Mengelola Risiko Kegagalan Produk Baru – 4

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Pengembangan produk sudah selesai kemudian produk diluncurkan. Apakah Anda pikir pekerjaan selesai begitu saja? Tentu tidak. Ini baru permulaan saja dari perjalanan produk Anda. Untuk memastikan bahwa produk Anda masih bisa bersaing, Anda perlu melakukan manajemen produk.

Setelah meluncurkan produk, kemudian Anda masuk ke langkah manajemen produk. Pada fase ini Anda memanfaatkan tool seperti riset kepuasan pelanggan, tracking research dan pengukuran promosi untuk menentukan ukuran kunci yang berkaitan dengan awareness produk, perbandingan dengan competitor, penggunaan konsumen, pendekatan pemasaran yang efektif yang optimal.

Riset kepuasan pelanggan dimulai dari serangkaian riset kualitatif yang mengidentifikasi indikator penting dari kepuasan pelanggan, ketidakpuasan pelanggan, dan ketahanan pelanggan. Kemudian dilanjutkan dengan riset kuantitatif berkaitan dengan kepuasan pelanggan.

Sementara itu tracking research memberikan indicator merek selama siklus hidup produk dan pemahaman kategori produk, bagaimana merek Anda sesuai dengan pasar dan bagaimana ukuran indicator ini berubah sepanjang waktu. Tracking research memungkinkan Anda untuk memonitor kesuksesan strategi produk atau pemasaran, mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan lebih cepat serta memformulasikan strategi yang sesuai.

Promotion assessment juga membantu dalam menemukan program pemasaran yang sesuai dengan mengukur antara lain: awareness, keinginan untuk membeli, product trial dan perilaku penggunaan.

Keseluruhan pengukuran inilah yang menentukan kesuksesan produk Anda. Jika Anda dapat mengelolanya dengan baik, maka dapat menimalisir risiko kegagalan produk.

Walaupun tiada cara yang dapat menjamin kesuksesan sebuah produk, namun riset pemasaran sangatlah penting untuk memberikan pemahaman mengenai pasar dan market awareness yang sangat dibutuhkan dalam membuat keputusan strategis terbaik selama pengembangan produk baru.

Manajemen produk menentukan keberlangsungan hidup suatu produk. Lingkungan baik internal maupun eksternal yang selalu berubah menjadikan Anda harus selalu melakukan perubahan yang sesuai pada produk Anda. Oleh karena itu, manajemen produk harus selalu dilakukan selama siklus hidup produk.

(Rinella Putri/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x