Team Building = The Way To Achieve Company’s Goal

Want to achieve the goal?

Team building is one of the answer…

(Business Lounge – Leadership) – Mungkin Anda bertanya, apakah perlu team building di dalam sebuah perusahaan? Ada beberapa orang bilang, “ah, saya secara individual sudah bisa sendiri kok.” Atau yang lain juga bilang “orang lain itu belum tentu bisa sejalan, nanti kita maunya A dia malah mau B. Repot deh nantinya.” Tapi, terkadang orang suka lupa kalau team building adalah hal yang sangat penting di dalam perusahaan. Tanpa team yang kuat, terkadang malah tujuan perusahaan tidak tercapai.

Kalau dipikir, apa sih artinya team building? Dan mengapa hal tersebut begitu penting? Team building adalah proses dimana membantu sebuah team dalam membentuk kesinergian dalam mencapai goals dan tujuan yang dibuat oleh team tersebut. Namun, banyak yang salah tanggap tentang team buiding ini sendiri, seperti kadang hal tersebut cuma dianggap rame-ramean gak menentu, atau lainnya. Padahal, jika mengerti arti team building dan kegunaannya, justru pasti tujuan perusahaan lebih cepat tercapai.

Mengerti arti team building dimana sebuah team tahu proses yang harus dilalui dalam mencapai kesepakatan dalam membuat keputusan. Dimana juga disini memerlukan interact antar sesama team member. Dengan adanya interaksi dalam team, mereka dapat mengenal satu sama lain dan membangun suatu hubungan. Ini berguna dalam mengambil keputusan. Team building yang baik adalah dimana leader dapat membentuk teamnya dalam sebuah team yang bersama-sama dapat mencapai goals yang sudah ditentukan.

Komitmen juga diperlukan dalam sebuah team. Komitmen membuat team members memiliki rasa kepemilikan akan team tersebut dimana tidak ada “aku” dalam team. Team members juga dengan sendirinya akan sadar mereka juga harus berjalan menuju goals yang mereka tentukan. Dalam team building ini juga, kepercayaan dalam team members terbangun dan dapat memotivasi satu sama lain.

Leaders harus mengetahui bagaimana cara menyampaikan team building ini sendiri. Membangun teamwork atmosphere diperlukan dalam team building. Seperti kita tau, tiap perusahaan memang terjadi suatu persaingan yang ketat. Kebanyakan sebuah perusahaan melihat performa karyawannya secara individu jadi memungkinkan mereka berpikir untuk apa untuk mengikuti team building. Sehingga inilah yang membuat leaders sulit dalam mengembangkan team mereka. Jadi bangunlah atmosfer kerjasama yang baik dalam perusahaan.

Manfaat team building :

1. Meningkatkan suatu produktivitas dan kreativitas sebuah team.

2. Team members termotivasi untuk mencapai goals yang sudah ditentukan.

3. Dapat membangun komunikasi yang baik antara team members dan atasan.

4. Membentuk kerjasama dan penyatuan dalam memecahkan masalah.

5. Kepuasan dan komitmen pada pekerjaan meningkat.

6. Kepercayaan dan support meningkat.

7. Dapat menyatukan karyawan yang berbeda-beda.

8. Memperlancar jalannya peraturan dan prosedur yang ada.

9.Memperjelas pekerjaan masing-masing.

Leaders harus memulai ke bawah membangun hubungan dengan karyawannya. Ciptakan hubungan yang baik antar sesama dan team building dalam team pun akan menjadi lebih mudah. Yang paling penting adalah bangun hubungan dengan kepercayaan dan kesetiaan dibanding dengan ketakutan karyawan terhadap leaders.

Bagaimana cara membangun team building yang efektif?

1. Terbukalah dengan team members Anda untuk dapat mengenali mood dan karakter mereka masing-masing. Berhati-hatilah dengan perkataan atau perasaan yang tidak terungkapkan.

2. Anggaplah semua ide yang dilontarkan oleh team member sebagai suatu masukan. Dengan demikian karyawan Anda akan merasa dihargai pendapatnya.

3. Berhati-hati dalam berkomunikasi dan dalam memilih kata-kata yang digunakan. Pastikan Anda mengenali cara komunikasi team Anda.

4. Sebagai leaders, Anda berperan sebagai penengah team members Anda. Bantu selesaikan konflik yang ada.

5. Bangun kepercayaan dan kerjasama sesama members agar mereka dapat menyelesaikan kendala yang ditemukan dalam pekerjaan Anda. Dan juga dalam team sendiri mereka belajar untuk berbagi informasi demi goals mereka.

6.. Tekankan values dan goals team. Evaluasi dan feedback terhadap performa mereka satu team. Ini dapat meningkatkan performa masing-masing individu dan diharapkan dapat mempengaruhi satu team.

7. Bangun komunikasi antar members dengan baik sehingga members pun dapat berkomunikasi dengan baik demi masalah pekerjaan. Leaders juga harus bisa membangun suasana dimana members bisa mendengarkan satu sama lain dan brainstorming. Terkadang banyak karyawan yang belum tersampaikan ide-idenya sehingga mereka cuma menjadi “Yes” man. Jangan membuat team Anda seperti itu, ajarkan untuk berdiskusi untuk semua hal dan dapat menerima opini orang lain.

Sebenarnya, ada banyak lagi cara dalam membuat kesuksesan dari team building ini, dan semuanya tentu saja dapat disesuaikan dengan keadaan perusahaan Anda. Sebagai seorang leader, Anda juga harus memastikan bahwa Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan bawahan Anda dan jalin komunikasi yang baik pula.

Anda harus tahu, team building sangat diperlukan jika perusahaan Anda terlihat chaos, dalam arti sumber daya alam Anda sudah tidak berproduktif, banyak konflik yang terjadi dan belum terselesaikan, dan bisa juga kurang termotivasi dalam mencapai target. Pastikan Anda sebagai atasan menciptakan suasana yang penuh dengan tantangan dan bersahabat kepada karyawan Anda. Bisa dipastikan karyawan Anda juga bisa lebih produktif lagi.

Potensi leaders sangat berpengaruh terhadap kesuksesan team building ini. Mudah saja untuk membuat suatu team building yang efektif, yaitu leaders dapat membuat outbound atau outing untuk team nya untuk membangun pengenalan akan satu sama lain agarkekompakan sebuah team tercipta dan dapat membawa keuntungan untuk perusahaan. Dengan kesuksesan team building dalam suatu perusahaan, maka tujuan perusahaan akan lebih mudah untuk tercapai.

(Sherly Pujana/FJ/BL)

Editor : Fanya Jodie

 

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x