Pada Januari 2009, Saatchi & Saatchi meluncurkan T-Mobile dengan thema kampanye “Life’s for Sharing”, dengan menggunakan flash mobs (yaitu sekumpulan orang yang sudah diatur sebelumnya, lalu menyusup ditengah publik sepertinya layaknya orang yang sedang melakukan aktifitas sehari-hari, tetapi tiba-tiba melakukan gerakan-gerakan tertentu).
Dalam hal ini T-Mobile membuat tarian di tengah keramaian Liverpool Street Station dan merekamnya lalu dipublikasikan di You Tube sebagai viral video.
Ide terobosan yang dilakukan oleh T-Mobile ini, ketika itu dipertanyakan efektifitasnya, namun setelah viral video-nya menjadi fenomena di You Tube, bahkan pada saat article ini ditulis sudah mencapai lebih dari 38 juta pemirsa, maka efektifitasnya tidak bisa dipertanyakan lagi.
Fenomena flash mobs ini kemudian dilakukan oleh berbagai kelompok baik komersial maupun non komersial, ada yang sukses meraih banyak pemirsa namun banyak juga yang gagal.
Apa terobosan T-Mobile :
- Mencetuskan ide flash mobs yang sangat original dengan menggandeng koreografer professional.
- Thema Life’s for Sharing, melalui viral video tersebut sangat mengena ke publik, sehingga video ini juga dishare-kan diantara mereka.
- You Tube ketika itu sedang mulai digemari oleh masyarakat, sehingga hal yang menarik di dalamnya cepat tersebar.
Brilliant marketing ideas memang selalu diperlukan untuk melakukan terobosan-terobosan yang jitu untuk meluncurkan produk, yang diperlukan adalah ide yang fresh, timing yang tepat dan pesannya bergerak di antara publik yang menjadi sasaran.
(KN/KN/BL)