(Businesslounge Journal-Leadership)
Delegasi adalah ketika manajer menggunakan wewenangnya untuk menugaskan tanggung jawab kepada orang lain di tempat kerjanya, seperti bawahan langsung atau rekan kerja. Mendelegasikan tugas penting karena perencanaan strategis tingkat tinggi yang menjadi tanggung jawab Anda memerlukan waktu dan energi. Anda tidak akan mendapatkan keduanya jika Anda sibuk dengan kesibukan.
Baik Anda baru saja dipromosikan atau sudah lama mengelola tim, Anda harus memahami bahwa delegasi yang efektif baik untuk produktivitas tim Anda dan juga produktivitas Anda dan bahkan dapat membantu tim Anda mempelajari keterampilan baru sekaligus membangun budaya kepercayaan.
3 jenis tugas yang harus Anda delegasikan
1. Tugas-tugas membosankan yang tidak berdampak pada pertumbuhan
Segala sesuatu yang Anda dan anggota tim Anda lakukan penting untuk fungsi bisnis secara keseluruhan. Namun, belanja persediaan, entri data, pengorganisasian file, pekerjaan administrasi, dan tugas administratif lainnya bukanlah hal yang mendorong pertumbuhan perusahaan Anda. Ini biasanya merupakan tugas sederhana yang tidak memerlukan banyak pengalaman, dan meskipun Anda dapat menyelesaikannya sendiri dengan mudah, Anda akan menghemat waktu dengan mendelegasikannya kepada pekerja Anda.
“Bagian dari tugas saya sebagai manajer adalah memastikan beban kerja tersebar secara merata untuk memberikan hasil tepat waktu,” kata Dan Westmoreland, mantan direktur pemasaran masuk di Deputy. “Kesalahan delegasi No. 1 yang dilakukan manajer adalah tidak cukup mendelegasikan.”
Namun, tambahnya, hal ini tidak berlaku untuk tugas-tugas yang lebih rumit dan sensitif, seperti merekrut talenta baru atau mengawasi urusan keuangan. Delegasi akan membantu Anda menghemat waktu untuk tanggung jawab tersebut.
2. Tugas yang menguras semangat Anda
Saat Anda berada di level yang lebih rendah dari sekarang, kemungkinan besar Anda memiliki tugas tertentu yang tidak termotivasi untuk Anda lakukan. Karena Anda telah membayar iuran, kini Anda dapat meminta tim Anda untuk mengambil tugas yang sama.
Namun, Anda juga tidak ingin karyawan Anda merasa terkuras tenaganya. Meskipun Anda mungkin menyerahkan beberapa tugas ini kepada staf Anda untuk meringankan ketegangan mental dan emosional Anda, pastikan Anda tidak hanya menyerahkan stres tersebut kepada mereka.
“Jika Anda tidak yakin kepada siapa harus mendelegasikan tugas tersebut, presentasikan tugas tersebut kepada sekelompok rekan kerja Anda, dan tanyakan secara terbuka siapa yang terbaik untuk menanganinya,” kata Westmoreland. Pekerja yang berbeda mempunyai kepentingan yang berbeda pula; apa yang menuntut bagi seseorang mungkin berarti berjalan-jalan di taman bagi orang lain.
3. Tugas yang orang lain dapat melakukannya lebih baik dari Anda
Menjadi seorang pemimpin tidak secara otomatis menjadikan Anda orang yang tepat untuk suatu proyek. Anggota staf Anda memiliki bakat mereka sendiri, beberapa di antaranya dapat mengisi kekosongan Anda, jadi Anda harus cukup rendah hati untuk melihat dan mengakui bahwa orang lain mungkin lebih cocok untuk suatu tugas daripada Anda.
“Tugas Anda sebagai manajer adalah mengembangkan sumber daya manusia,” kata Westmoreland. “Delegasi adalah cara Anda mengeluarkan yang terbaik dari orang-orang yang Anda miliki. Setiap karyawan memiliki keahlian, kepribadian, dan kekuatannya yang unik. Memanfaatkan kepribadian unik mereka dalam bekerja akan menghasilkan efisiensi yang lebih baik, dan orang-orang unggul dalam pekerjaan yang mereka sukai.”
Mendelegasikan dengan benar berarti menghindari tugas-tugas membosankan dan tingkat rendah serta pekerjaan yang tidak Anda sukai. Ini juga melibatkan pemberian tugas kepada orang lain yang bisa mereka lakukan lebih baik dari Anda.
Delegasi mungkin tidak selalu mudah, tapi itu selalu menjadi kuncinya
Pendelegasian mungkin sulit bagi manajer dan pemilik bisnis, namun hal ini penting untuk produktivitas. Sebagai seorang pemimpin, melakukan segala sesuatunya sendiri itu sulit. Sebaliknya, belajarlah untuk bersandar pada tim Anda dan percayai mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. Hasilnya, Anda akan melihat bahwa perusahaan Anda dapat mencapai lebih banyak hal tanpa menghambat Anda.