(Business Lounge – Present Your Service) Memang sangat menarik untuk membahas bagaimana para pemilik usaha menciptakan kebutuhan oleh karena produk-produk baru yang dihadirkannya. (Baca: Identifikasi Produk Anda dan Ciptakan Kebutuhan). Apa yang dialami oleh rinso, aqua, dan beberapa produk lainnya merupakan suatu terobosan yang kemudian menjadi pelopor dan membangkitkan suatu kebutuhan. Kali ini saya ingin membahas bahwa hal tersebut tidak hanya terjadi pada produk yang kelihatan, namun juga pada layanan yang diberikan. Anda dapat menciptakan suatu layanan pada current business Anda yang kemudian akan menciptakan kebutuhan bagi masyarakat.
Personal Assistance
Munculnya pasar swalayan di Indonesia benar-benar memberikan suatu terobosan yang baru. Semula orang akan berbelanja dengan dilayani oleh petugas toko. Tetapi kemudian pasar swalayan menawarkan pengunjung untuk dapat melayani dirinya sendiri. Pada awal mula ketika hal ini muncul maka tidak semua orang dapat menerima tradisi ini begitu saja namun dapat dikatakan rata-rata menyambutnya dengan excited sebab semua orang dapat membawa sendiri keranjang belanjaannya dan memilih apa saja yang ingin mereka beli dengan bebas.
Namun setelah semua terbiasa dengan layanan sendiri ini maka kesempatan untuk “dilayani” menjadi sesuatu yang spesial yang kemudian ditawarkan oleh banyak pemilik usaha untuk menarik banyak pelanggan. Misalnya saja boutique kelas atas yang menyiapkan personal assistance bagi masing-masing pelanggannya. Ketika sang pelanggan datang maka seorang personal assistance sudah siap berdiri menyambut sang pelanggan dan akan terus membantu sang pelanggan hingga menemukan apa yang dibutuhkannya. Sang personal assistance pun akan dengan sigap membantu mengambilkan ini dan itu, menginformasikan barang-barang apa saja yang tersedia, membantu memegang barang-barang yang sedang dipilih, hingga membantu membungkus sampai sang pelanggan meninggalkan boutique tersebut. Hal ini jelas memberikan nilai plus pada layanan yang diberikan si boutique. Sebab sering kali para pembeli merasa kesal oleh karena tidak adanya pelayan yang dapat dengan sigap membantu mereka atau menjawab pertanyaan mereka.
Adanya layanan seperti inilah yang kemudian membuat pelanggan merasa nyaman dan akan kembali lagi ke boutique yang sama.
Free of Charge
Layanan jasa konsultasi gratis untuk saat ini juga mulai bermunculan guna memberikan nilai tambah bagi bisnis yang sedang berjalan. Konsultasi produk kecantikan seperti pemeriksaan kadar lemak, konsultasi produk kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah atau kadar gula, bisa juga pemeriksaan mata yang akan diberikan secara cuma-cuma . Hal ini sering kali diadakan oleh apotik atau sejenis pusat layanan kesehatan bagi para pelanggan yang berbelanja pada nilai tertentu atau pada jumlah kunjungan tertentu.
Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat terlanjur suka dengan segala sesuatu yang ‘berbau’ gratis. Sehingga perlu Anda perhatikan apakah strategi ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi bisnis Anda. Mereka yang semula tidak pernah berpikir untuk memeriksakan tekanan darah atau kolesterolnya maka oleh karena adanya layanan cuma-cuma yang yang ditawarkan maka memberikan nilai plus sehingga menjadi daya tarik bagi para pelanggan untuk berbelanja lagi pada kesempatan berikutnya sehingga dapat memperoleh layanan pemeriksaan gratis.
Menciptakan Kebutuhan
Ternyata pemberian service pun dapat menciptakan kebutuhan. Tidak hanya kebutuhan untuk dilayani, kebutuhan pemeriksaan kesehatan tetapi juga berbagai kebutuhan lainnya. Itulah sebabnya sangat perlu untuk kembali mengidentifikasi pelayanan Anda dan ciptakan layanan spesial untuk dapat mendukung bisnis Anda.