(Business Lounge – Marketing) Sekalipun sangat berbahaya dan bisa jadi menakutkan, namun Volvo Trucks President Claes Nilsson baru-baru ini melakukan adegan yang selayaknya hanya dilakukan oleh para stuntman, dia berdiri di atas panel depan Volvo FMX yang di derek ke atas setinggi 66 feet (sekitar 20 meter) di atas lautan di pelabuhan Sweden’s Gothenburd.
Nilsson melakukan ini untuk pembuatan video Volvo yang berjudul “The Hook”, memakan waktu sekitar 2 jam untuk proses pembuatan video ini, menurut Nilsson sebagaimana direlease oleh LA Times, bahwa proses pembuatan ini memerlukan pengambilan gambar yang berulang-ulang, dengan suhu 8 derajat dan tiupan angin yang cukup kencang membuat tangan Nilsson sangat kedinginan, namun semua berlangsung dengan baik, juga masalah keamanan sudah dipastikan 100% aman sehingga tidak perlu takut untuk melakukannya.
THE HOOK
Video ini bertujuan untuk mempromosikan kekuatan tuas derek dari Volvo Trucks yang terpasang di bagian depannya, sehingga truk ini bisa bergantung pada derek tersebut, hal ini menunjukkan bahwa struktur konstruksi Volvo FMX terbukti sangat kuat dan berkualitas. Dan juga dibuktikan dengan menggantung Volvo FMX di udara, bergantung pada derek di bagian depannya dengan menanggung beban sekitar 15 ton.
VIRAL VIDEO
Video ini mencapai viral untuk commercial video dimana ketika tulisan ini dibuat sudah mencapai lebih dari 2 juta views di You Tube, merupakan gebrakan dari Volvo Trucks setelah berhasil membuat viral video “The Ballerina Stunt” yang menampilkan seorang juara slackline berjalan di atas kabel yang menghubungkan dua Volvo Trucks yang melaju di jalan toll.
Faktor Viral
Faktor yang menjadikan video ini menjadi viral adalah sensasi resiko yang dilakukan oleh seorang eksekutif dari Volvo Trucks, beberapa hal yang memancing video ini menjadi viral adalah :
• Sensasi resiko, hampir video yang mengandung unsur atraksi atau olah-raga yang menguji nyali atau bermain dengan adrenalin disukai dan disebarkan oleh para pemirsa.
• Ada unsur humor-nya, dimana sensasi yang ada bersifat menghibur dan membuat senyum bagi pemirsa. Unsur humor-nya dalam video ini, sepertinya Nelsson berbicara secara outdoor normal lalu secara perlahan ditunjukkan bahwa dia berada diatas truk yang sedang digantung.
• Ada unsur kejutan, dalam hal ini Nilsson itu sendiri yang menjadi kejutan, bila hal ini dilakukan oleh seorang stuntman professional maka bisa jadi tidak terlalu menarik, tetapi dilakukan oleh seorang pimpinan perusahaan yang tidak professional untuk melakukan adegan stuntman.
• Unsur natural, dimana adegan yang mengandung resiko ini tidak mengada-ada namun merupakan sebuah presentasi uji kekuatan dari Volvo FMX, yang dereknya terbukti bisa mengangkat seluruh body truk yang 15 ton tersebut hingga di ketinggian.
Foto : You Tube screen shot
(Tan Yoh/KN/BL)
Tan Yoh : Penulis untuk viral marketing dan spirit of innovation pada Business Lounge.
pic : http://i1.ytimg.com