Lounge Journal – Manage Your Business) Banyak usaha perusahaan saat ini untuk masuk ke Pasar Modal, bahkan salah satu klien yang saya tangani menginginkannya di saat perusahaan belum beroperasi. Proses sebuah perusahaan untuk masuk ke dalam pasar modal tentunya memerlukan beberapa persiapan yang matang, agar ketika masuk ke pasar modal sudah cukup menarik bagi para investor. Hal-hal apakah yang perlu dipersiapkan agar keinginan perusahaan ini dapat terjadi?

Hal pertama yang perlu dimiliki perusahaan tentunya adalah long term business plan yang visioner dan didukung dengan struktur yang kuat. Biasanya endorsement yang diperlukan terdiri dari penetapan value proposition yang penting untuk meyakinkan para investor. Biasanya keberhasilan dari sebuah bisnis memang pada ketajaman menetapkan value proposition yang sesuai dengan keinginan pasar. Selanjutnya customer segmentation adalah elemen kedua yang akan dilihat oleh para calon investor sehingga mereka memutuskan untuk melakukan investasi. Bila segmen dari pelanggan ini ditentukan searah dengan value proposition maka akan menciptakan permintaan yang besar, dan memang akan sangat menarik sebab memberikan nilai keuntungan yang besar. Elemen ketiga yang menarik adalah bagaimana channels yang akan digunakan untuk mencapai segmen pelanggan yang dimaksud, dengan ketepatan jalur distribusi nilai kepada segmen pelanggan akan memudahkan bisnis. Elemen keempat yang menentukan business plan yang menarik adalah strategi customer relationship yang diperlukan untuk terus menerus menahan mereka sehingga menjadi pelanggan yang loyal. Tentunya semua proses ini akan turun pada key activities yang akan dilakukan selama periode menengah dan jangka panjang.

Elemen yang keenam menyusun business plan yang menarik bagi investor tentunya adalah siapa saja key resources & key partners yang akan terlibat dalam proses untuk menciptakan nilai yang telah ditetapkan. Apakah mereka berpengalaman, apakah mereka ini dapat dipercaya, tanpa tim yang kuat maka buat seorang investor semua elemen ini adalah hanya mimpi belakan yang tidak ada artinya sama sekali.

Paling utama dari penilaian investor pada akhirnya akan ada pada dua hal utama yaitu cost structures & revenue stream , meskipun saya sebutkan terakhir namun investor akan melakukan review terakhir justru pada hal ini. Melihat pentingnya faktor keuangan ini, biasanya investor akan melihat seluruh asumsi yang digunakan sebagai wujud dari elemen-elemen yang telah disebutkan di atas. Bila melebihi ekspektasi mereka tentulah menjadi pertimbangan untuk melakukan investasi.

Hal kedua yang dilihat oleh investor adalah pengalaman perusahaan dalam melaksanakannya, karena itu penting untuk tidak masuk pasar modal pada awal perusahaan berdiri, namun pada saat kinerja perusahaan mencapai puncaknya dan tengah dalam nilai perusahaan yang terus berkembang. Masih ada faktor-faktor yang lain yang perlu dipertimbangkan dalam mendorong perusahaan masuk dalam pasar modal, namun dua hal ini persyaratan dasar untuk bisa diterima oleh investor.

Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/VMN/BD/Regional Head-Vibiz Research Center

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x