Pendapatan App Store Lebih Tinggi Dari Google Play

(Business Lounge – Tech & Gadget) Apple terus menghasilkan miliaran dolar dari aplikasi yang dijual pada App Store miliknya. Kamis (08/01/2014), Apple mengatakan bahwa pada tahun 2014 tagihan dari penjualan aplikasi naik 50 persen dari tahun sebelumnya, yang menghasilkan pendapatan USD 15 miliar untuk pengembang aplikasi dan USD 4,5 dipotong untuk Apple.

Seperti dikutip dari situs bits.blogs.nytimes.com, Apple mengambil potongan 30 persen dari setiap penjualan aplikasi yang dibuat di App Store, dan pendapatan USD 4,5 miliar bagi Apple hanya sebagian kecil dari total penjualan tahunan sebesar USD 180 miliar.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, Google Android yang merupakan sistem operasi terbesar di dunia, maka pendapatan Google Play jauh lebih sedikit daripada Apple. Alasannya, karena pengguna iPhone merupakan pelanggan perangkat high-end yang rela menghabiskan lebih banyak uang dibanding orang yang memiliki ponsel Android.

Apple Annie, yang merupakan perusahaan analisis yang melacak penjualan aplikasi mobile mengatakan bahwa pada kuartal ketiga 2014, pendapatan Apple App Store lebih tinggi 60 persen dari pendapatan yang dihasilkan dari Google Play.

Pada bulan Juni 2014, Google mengatakan telah dibayar USD 5 miliar untuk penjualan aplikasi dalam 12 bulan sebelumnya. Juru bicara Google, Gina Johnson mengatakan perusahaan tidak memiliki statistik baru untuk dipublikasikan.

Masih menurut App Annie, App Store melayani 1,4 juta aplikasi untuk iPhone, iPad, dan perangkat iPod Touch, sedangkan Google melayani 1,72 aplikasi.

Yusnia/journalist/VMN/BL
Editor : Evi Fog