Periklanan vs Pemasaran vs Public Relation: Apa Bedanya?

Periklanan vs Pemasaran vs Public Relation: Apa Bedanya? (Bagian 2)

(Business Lounge Journal – Marketing & Service)

Menerapkan periklanan dan pemasaran ke dalam bisnis Anda
Jika Anda masih membiasakan diri dengan pemasaran versus periklanan, yang pertama Anda harus lakukan untuk rencana periklanan dan pemasaran adalah membuat rencana komunikasi pemasaran. Anda harus mencakup semua area ini dalam rencana Anda:

Anggaran
Pernyataan misi
Merek dan pesan merek
Objektif
Tujuan jangka pendek dan jangka panjang
Target pasar dan audiens

Jika Anda tidak yakin apa yang harus dimasukkan untuk area rencana Anda ini, pelajari cara mengembangkan anggaran pemasaran dan tulis pernyataan misi yang sempurna.

Tidak semua metode periklanan dan pemasaran sama efektifnya, karena semua bisnis dan audiens targetnya unik. Misalnya, jika tujuan Anda adalah menjual lebih banyak furnitur kepada warga lanjut usia di suatu kota, data iklan Facebook mungkin menunjukkan kurangnya pasar bagi produk Anda. Namun, surat kabar lokal mungkin memiliki pembaca yang lebih tinggi dari warga senior; oleh karena itu, pilihannya jelas dalam kasus ini.

Ide saluran periklanan dan pemasaran
Setelah Anda memiliki rencana komunikasi pemasaran, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang area periklanan versus pemasaran mana yang sebaiknya Anda jelajahi lebih lanjut.

Ide saluran periklanan
Iklan Facebook: Platform iklan Facebook adalah alat yang ampuh. Iklan digital dapat dengan mudah dilacak, jadi Anda akan tahu dengan cepat apakah upaya Anda berhasil. Iklan Facebook bisa menjadi kuat bila ditargetkan dengan benar dan dibuat dengan grafik dan salinan yang menarik.

Google Ads: Google menawarkan bentuk periklanan yang terukur dan fleksibel melalui program Iklannya. Google Ads adalah salah satu jenis periklanan digital yang menghasilkan hasil pencarian dan iklan yang paling relevan.

Publikasi lokal: Jangan mengabaikan rute periklanan tradisional seperti memposting di buletin gereja, di jurnal iklan sepak bola sekolah menengah, atau di situs web surat kabar lokal jika Anda mencoba memperluas kesadaran akan bisnis kecil Anda di komunitas lokal Anda.

Ide saluran pemasaran
Situs web Anda: Memiliki situs web perusahaan lebih penting dari sebelumnya. Pelanggan bisnis Google dan berharap untuk mempelajarinya di web. Situs web perusahaan Anda pada dasarnya adalah satu iklan digital besar untuk bisnis Anda.
Pemasaran email: Meskipun semakin banyak email yang membanjiri kotak masuk konsumen setiap hari, pemasaran email tetap menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling efektif. Layanan pemasaran email membuat kampanye email menjadi mudah dan terukur. Baca ulasan Benchmark kami dan ulasan Kontak Konstan kami untuk melihat beberapa contoh cara kerjanya.

Pemasaran dan periklanan berjalan beriringan. Seringkali, bisnis perlu berinvestasi dalam pendekatan terpadu untuk menutup kesepakatan menggunakan beberapa saluran pemasaran dan periklanan – dan konten perlu dijalankan melalui coba-coba untuk mengetahui media mana yang paling berhasil.

Media tempat Anda beriklan sama pentingnya dengan pesannya. Cara terbaik untuk terhubung dengan pelanggan target Anda adalah mencari tahu di mana audiens Anda berkumpul dan bertemu mereka di sana.

Apa itu Public Relation (PR)?
PR tetap menjadi bagian penting dari proses pemasaran dan seringkali jauh lebih hemat biaya daripada iklan tradisional. Profesional PR membangun hubungan strategis antara organisasi dan audiens target mereka untuk membangun atau meningkatkan reputasi mereka dan menciptakan kemitraan dengan media untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk klien mereka.

Salah satu hal terpenting dalam memulai kampanye adalah memiliki PR membantu mendefinisikan pesan perusahaan Anda. Pertanyaan pertama yang kami ajukan adalah, ‘Mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan? Mengapa orang peduli?’… Ini membantu menyempurnakan pesan dan membuatnya tetap konsisten.

Tanpa konsistensi, pelanggan tidak akan memahami atau mempercayai apa yang diwakili oleh merek Anda. Kampanye PR yang kuat menciptakan pesan yang dapat dikenali di berbagai platform media. Ini penting untuk usaha kecil, yang tidak memiliki pengakuan nama perusahaan dan perusahaan besar. PR membuat semuanya tetap konsisten.

Bagaimana PR berbeda dari periklanan dan pemasaran?
Iklan berbayar adalah cara perusahaan merepresentasikan dirinya. Kampanye PR, di sisi lain, menciptakan kontak organik yang tidak dibayar antara bisnis dan audiensnya untuk membangun kesadaran merek.

PR adalah tentang kredibilitas pihak ketiga. Orang ini adalah orang yang tidak memihak dengan tulus mengatakan, ‘Saya suka merek ini.’

Tujuan kampanye hubungan masyarakat berbeda-beda menurut perusahaan, industri, dan inisiatif, tetapi semuanya bergantung pada kemitraan dengan jurnalis, pemberi pengaruh, atau pemimpin komunitas.

Sementara organisasi dapat mengontrol pesan pemasaran dan iklan mereka sendiri, PR memupuk reaksi asli dan otentik terhadap merek. Kampanye PR yang sukses mencapai tujuannya ketika publik menerima pesan dari organisasi pihak ketiga, bukan dari merek itu sendiri.

Sebuah posting bersponsor di Instagram, misalnya, adalah iklan. Tetapi ketika sebuah perusahaan mengirim seorang blogger sebuah produk untuk digunakan dan blogger menyukainya dan memposting tentangnya, itu adalah PR. Dikutip sebagai sumber di surat kabar, tampil di majalah atau menjadi tamu di acara bincang-bincang adalah bentuk umum lainnya dari PR. Mengirim siaran pers untuk pengumuman perusahaan juga dianggap sebagai PR.

PR menciptakan citra paling positif dari perusahaan Anda yang kemudian dapat Anda bagikan kepada publik. Baik itu melalui media tradisional atau media sosial. PR berarti membuat nama Anda dikenal dan membangun citra bisnis Anda.

Anda tidak perlu anggaran besar untuk PR yang sukses. Daripada menyewa agen, fokuslah untuk menciptakan hubungan dengan jurnalis lokal, menyampaikan cerita yang penting bagi pelanggan Anda, dan menulis siaran pers yang benar-benar akan dibaca orang.

Menerapkan PR ke dalam bisnis Anda
1. Bekerja dengan outlet media.
Usaha kecil sering bertanya-tanya apakah media akan tertarik untuk meliput atau menyebutkan produk mereka ketika merek besar jauh lebih dikenal. Namun, sering kali, kurangnya eksposur sebelumnya menguntungkan mereka. Media menemukan bisnis kecil lebih menarik … mereka adalah penggemar berat ‘keunikan.’ Untuk klien yang lebih besar, PR lebih merupakan masalah mengelola pers yang sudah mereka dapatkan.”

Sebaliknya, usaha kecil belum memiliki narasi atau persepsi yang melekat pada merek mereka, yang memberi kesempatan kepada media dan influencer untuk membentuk cerita.

2. Membangun hubungan.
Baik Anda bekerja dengan perusahaan atau menangani PR Anda sendiri, fokuskan upaya Anda pada orang-orang yang sudah memengaruhi target pelanggan Anda.

Humas sedang mencari cara untuk membangun hubungan, apakah itu dengan reporter atau influencer media social. Carilah orang yang memiliki banyak pengaruh, dan bangun hubungan itu. Bantu mereka untuk memahami pesan Anda dan bagaimana pengikut mereka dapat berhubungan dengan Anda.

PR yang sukses membangun kepercayaan antara perusahaan Anda dan pelanggannya. Membangun hubungan positif dengan media yang tepat sangat penting untuk menciptakan kepercayaan itu. Jika hubungan itu belum ada, Anda tidak akan menjangkau audiens yang tepat, tidak peduli berapa banyak tempat yang menampilkan Anda. Pelajari cara membangun hubungan bisnis yang sehat yang akan saling menguntungkan.

3. Tingkatkan kehadiran media sosial Anda.
Dengan terlibat dengan pengikut dan membuat konten yang sesuai dengan mereka, organisasi dapat menghasilkan publisitas positif tanpa menyewa agen pemasaran atau PR. Melalui media sosial, Anda dapat langsung berkomunikasi dengan audiens target Anda dan membangun pengikut dengan terlibat dalam percakapan dan memberikan solusi unik. Untuk buzz tambahan, Anda dapat mengirim produk atau mengadakan hadiah di halaman sosial Anda.

Motivasi: Bagaimana Cara Memulainya dan Tetap Termotivasi