(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Akademis saat ini meningkatkan mempelajari mengenai strategi dan kompetisi pada dominasi pasar melalui “platform.” Apa itu platform? Mereka adalah produk yang diciptakan untuk menjadi platform teratas dimana perusahaan lain dapat menjual produk dan jasa.
Telephone seluler adalah platform dimana mereka menyediakan jutaan bisnis baru bagi pembuat ring tone. Microsoft Windows dan Mac operating systems adalah platform bagi independent software provider. Jika di design dan dioperasikan secara tepat, semua platform memiliki banyak benefit. Ini sangatlah circular. Sebagai contoh adalah benefit Nintendo melalui mengajak para perusahaan game yang teranama pada platform mereka kemudian membuat produk tersebut lebih terlihat atraktif pada konsumen. Perusahaan games ternama mendapatkan benefit dari pemasaran yang masig yang dilakukan oleh Nintendo.
Para periset sangat menyenangi memperlajari dinamika dari sebuah platform. Apa kunci strategis yang dimainkan oleh pencipta platform dalam menarik kunci partner yang perkembang? Karakteristik apa yang memimpin platform dalam melakukan dominansi pasar? Apa yang harus para developers fikirkan sebelum berhadapan dengan Microsoft atau Verizon?
Faktor apa yang membangun kesuksesan platform, struktur pasar jangka panjang dan efisiensi pasar? Para pakar konvensional menyarankan bahwa bagi platform baru untuk menjadi sukses, keduanya harus bernilai kepada konsumen yang melebihi kombinasi dari fungsional, basis instalasi dan komplemen nilai produk yang ditawarkan oleh bisnis yang telah ada. Zhu dan Iansiti membangun model dinamis untuk memeriksa evolusi platform berdasarkan pasar. Mereka menemukan bahwa kualitas yang tinggi mungkin tidak penting bagi para pendatang baru untuk menjadi sukses. Menggunakan data yang berasal dari industri video game, mereka menemukan pendukung bagi prediksi teori mereka. Kunci konsep mencakup :
• Kualitas yang tinggi mungkin tidak penting bagi kesuksesan bisnis. Manakala dinamika pasar dijalankan oleh kualitas, platform dengan kualitas yang rendah dapat juga menjadi sukses.
• Xbox memiliki keuntungan kualitas yang kecil melalui Playstation 2 dan dinamika pasar dijalankan oleh kualitas. Hasil ini membantu menjelaskan kesuksesan konsolidasi Xbox pada pasar dan menyediakan dukungan bagi model theoretical dari Zhu dan Iansiti.
• Keuntungan basis instalasi tidak penting dalam menyediakan perlindungan yang aman bagi kebutuhan bisnis yang ada untuk secara konstan meningkatkan kualitasnya.
Semoga artikel mengenai strategi kompetisi pasar ini bisa bermanfaat bagi para pemain bisnis. Artikel ini harus dibaca bagi para pemain bisnis ataupun entrepreneur yang mana ia merupakan platform provider atau pemain. Satu hal yang menjadi insight bagi artikel ini adalah Xbox telah melakukan pengelolaan bisnis mereka dari serangan competitor yang tersembunyi. (WU)
(Vibiz Consulting/AA/TML)