Tips Menulis Konten di Sosial Media

(Business Lounge – Dominate the Market) Konten adalah salah satu elemen penting dalam sebuah pemasaran. Konten yang diterbitkan dapat dalam bentuk status, pranala, gambar, dan notes. Menyediakan konten yang berharga untuk pengunjung dapat membantu Anda menonjol pada saluran sosial.

Seperti apa pun konten pemasaran yang Anda perkenalkan pada masyarakat, konten tersebut tentu harus mampu menjelaskan tentang pesan branding yang ingin Anda sampaikan.

Berikut Adalah 4 tips bagaimana menulis konten di media sosial:

1. Target konten untuk pembaca.
Pemasar mendengar banyak tentang pentingnya bagaimana mendapatkan pembeli dari marketing online tools mereka, tetapi apakah Anda pernah mencoba bagaimana mendapatkan pembaca? Karakter pembaca menggambarkan seseorang yang mungkin tidak pernah membeli sesuatu, tetapi ingin membaca dan berbagi konten Anda. Target pada pembaca akan berharga sama seperti untuk menargetkan pada pembeli.

2. Menemukan kutipan yang bermakna.
Hal ini sangat membantu untuk mulai menulis konten pada media sosial dengan kutipan dari artikel yang ada. Bahkan jika tidak menggunakkan quotes pada akhirnya, mengambil kutipan dari bacaan tersebut dapat menjadi sumber inspirasi yang baik.

3. Kreatif.
Mulailah untuk mencoba hal-hal yang berbeda. Cara terbaik untuk menulis isi konten media sosial hanya memulainya dengan menulis. Cobalah melakukan beberapa pilihan yang berbeda dan bandingkan.

Misalnya Anda membuat pertanyaan yang Anda jawab sendiri, contoh pertanyaannya dapat seperti ini :
– Apakah saya tertarik dengan topik artikel ini dan apa saya akan membacanya?
– Apakah saya suka dengan artikel tersebut?
– dan seterusnya.

4. Memberikan nilai
Konten yang Anda buat, jangan hanya sebatas konten yang tidak memberikan manfaat bagi orang yang melihat dan membacanya. Anda harus menyisipkan nilai–nilai pada konten yang ingin Anda buat. Apabila konten yang Anda buat adalah untuk mempromosikan produk, jangan tunjukkan itu terlalu sering.

Sosial Media

Berikut ada sedikit tips untuk memposting konten pada beberapa media sosial:
Facebook: jangan menulis lebih dari lima baris atau 400 karakter dengan spasi. Gunakan kata-kata dengan nada yang ramah dan santai. Lebih sering menggunakan gambar posting-an daripada link posting atau posting-an hanya teks. Gunakan format seperti penentuan spasi paragraph dan format daftar.

Twitter: Memiliki 140 karakter, sehingga posting-annya tetap pendek dan manis. Tweets terbaik adalah di bawah 115 karakter panjangnya. Tweet merupakan berita yang sangat ramah dan dijadikan berita utama yang bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk menambahkan sebuah hashtag (#).

LinkedIn: Jaringan sosial untuk para professional. Menulis konten media sosial untuk LinkedIn sebagai berita singkat atau email informasi internal untuk pelanggan Anda dan bagaimana Anda menjual isi artikel untuk seorang CEO.

Instagram: Tetap simple dan kasual serta lebih banyak penggunaan hashtag (#). Lebih dari 11 hashtag per posting di instagram itu lebih baik. Hindari menggunakan kata yang terlalu biasa atau terlalu umum. Sebaiknya gunakanlah hashtag dengan frase tertentu yang masih berhubungan dengan tema yang Anda pakai di instagram, seperti #lovefood, #fashionstreet, dan lainnya.

Dewi LajolieDewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x