(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)
Mark Zuckerberg penemu Facebook adalah pemicu dan katalis yang diperlukan yang mendorong pengusaha untuk berpikir, mengambil risiko, dan menciptakan social network – jejaring sosial. Sejak Facebook ditemukan, industri media sosial telah berkembang pesat.
Bisnis digital tidak pernah tercipta tanpa adanya jejaring sosial. Jejaring sosial diperlukan individu, organisasi swasta maupun pemerintah.
Setiap orang membangun jejaring sosial sendiri, bagaimana membangun jejaring sosial untuk organisasi, baik swasta maupun pemerintah? Bagaimana memulai jejaring sosial? Sumber daya apa yang diperlukan untuk membangun jejaring sosial? Dalam artikel ini, dibahas langkah-langkah membangun jejaring sosial.
- Tentukan target audiens yang dituju: kenali komunitas mereka
Fase ini penting jadi perhatian utama, memusatkan semua pikiran, pekerjaan, energi, usaha yang diperlukan untuk menemukannya. Usaha diawal ini akan membuahkan hasil pada akhirnya.
Pertama, setelah ditemukan, perlu menentukan intinya dan kemudian mengembangkan situs web jejaring sosial berdasarkan parameter dan nilai ini.
Menentukan target audiens dengan menggunakan filter sebanyak mungkin akan membantu menempatkan jaringan media sosial pada pijakan yang kokoh di kemudian hari.
Fase ini sangat penting dan penting melakukannya dengan benar. Hal ini akan secara signifikan mengurangi tingkat risiko kegagalan. Bagaimana cara menentukan target audiens secara efektif? terdapat dua pendekatan yang bisa dilakukan.
Online Research
Internet adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan informasi. Internet dapat menemukan, mengumpulkan, dan menganalisis data demografis, psikografis, dan perilaku untuk banyak orang.
Ada banyak sumber daya yang tersedia yang menyediakan data yang benar.
Google harus menjadi titik awal yang akan memandu untuk mendapatkan informasi berharga itu.
Penelitian online dapat memakan waktu, tetapi dapat diandalkan dan sederhana.
Coba dan pelajari
Dengan pendekatan ini, diperlukan media sosial yang dapat diuji pada orang-orang secara nyata, dan kemudian menyiapkan asumsi berdasarkan perilaku mereka.
Pendekatan ini membutuhkan pengorganisasian orang yang diuji, menyiapkan berbagai pertanyaan wawancara, dan menyediakan peralatan tes.
Pendekatan ini membutuhkan biaya yang terkait, hal baiknya adalah akan didapatkan hasil yang dapat diandalkan 100%.
Bagaimana cara membuat jejaring sosial ketika sumber daya yang dimiliki terbatas dan pendekatan apa yang harus digunakan? Itu sangat tergantung pada proses data yang dibutuhkan. Pilihlah dengan bijak.
- Kembangkan strategi pertumbuhan berdasarkan target audiens
Bagaimana membangun jaringan sosial di pasar yang penuh dengan pesaing? Untuk membangunnya dari awal, dimulai terlebih dahulu dengan mempersiapkan strategi pertumbuhan.
Setelah target audiens didapatkan, sangat perlu membuat layanan kita diketahui oleh mereka.
Kedengarannya sangat sederhana, tetapi bagian ini juga rumit. Fortune membahas konsep-konsep menarik dalam artikel tentang cara nyata membangun jejaring sosial yang bisa bernilai ketika diimplementasikan di dunia nyata.
Kebutuhan untuk menentukan strategi pertumbuhan yang konsisten selaras dengan target audiens berasal dari fakta bahwa kesuksesan komersial jaringan sosial bergantung padanya.
Ada dua hal yang dapat dilakukan:
Mulailah dari yang kecil dan perlahan-lahan perluas basisnya. Ingatlah bahwa Facebook dimulai secara lokal dan kecil.
Mereka menggunakan informasi yang tersedia di buku tahunan sekolah menengah mereka. Mereka berkembang setelah jaringan menjadi sangat populer. Pengusaha tahu bagaimana mengambil risiko yang diperhitungkan. Mark Zuckerberg adalah pengusaha dan orang yang sadar bisnis yang luar biasa.
Go big – Fokuskan semua upaya pada demografis yang besar dan pemasaran pada basis yang lebih luas sejak awal. Twitter menggunakan strategi ini dan menjadi sukses besar.
- Ikuti pos pemeriksaan pengembangan media sosial ini
Setelah memiliki semua informasi yang diperlukan tentang target audiens dan strategi yang diperlukan, serta mengetahui fungsi dan tampilannya, sekarang saatnya untuk mengomunikasikan semuanya kepada tim development.
Sebelum melakukannya, periksa kembali apakah semuanya sudah siap. Ada beberapa pos pemeriksaan untuk dipertimbangkan kembali, salah satunya pendanaan.
Development membutuhkan pendanaan. Instagram memiliki anggaran development $ 300.000 dan Facebook sekitar $ 500.000. Itu tergantung pada kompleksitas fungsi yang akan dikembangkan. Jika memilih fungsionalitas sederhana, biaya akan lebih murah.
- Bagaimana merancang jejaring sosial yang mudah digunakan dan fungsional
Tetap minimalis dan sederhana.
Mengapa ada dua aturan ini? Karena pengguna ingin membuat jejaring sosial tentang mereka, bukan tentang perusahaan kita.
Pengalaman pengguna penting. Facebook, Twitter, Instagram, dan Snapchat memiliki satu kesamaan yaitu desain yang berorientasi pengguna dan kemudahan penggunaan.
- Promosikan jejaring sosial Anda secara efektif
Setelah semua, dikatakan dan dilakukan dan sudah ada produk akhir yang siap, saatnya untuk promosi sekarang.
Ikuti model pemasaran AIDA. Ini adalah akronim yang digunakan dalam pemasaran dan berarti attention, interest, desire and action.
Mengikuti langkah-langkah ini akan membantu kita berkomunikasi dengan target audiens dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
Menerapkan dasar-dasar model ini dalam strategi pemasaran digital akan menghasilkan keajaiban. Bahkan mungkin memiliki beberapa kecerdasan buatan di dalamnya, karena kami dengan percaya diri bergerak ke dunia komputer. Tujuan utamanya adalah memonetisasi bisnis dengan benar di pasar.
Beriklan di platform Anda: spanduk, pos bersponsor, sponsor, penyebutan merek. Kerjasama dengan perusahaan lain dan influencer melalui program afiliasi.
Pemasaran afiliasi adalah bentuk monetisasi yang terkenal; Menjual produk digital (seperti e-book, game, perangkat lunak, musik, aplikasi) dan barang fisik (buku kertas, elektronik, kerajinan, makanan); Organisasi acara: biaya untuk partisipasi atau sponsor; Layanan mandiri seperti pelatihan, pembinaan, konsultasi.
Beberapa solusi pemasaran digital konkret yang dapat dilakukan untuk mempromosikan jejaring sosial dengan lebih baik:
Kembangkan strategi SEO – SEO sama pentingnya untuk media sosial seperti halnya untuk situs e-niaga lainnya. Ada banyak ahli di pasar yang dapat membantu membangun strategi SEO berkualitas yang tidak akan menghabiskan banyak biaya tetapi akan meningkatkan peringkat dan eksposur online bisnis.
Gunakan taktik pembuatan prospek – Buat halaman arahan dan berikan akses gratis ke beberapa fitur premium. Ini akan membantu membangun basis prospek yang dapat digunakan nanti untuk buletin dan pembaruan menarik di masa mendatang tentang fitur baru. Bahkan dapat menguji strategi pemasaran chatbot terbaru.
Gunakan jejaring sosial lain untuk promosi: Gunakan basis komunitas yang ada untuk menggali lebih dalam dan bertemu teman-teman di jejaring sosial lain.
Temukan nama sempurna yang akan mendefinisikan media sosial – Analisis nama populer untuk media sosial, temukan mana yang paling sesuai dengan bisnis yang ditangani, dan gunakan dalam kampanye pemasaran. Nama adalah elemen yang sama pentingnya dari strategi pemasaran.
Mengembangkan jejaring sosial sendiri adalah proses yang bisa memakan waktu setidaknya enam bulan.
Mengikuti lima langkah ini akan memungkinkan untuk membuat transisi yang lambat dan tepat waktu dari setiap fase. Apa artinya layanan jejaring sosial tanpa penggunanya? Semua tahu jawabannya, tidak ada.
Di setiap fase, selalu ingat kebutuhan target audiens target. Jangan pernah lupakan itu.