(Business Lounge – Dominate The Market) – Why So Serious? Pasti Anda suka menemukan kalimat ini jika Anda suka melihat yang namanya 9GAG. Well, saya juga mengetahui awalnya dari saudara saya dan mencoba untuk membukanya. Dan ternyata memang benar, hampir semuanya lucu. Luar biasanya, 9GAG merupakan website yang luar biasa populer. Bahkan, ada yang tidak bisa melewati harinya tanpa membuka 9GAG.
Berkaca dari kesuksesan 9GAG, saya jadi berpikir, bahwa komedi atau lawak bisa menjadi suatu hal yang menghasilkan, apabila kita tahu di dalam mengemasnya. Sebenarnya, melihat 9GAG, sama seperti kita melihat website pada umumnya, namun dengan penyajian yang rapih, dan juga seseorang tidak “ditodong” untuk membacanya, melainkan justru dengan sendirinya terlarut di dalam kelucuan yang dibuat oleh 9GAG.
9GAG sebenarnya telah berhasil menciptakan kepuasan bagi para konsumennya, yaitu para pengguna internet di seluruh dunia yang sedang membutuhkan hiburan. Melihat dari teori Kotler & Keller (2007), kepuasan pelanggan adalah “perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan.”
Dikatakan, bahwa kepuasan pelanggan berarti bicara mengenai perasaan dari konsumen yang muncul setelah membuat perbandingan hasil produk dengan apa yang dipikirkan konsumen sebelumnya. Apa yang dipikirkan oleh konsumen, berarti sama dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Dan, sudah pasti di dalam dunia ini, humor menjadi salah satu kebutuhan manusia pada umumnya. Tentu saja, semua orang pasti menginginkan sebuah humor yang dapat menghibur. Namun, menghibur bukan sekedar dengan kata-kata, tetapi dengan kemasan menarik.
Nah, dalam hal ini, kalau dikatakan 9GAG telah berhasil menciptakan kepuasan pelanggan, dari sisi apakah 9GAG berhasil memenuhi harapan konsumen akan humor dengan kemasan menarik? Berikut yang bisa kita simak dan pelajari :
Tagline yang menarik konsumen
Tagline dari 9GAG yang bertuliskan “Why So Serious” sudah membuat orang mengerti, bahwa website ini bukanlah website yang sangat serius. Tetapi, tagline yang dituliskan sudah mampu memenuhi harapan pengguna internet akan suatu humor yang mereka ingin lihat untuk sekedar refreshing atau mencari bahan lelucon. Tagline yang dibuat sederhana saja, tetapi sudah bisa menggambarkan ciri khas dari website 9GAG tersebut, bahwa website tersebut adalah website berupa humor yang menarik masyarakat, dan bisa membuat orang sebentar rileks dari kesibukannya.
Kata-kata dalam website yang berisi humor yang persuasif
Coba kita perhatikan. 9GAG tidak menggunakan kata “Next” atau “Read More” yang mungkin sering kita jumpai dalam website lainnya. Tetapi, dalam hal ini 9GAG konsisten untuk memenuhi harapan pelanggan untuk humor, sampai tombol untuk melihat halaman selanjutnya pun dirancang dengan tulisan bernuansa humor yaitu “I want more fun”. Kalimat yang sangat persuasif tentunya, tidak memaksa konsumen untuk melihat halaman selanjutnya, tetapi bisa membuat orang penasaran dan ingin melihat halaman selanjutnya.
Tampilan website yang menarik konsumen
Tampilan dari website 9GAG bukan sekedar kumpulan tulisan humor belaka, melainkan juga dilengkapi dengan gambar yang menunjang humor tersebut. Hampir semuanya terlihat adanya gambar, tulisan dengan jenis font yang mendukung, dan juga tentunya tidak ketinggalan tulisan humor yang ada pada gambar tersebut. Website tersebut pun bisa dikatakan user friendly atau bersahabat dengan pengguna internet, sehingga semua pengguna internet bisa memanfaatkannya karena tidak sulit untuk mengakses maupun membaca isi humor di website tersebut.
Tidak “memaksa” konsumen untuk membaca
I’m serious about this! 9GAG tidak pernah terlihat ada unsur “memaksa” konsumen untuk membaca websitenya. Tetapi, dengan sebagian besar konten yang menarik, 9GAG berhasil menarik konsumen untuk membaca dan bahkan semakin penasaran dengan tulisan yang ada di website tersebut. Well, bahkan bukan hanya websitenya saja, social media dari 9GAG pun bisa dikatakan menarik pelanggan. Intinya, saya berani katakan bahwa website ini tidak pernah memaksa konsumen membaca, tetapi berusaha dengan sendirinya untuk memenuhi harapan konsumen. Sehingga, konsumen yang membaca website ini bukan karena “dipaksa”, tetapi karena merasa 9GAG telah berhasil memenuhi harapan konsumen untuk kebutuhan humor.
Humor yang bukan sekedarnya, tetapi terkadang memancing orang berpikir
Humor di 9GAG, kadangkala memang awalnya orang tidak bisa langsung mencerna, tetapi itupun tidak membuat orang jadi meninggalkan website tersebut, tetapi justru mencoba berpikir akan maksud dari humor tersebut. Itulah yang sebenarnya dikatakan humor tersebut memancing pelanggan untuk berpikir. Well, memang kalau membaca 9GAG harus juga mengerti pengetahuan umum. Dengan kata lain, 9GAG ini juga bukan sekedar humor ringan atau lelucon murahan, tetapi untuk orang intelek dan berkelas. Namun, konten yang ada di 9GAG adalah konten yang menarik dan berhasil memenuhi harapan akan kebutuhan konsumen yang menginginkan humor atau lelucon.
9GAG telah membuktikan, bahwa dengan berhasil memenuhi kepuasan pelanggan, maka hal itulah salah satu kunci sukses di dalam hal popularitas website, di tengah banyaknya website yang bersaing di dunia ini. Memang, 9GAG memiliki keunikan tersendiri dan mampu untuk menemukan dan memberikan kebutuhan yang dicari oleh manusia pada umumnya, yaitu humor. Dari sini kita bisa mengerti, bahwa kepuasan pelanggan, adalah salah satu kunci sukses yang penting dalam pemasaran, dan juga menaikkan popularitas dari website yang ada.
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL