(Business Lounge – Marketing) Video viral dari Dove ini mendapatkan penghargan The Titanium Grand Prix and Integrated Gold Lion pada penganugerahan film Cannes, sebuah kualitas dari pembuatan film yang memang pantas mendapatkan penghargaan.
Kampanye dari Dove dengan Sketsa Real Beauty telah berhasil menerobos jaringan viral video, di You Tube telah berhasil mendapatkan lebih dari 55 juta pemirsa, belum termasuk komentar dari berbagai media dan penyebaran melalui facebook.
Cerita tentang Sketsa Real Beauty ini dibintangi oleh Gil Zamora, seorang seniman forensik FBI yang membuat sketsa gambar wajah dari wanita tanpa melihatnya, sehingga sketsa ini dibuat hanya berdasarkan interview saja. Cara membuat sketsa dengan menanyakan “coba ceritakan tentang bentuk dagumu ?” lalu dijawab “yah kelihatannya agak sedikit menonjol” atau “Mama saya bilang rahangnya agak besar”. Kemudian mengenai wajah wanita ini ditanyakan kepada orang lain yang tidak dikenal, orang ini duduk di sebelah Gil Zamora lalu menceritakan tentang wajah wanita yang dilihatnya.
Yang menarik gambaran dari orang lain yang menceritakan tentang wajah wanita ini, ternyata gambarannya lebih cantik daripada wanita itu sendiri menceritakan kecantikan dirinya sendiri. Idenya memang film ini mau mengungkapkan bahwa : “Anda lebih cantik dari yang anda pikirkan”.
Ansemo Ramos, creative director dari Ogilvy Brazil adalah orang yang banyak berperan di balik idea cerita ini, dimana Ramos ingin mengungkapkan isi hati dari setiap pemeran ini secara nyata, lalu melibatkan konsumen pada sebuah hiburan yang mengangkat realita dari thema merek sehingga mampu mengangkat citra dari Dove.
Ketajaman dari video ini adalah bagaimana memilih para artisnya, dimana peran utama adalah seorang seniman forensik FBI yang mampu membuat sketsa hanya dengan interview tanpa melihat, didapatlah Gil Zamora, sedang para artis perempuan diambil secara casting dan diambil dari berbagai usia dan etnis yang mampu mencitrakan merek dari Dove. Sedang orang-orang lain yang menilai wajah wanita ini juga dipilih secara casting terutama yang bisa dengan santai dan gampang mengungkap wajah orang lain.
Tempat pengambilan gambar dilakukan di San Francisco, dengan juru kamera John X Carey dari Paranoid US. Dimana pengambilan gambarnya mampu memberi kesan sangat natural namun mampu mengungkap emosi dari para pemeran dalam video ini.
Video ini berhasil beredar secara viral karena mampu mendorong anda, membuat anda berpikir karena menceritakan perasaan yang nyata dari para wanita, sehingga iklan ini mampu secara jelas mengangkat emosi, bahkan pemirsa video ini tersentuh sehingga meneteskan air mata, lalu kesan yang timbul ini dishare-kan kepada teman atau keluarganya yang lain sehingga secara mengejutkan efek viralnya berjalan dengan sangat cepat.
Citra dari Dove mampu terangkat dengan video ini, karena para wanita yang menyaksikan video ini merasakan sesuatu perasaan yang lebih terhibur bahwa dirinya lebih cantik dari apa yang dia pikirkan.
(KN/KN/BL)