Eight New, Breakthrough And Creative Sales Promotion Techniques

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Secara garis besar semua kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan terbagi menjadi 3 tujuan yaitu :

– Information Value, untuk membuat masyarakat tahu akan informasi yang ditawarkan
– Economic Value, untuk membuat masyarakat merasa lebih hemat jika membeli suatu produk barang atau jasa
– Emotional Value, untuk menggerakkan emosi masyarakat, sehingga masyarakat merasa senang atau penasaran terhadap produk yang dihasilkan

Dalam Acara Creative Sales Promotion dengan tema “The Secret of Achieving Top Sales Performance using EIGHT NEW, BREAKTHROUGH and CREATIVE SALES PROMOTION TECHNIQUES” tangggal 27 Juli 2007 yang diselenggarakan oleh OCTOBRAND dan OMG Creative Consulting dan diorganisir oleh MAVENS, dikembangkan delapan teknik Sales Promotion yang kreatif dan dapat meningkatkan hasil penjualan. Teknik tersebut diperoleh berdasarkan sharing pengalaman dari berbagai perusahaan.

1. Sales Promotion Through COMMUNITY
Untuk meraih hasil penjualan yang besar, maka produk tersebut harus dilemparkan dan ditawarkan kepada sebanyak-banyaknya orang atau komunitas.

Strategi untuk mendapatkan komunitas tersebut dapat dibagi dalam 2 cara :

– Membangun komunitas sendiri, dimana komunitas tersebut diperoleh dengan mengajak masyarakat bergabung dalam suatu komunitas yang memang belum pernah ada sebelumnya. Cara ini memang memerlukan waktu dan biaya yang lebih banyak, akan tetapi jika berhasil, maka dapat meningkatkan hasil penjualan. Contohnya adalah Indosat, yang mengadakan acara-acara seperti gathering untuk menjaring sebanyak mungkin komunitasnya.

– Memaksimalkan komunitas yg sudah ada, dimana perusahaan menggalang kerja sama dengan komunitas yang beranggota banyak dan loyal, sehingga saat produk ditawarkan dengan mencantumkan label komunitas tersebut, maka otomatis anggota komunitas tersebut pasti memakai produk tersebut. Contohnya adalah Kartu AS yang menggalang komunitas SLANK dengan menampilkan gambar group musik SLANK di kartu AS, maka banyak SLANKERS yang akhirnya memakai kartu AS tersebut.

2. Sales Promotion Through CO-BRANDING
Strategi ini adalah menjalin kerja sama dengan brand lain, dimana brand yang dipilih adalah brand yang bisa mengangkat brand kita, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil penjualan brand kita.

Contohnya adalah pada saat Air Asia melakukan Co-branding dengan Citibank, sehingga masyarakat yang sudah terlebih dahulu mengenal Citibank, menjadi mengenal Air Asia, maka hal tersebut meningkatkan brand image Air Asia, yang juga meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan Air Asia

3. Sales Promotion Through EMPLOYEE
Promosi dengan melibatkan karyawan sendiri juga merupakan strategi promosi yang baik, karena karyawan menjadi lebih tahu akan produk perusahaannya, yang akhirnya menjadi bangga dan loyal terhadap produk perusahaaanya sendiri.

Pada akhirnya semua karyawan akan mempromosikan dan menjual produk tersebut kepada masyarakat, termasuk keluarga, sanak saudara, kenalan dan teman-temannya diajak menjadi lebih loyal. Contohnya adalah pada saat hari valentine tanggal 14 Februari lalu, semua karyawan SPBU Shell turun ke lapangan untuk melayani customer.

4. Sales Promotion Through SPECIAL EVENT
Mengemas sebuah event atau program acara yang unik dan berbeda dengan competitor lain adalah strategi yang efektif juga, sehingga event ini akan menarik masyarakat lain untuk datang, karena mungkin saja mereka penasaran dan ingin tahu sesuatu yang berbeda yang ditawarkan.

Contohnya adalah Alfa Mart yang mengemas event yang unik yang melibatkan Tukul ikut mempromosikan produk Alfa Mart kepada masyarakat. Hasilnya sangat luar biasa dan bahkan mencapai sekaligus 2 tujuan yaitu economic value dan emotional value.

5. Sales Promotion Through IN-STORE MEDIA / RETAIL AMBIENCE
Masyarakat seringkali ingin tahu akan produk yang ditawarkan bukan hanya melihat saja, tapi juga dapat memegang, mendengar, mencium dan merasakan. Untuk mencapai hal itu maka mempromosikan produk dalam suatu toko adalah solusi yang tepat untuk memuaskan keinginan masayarakat tersebut.

Contohnya produk kacang, tentu orang tidak puas hanya melihat saja, mereka pasti ingin memegang apakah bentuknya besar atau kecil, mencium apakah wanginya segar dan membangkitkan selera atau tidak, juga merasakannya apakah enak atau tidak.

6. Sales Promotion Through RELIGIOUS ACTIVITIES
Strategi promosi ini adalah memanfaatkan waktu-waktu tertentu seperti acara rutin keagamaan, di mana pada saat tertentu itulah suatu produk sangat dibutuhkan dan dicari-cari, sehingga pasti produk yang dibutuhkan dan dicari-cari itu pasti laku untuk dijual.

Contohnya adalah Khong Guan, yang pasti dicari-cari karena menjelang lebaran atau natal masyarakat akan mencari kue-kue yang praktis dan bisa langsung disajikan untuk silaturahmi dengan keluarga dan handai taulan. Biasanya 2 minggu terakhir sebelum lebaran Khong Guan laku terjual.

Sama halnya juga dengan Promag, pada saat 2 minggu awal bulan puasa maka banyak orang membeli promag, karena pada saat itulah masa penyesuaian berpuasa, sehingga untuk berjaga-jaga dan menanggulanginya mereka membeli promag.

7. Sales Promotion Through BRAND ACTIVATION & MEDIA ENGAGEMENT
Dengan melakukan aktivasi suatu brand produk bahkan melalui media atau dikemas dalam berbagai kegiatan yang medukung, maka akan dapat menarik minat masyarakat untuk mencoba bahkan membeli produk tersebut.

Sebagai contoh, untuk menjual suatu produk kepada mahasiswa, maka dapat dibuat kontes atau perlombaan berhadiah dengan syarat misalnya mahasiswa harus membeli produk tersebut, sehingga para mahasiswa berlomba-lomba membeli produk itu untuk ikut dalam perlombaan tersebut.

Contoh lain adalah saat Pepsi mengeluarkan produk minuman khusus untuk pria, maka Pepsi membuat suatu acara lomba panco yang lawannya adalah wanita pegulat. Promosinya adalah dengan meminum Pepsi sebanyak-banyaknya, maka pasti akan dapat mengalahkan lawannya. Hal tersebut dapat memancing ego para pria, yang akhirnya mereka berlomba-lomba mengikuti acara tersebut, tetapi sebelumnya meminum dulu Pepsi tersebut.

8. Sales Promotion Through NON TARGET MARKET
Strategi promosi ini jarang dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan pihak-pihak yang tidak menjadi target market tapi dapat menjadi penentu dan yang dapat mempengaruhi pembelian suatu produk.

Contohnya adalah OSRAM, dimana untuk meningkatkan target penjualannya, maka OSRAM mengeluarkan produk yang hemat dan tahan lama serta bergaransi. Untuk mencapai hasil maksimal, maka OSRAM mempromosikannya dengan melakukan pendekatan kepada orang-orang di bagian finance suatu perusahaan, yang tentunya mereka akan mencari produk dengan harga semurah mungkin dan tahan lama dan dapat dibayar dalam jangka panjang. Maka saat OSRAM mempromosikan hal tersebut, orang-orang finance ini sangat tertarik dan mereka mengusulkan dan mengupayakan supaya perusahaan mereka membeli produk OSRAM tersebut.

Dengan pengembangan Delapan teknik Sales Promosi yang kreatif ini, maka diharapkan dapat menjadi solusi bagi berbagai perusahaan untuk mempromosikan produknya, yang pada akhirnya meningkatkan hasil penjualan yang memberikan keuntungan bagi perusahaan.

 

 

(Asido Situmorang/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x