Terapkan Ini untuk Mengembangkan Bisnis Anda

(Business Lounge Journal – General Management) Penting bagi Anda untuk memilih tidak statis dalam mengembangkan bisnis yang saat ini sedang Anda tekuni. Ini tidak hanya berbicara mengenai modal, sebab modal besar tanpa disertai dengan kemampuan management yang baik tidak akan menjadi sebuah jaminan utnuk mencapai keberhasilan. Adapun keberhasilan yang tidak secara aktif bergerak maka tidak ada jaminan untuk dapat memenangkan persaingan yang ada.

Berinovasi sebagai kuncinya, telah berkali-kali kita bahas, namun ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mulai mengembangkan bisnis Anda. Ingat, tidak usah memikirkan hal-hal yang muluk-muluk. Mulai saja dari apa yang dapat Anda lakukan. Dari satu hal yang sederhana yang kemudian terus dikembangkan, maka yakinlah keberhasilan pun akan Anda jelang. Namun setelah Anda mencapainya, tidak ada kata berhenti, melainkan mulailah lagi dari poin pertama untuk terus mengembangkan bisnis Anda.

Improve Your Business

Client Satisfaction

Hendaklah semua keputusan yang Anda ambil tidak mengesampingkan kepentingan pelanggan, begitu juga semua strategi yang Anda susun guna mencapai kepausan pelanggan. Ada banyak survei yang dapat Anda lakukan untuk mengukur kepuasan pelanggan, begitu juga untuk mengetahui apa yang menjadi harapan para pelanggan.

Jika Anda belum pernah mengukur kepuasan pelanggan, maka segeralah untuk melakukan pengukuran. Anda dapat melakukannya bahkan dengan cara yang sederhana. Gunanya adalah untuk dapat memenuhi harapan para pelanggan sehingga mereka pun mencapai titik puas. Jika pelanggan Anda puas, maka mereka akan memberikan Anda bisnis sehingga mengalirkan keuntungan bagi Anda.

High Quality Service

Hal ini sering kali dilupakan, sebabbanyak pemilik usaha berpikir yang terpenting adalah kualitas produk yang mereka jual. Jika kualitasnya bagus maka sudah dapat dipastikan pelanggan akan datang kembali. Jangan salah! Persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Akan ada banyak pesaing yang muncul dengan menawarkan produk yang sama bahkan dengan kualitas yang lebih tinggi. Lalu apakah yang menjadi pembedanya? Yaitu jika Anda dapat meng-entertain para pelanggan sehingga mereka merasa nyaman dan merasakan sebuah perbedaan dengan pesaing-pesaing Anda lainnya. Cobalah untuk menganalisa layanan yang pelanggan Anda terima mulai dari pertama ia berinteraksi dengan tim Anda, baik itu berupa sambutan pada saat ia tiba pada lokasi Anda atau saat ia menelepon Anda hingga ia meninggalkan Anda. Pastikan bahwa Anda akan menyediakan layanan yang terbaik yang dapat Anda suguhkan pada para pelanggan Anda.

Kuncinya adalah produk yang berkualitas yang disertai layanan yang berkualitas pula.

Cost Control

Bukan para manager atau supervisor Anda yang bertanggung jawab mengontrol biaya yang terjadi. Melainkan Andalah yang wajib mengontrolnya. Tidak usah kuatir dan merasa kedudukan Anda terlalu tinggi untuk mengetahuinya. Ada banyak cara untuk dapat mengontrol biaya tanpa harus Anda sendiri yang memegang semua dana yang ada. Kuncinya hanyalah bagaimana dapat melakukan kontrol dengan efektif kepada mereka yang ada di bawah Anda dan mereka pun juga melakukan hal yang sama kepada bawahan lainnya.

Pastikan selalu ada penyusunan budget serta melakukan evaluasi untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan rencana.

Waste Reduction

Jangan kesampingkan masalah sampah. Penting bagi Anda untuk memikirkan pengolahannya serta terus melakukan monitoring untuk memastikan bisnis Anda tidak akan menimbulkan kerugian bahkan menjadi sebuah ancaman di kemudian hari. Identifikasilah apa yang dapat dikategorikan limbah atau sampah yang harus Anda pastikan untuk diproses sebagaimana seharusnya.

Staff Training

Tidak perduli berapa banyak pekerja yang Anda miliki, jika Anda melibatkan orang lain sebagai pekerja pada bisnis Anda, maka Anda harus memikirkan bagaimana mengembangkannya. Setidak-tidaknya, mereka dapat terus berkembang dalam memberikan layanan yang selalu lebih baik bagi para pelanggan Anda.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group