Tips Pemasaran Yang Efektif

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Tips-tips untuk  pemasaran yang efektif  merupakan  strategi untuk bisnis dari berbagai bidang dengan tujuan  selain membuat keuntungan di pasar juga  meninjau bisnis tersebut  kapan diperlukan adanya suatu   perbaikan pada waktu yang tepat. Pengusaha di abad ke-21 haruslah   mengamati dan menganalisa strategi pemasaran yang digunakan dan  tingkat keterampilan dari tim pemasaran mereka dalam menjual produk atau jasa yang dipasarkan oleh bisnis tersebut. Diperlukan melakukan penelitian melalui survei untuk mengidentifikasi pasar, waktu dan alasan bagi kehadiran suatu produk baru.  Perusahaan harus  memahami apakah manfaat produk tersebut  bagi  pelanggan dan seberapa besar keinginan pelanggan  mencari  produk atau jasa tersebut.

Sebagai seorang pengusaha, sangat  penting untuk melihat  apakah  competitor juga  menyediakan produk atau jasa yang sama dengan yang bisnis anda tawarkan. Setelah itu  buatlah  sasaran yang tepat bagi pemasaran produk anda dan membuat identifikasi kelompok  pelanggan yang akan anda bidik.

Produk atau jasa layanan  yang diberikan oleh perusahaan anda haruslah  dapat masuk ke dalam pasar dan beradaptasi dengan pasar yang terpilih dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis anda. Penjualan / sales  dan kampanye promosi yang anda lakukan dapat dilakukan setelah anda menghitung harga yang tepat dari produk yang  anda tawarkan. Selain anda harus menghitung efektifitas dan .efisiensidari kampanye promosi maupun penjualan yang akan anda lakukan.

Diperlukan untuk  memantau kegiatan pemasaran secara teratur. dan mengidentifikasi tingkat kepuasan pelanggan.
Tip lain dari pemasaran yang efektif adalah  selalu menjaga / memaintain  pelanggan anda.  Ingatlah  bahwa  pelanggan merupakan  titik fokus dari setiap kegiatan usaha dari bisnis anda.

Seorang pelanggan yang puas nilainya sama dengan keuntungan, sebab dampak dari kepuasan pelanggan adalah akan didapatkan  keuntungan yang lebih besar
Selain itu anda perlu kembali menyusun  tim penjualan anda,  suapaya  tim penjualan anda  tidak hanya  berorientasi pada penjualan / sales saja, tetapi mengutamakan pelayanan bagi pelanggan

Pada masa ini, pelanggan lebih suka beroperasi dari dalam ruang pribadi dengan melakukan pembelian lewat telpon maupun internet. Karena itu perusahaan perlu mempertimbangkan perubahan-perubahan  bagi penjualan produknya kepada pelanggan. Perusahaan harus  berfokus pada kepuasana bagi pelanggan

Pemasaran yang efektif adalah mengatur semua anggaran secara efektif.. Karena  itu diperlukan pelatihan staf manajerial untuk  merencanakan dan mengalokasikan anggaran bagi semua kegiatan pemasaran yang dilakukan

Perusahaan harus mengenali akan  kekuatan tim salesnya, sebab tim sales merupakan “  mata dan telinga “  dari bisnis anda.  Sebab merekalah  yang berhadapan dengan pelanggan secara langsung sehingga mereka dapat mengetahui umpan balik, keluhan ataupun keinginan dari pelanggan anda.  Dan mereka yang akan mengenali pelanggan-pelanggan potensial anda. Hal ini akan membantu Anda untuk menjaga bisnis anda selaras dengan kekuatan-kekuatan pasar yang ada

 Strategi marketing yang efektif adalah perlunya untuk   memotivasi staf pemasaran dalam  mendukung  program penjualan dan selalu memberikan ide-ide inovatif dari produk-produk anda secara teratur.

Yang perlu anda pahami adalah setiap pelanggan adalah berbeda Sehingga  Anda perlu mengidentifikasi keinginan / kebutuhan  mereka.  Anda harus  memahami kebutuhan masing-masing kelompok..  pelanggan dan menganalisanya serta mengelompokkannya berdasarkan  segmen-segmen mereka. Diperlukan untuk  mengembangkan teknik pemasaran yang berbeda sehingga  dapat  menjangkau berbagai jenis pelanggan.
Dengan memerhatikan tip-tip pemasaran yang efektif diatas maka bisnis anda akan berkembang dan meraih keuntungan yang lebih lagi.

(Debbie Kusuma/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x