(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Tips-tips untuk pemasaran yang efektif merupakan strategi untuk bisnis dari berbagai bidang dengan tujuan selain membuat keuntungan di pasar juga meninjau bisnis tersebut kapan diperlukan adanya suatu perbaikan pada waktu yang tepat. Pengusaha di abad ke-21 haruslah mengamati dan menganalisa strategi pemasaran yang digunakan dan tingkat keterampilan dari tim pemasaran mereka dalam menjual produk atau jasa yang dipasarkan oleh bisnis tersebut. Diperlukan melakukan penelitian melalui survei untuk mengidentifikasi pasar, waktu dan alasan bagi kehadiran suatu produk baru. Perusahaan harus memahami apakah manfaat produk tersebut bagi pelanggan dan seberapa besar keinginan pelanggan mencari produk atau jasa tersebut.
Sebagai seorang pengusaha, sangat penting untuk melihat apakah competitor juga menyediakan produk atau jasa yang sama dengan yang bisnis anda tawarkan. Setelah itu buatlah sasaran yang tepat bagi pemasaran produk anda dan membuat identifikasi kelompok pelanggan yang akan anda bidik.
Produk atau jasa layanan yang diberikan oleh perusahaan anda haruslah dapat masuk ke dalam pasar dan beradaptasi dengan pasar yang terpilih dan menghasilkan keuntungan bagi bisnis anda. Penjualan / sales dan kampanye promosi yang anda lakukan dapat dilakukan setelah anda menghitung harga yang tepat dari produk yang anda tawarkan. Selain anda harus menghitung efektifitas dan .efisiensidari kampanye promosi maupun penjualan yang akan anda lakukan.
Diperlukan untuk memantau kegiatan pemasaran secara teratur. dan mengidentifikasi tingkat kepuasan pelanggan.
Tip lain dari pemasaran yang efektif adalah selalu menjaga / memaintain pelanggan anda. Ingatlah bahwa pelanggan merupakan titik fokus dari setiap kegiatan usaha dari bisnis anda.
Seorang pelanggan yang puas nilainya sama dengan keuntungan, sebab dampak dari kepuasan pelanggan adalah akan didapatkan keuntungan yang lebih besar
Selain itu anda perlu kembali menyusun tim penjualan anda, suapaya tim penjualan anda tidak hanya berorientasi pada penjualan / sales saja, tetapi mengutamakan pelayanan bagi pelanggan
Pada masa ini, pelanggan lebih suka beroperasi dari dalam ruang pribadi dengan melakukan pembelian lewat telpon maupun internet. Karena itu perusahaan perlu mempertimbangkan perubahan-perubahan bagi penjualan produknya kepada pelanggan. Perusahaan harus berfokus pada kepuasana bagi pelanggan
Pemasaran yang efektif adalah mengatur semua anggaran secara efektif.. Karena itu diperlukan pelatihan staf manajerial untuk merencanakan dan mengalokasikan anggaran bagi semua kegiatan pemasaran yang dilakukan
Perusahaan harus mengenali akan kekuatan tim salesnya, sebab tim sales merupakan “ mata dan telinga “ dari bisnis anda. Sebab merekalah yang berhadapan dengan pelanggan secara langsung sehingga mereka dapat mengetahui umpan balik, keluhan ataupun keinginan dari pelanggan anda. Dan mereka yang akan mengenali pelanggan-pelanggan potensial anda. Hal ini akan membantu Anda untuk menjaga bisnis anda selaras dengan kekuatan-kekuatan pasar yang ada
Strategi marketing yang efektif adalah perlunya untuk memotivasi staf pemasaran dalam mendukung program penjualan dan selalu memberikan ide-ide inovatif dari produk-produk anda secara teratur.
Yang perlu anda pahami adalah setiap pelanggan adalah berbeda Sehingga Anda perlu mengidentifikasi keinginan / kebutuhan mereka. Anda harus memahami kebutuhan masing-masing kelompok.. pelanggan dan menganalisanya serta mengelompokkannya berdasarkan segmen-segmen mereka. Diperlukan untuk mengembangkan teknik pemasaran yang berbeda sehingga dapat menjangkau berbagai jenis pelanggan.
Dengan memerhatikan tip-tip pemasaran yang efektif diatas maka bisnis anda akan berkembang dan meraih keuntungan yang lebih lagi.
(Debbie Kusuma/AA/TML)