Tips Membuat Segmentasi Pelanggan yang Efektif

(Business Lounge – Dominate the Market) Baik Anda sedang memulai usaha baru atau pun sedang menjalankan usaha yang sudah ada, mengetahui target pasar serta bagaimana untuk menjangkau mereka adalah hal yang harus Anda lakukan untuk meraih sukses. Terlepas dari kualitas produk Anda yang sudah baik maka penting bagi Anda untuk memikirkan bagaimana supaya produk Anda tersebut diketahui oleh para pelanggan. Dengan melakukan analisa segmen pasar, Anda dapat memfokuskan upaya marketing Anda pada calon pelanggan yang potensial, dengan demikian akan menghemat waktu serta biaya.

Customer segmentation adalah tindakan mengelompokkan pelanggan atau calon pelanggan berdasarkan variabel-variabel tertentu yang terkait dengan pemasaran.

Berikut  ada beberapa variabel yang dapat digunakan untuk melakukan customer segmentation:

1. Segmentasi Geografis

Melakukan segmentasi geografis artinya membagi pasar dalam unit geografis, seperti negara, daerah, negara bagian, kabupaten, kota, atau lingkungan. Sebuah perusahaan mungkin memutuskan untuk beroperasi pada satu atau beberapa daerah geografis atau memutuskan untuk beroperasi di semua daerah dengan memperhatikan perbedaan kebutuhan dan keinginan pelanggan secara geografis.

2. Segmentasi Demografi

Segmentasi demografi mencakup parameter seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, latar belakang pendidikan, agama, ras, generasi,  dan banyak lagi. Di antara empat segmentasi yang dibahas, segmentasi secara demografi adalah yang paling popular, hal ini disebabkan karena kebutuhan dan keinginan pelanggan serta tingkat pemakaian sering kali sangat berkaitan dengan variabel demografi. Alasan lainnya adalah variabel demografi relatif lebih mudah diukur dibandingkan dengan variabel lainnya.

3. Segmentasi Psikografis

Segmentasi Psikografis membagi pembeli berdasarkan kelas sosial, lifestyle, atau karakteristik kepribadian.  Pelanggan dalam kelompok demografi yang sama, bisa saja memiliki karakter psikografis yang berbeda. Produk yang dibeli oleh seseorang biasanya merefleksikan bagaimana gaya hidupnya, hal ini membuat marketer sering membagi pasarnya dan mendasarkan strategi marketing mereka menurut gaya hidup pelanggannya.

  • 4Segmentasi Perilaku

Segmentasi Perilaku membagi pembeli berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau tanggapan mereka mengenai suatu produk. Banyak marketer percaya bahwa variabel perilaku adalah titik permulaan yang terbaik untuk membangun segmen pasar.

Bagaimana membuat segmentasi pelanggan yang efektif:

1. Bagilah pasar dengan mengunakan variabel yang berarti dan terukur, berdasarkan empat variabel di atas.
2. Tentukan potensi keuntungan dari setiap segmen dengan menganalisis dampak pendapatan dan biaya dari setiap segmen.
3.Buatlah segmen target sesuai dengan potensi keuntungan mereka dan kemampuan perusahaan untuk melayani mereka.
4.Investasikan sumber daya untuk menyesuaikan produk, layanan, pemasaran dan program distribusi yang sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing segmen target.
5. Ukurlah kinerja dari masing-masing segmen dan sesuaikan pendekatan segmentasi yang sudah diambil dari waktu ke waktu sesuai dengan perubahan kondisi pasar.

Demikianlah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda terapkan.

Rebecca HayatiRebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x