(Businesslounge Journal- Entrepreneurship)
Untuk membantu Anda menemukan orang yang tepat, berikut adalah beberapa perekrutan pertama yang paling sering disarankan untuk bisnis Anda. Mempekerjakan dari atas itu cerdas, lalu memperluas tim Anda saat sumber daya Anda memungkinkan.
Memperkuat hubungan internal dan eksternal bisnis Anda harus menjadi fokus utama saat Anda merekrut peran startup. Ingatlah budaya perusahaan Anda saat mengisi posisi startup.
Artikel ini untuk pemilik bisnis baru yang ingin memperluas tim mereka. Anda menciptakan produk atau layanan, Anda memulai bisnis Anda, dan akhirnya Anda mulai menghasilkan sedikit uang – sekarang saatnya mempekerjakan karyawan. Namun, mencari tahu siapa orang-orang itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Meskipun Anda mungkin berusaha keras untuk mendapatkan lebih banyak bakat di tim Anda, mempekerjakan biaya waktu dan uang: Rata-rata di US suatu perusahaan menghabiskan sekitar $4.000 dan 24 hari untuk mempekerjakan pekerja baru, menurut Glassdoor. Karena uang biasanya ketat untuk pemula, jangan terburu-buru dalam prosesnya. Pekerjakan secara perlahan dan periksa kandidat Anda secara menyeluruh.
Orang yang Anda pekerjakan akan bergantung pada kebutuhan khusus bisnis Anda, tetapi setiap karyawan yang Anda pekerjakan harus memiliki beberapa kualitas utama: fleksibilitas, semangat, dan kepercayaan. Pekerjakan orang-orang yang mampu mengambil berbagai tanggung jawab hingga Anda dapat berkembang lebih jauh.
8 peran startup untuk dipekerjakan
Ada peran startup tertentu yang ingin Anda isi segera. Berikut adalah delapan yang penting untuk dipertimbangkan:
1. Chief executive officer (CEO) dan chief operation officer (COO)
Dua pemain terpenting dalam bisnis Anda adalah CEO dan COO. CEO biasanya adalah orang dengan gambaran besar yang mengendalikan arah, visi, dan budaya perusahaan, sedangkan COO terutama berfokus pada operasi sehari-hari yang membuat bisnis Anda tetap berjalan.
Anda dapat merekrut secara eksternal untuk posisi ini, tetapi pendiri perusahaan biasanya memikul tanggung jawab ini. Tierra Wilson, salah satu pendiri dan CMO dari Lovely Impact, merekomendasikan untuk memulai sebagai CEO bisnis Anda sebelum merekrut. Jika Anda dan rekan pendiri Anda sudah berencana untuk mengambil jabatan dan tanggung jawab ini, selanjutnya pekerjakan tujuh posisi berikut.
2. Manajer produk
Manajer produk akan menjadi tujuan Anda dalam semua hal yang berkaitan dengan produk Anda. Anggota tim ini mengelola strategi, visi, dan pengembangan produk. Mereka biasanya bekerja sama dengan tim teknis dan pemasaran untuk membuat dan memasarkan produk Anda.
Vince Repaci, pelatih senior di LOVR Atlantic, mengatakan bahwa mempekerjakan seorang manajer produk dapat menjadi hal yang sulit bagi para pendiri, karena mereka biasanya adalah manajer produk bawaan awal dan banyak berinvestasi dalam produk atau layanan mereka sendiri.
“Namun, ketika Anda [mampu] membayar seorang manajer proyek, itu memaksa Anda untuk mengubah cara berpikir Anda tentang proyek dengan mendokumentasikan dan melatih orang lain di dalamnya,” kata Repaci kepada Business News Daily. “Langkah ini memungkinkan para pendiri untuk mulai mengerjakan bisnis daripada di bisnis.”
3. Chief technology officer (CTO) dan VP engineering hybrid
Anggota tim yang berspesialisasi dalam teknologi dan pengembangan sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda, terutama untuk startup teknologi. Meskipun Anda dapat mempekerjakan insinyur front-end dan back-end lepas, memiliki seseorang di tim internal Anda yang bertanggung jawab atas sektor ini berguna. Anda dapat membagi peran ini menjadi dua posisi terpisah seiring pertumbuhan tim Anda.
“Memiliki seseorang dengan keterampilan untuk memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis Anda, serta mengawasi integrasi dan pengelolaan berbagai sistem, adalah kuncinya,” kata Sue Andrews, konsultan bisnis dan SDM di KIS Finance. “Mereka perlu mempertimbangkan segalanya mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak dan teknologi seluler.”
Andrews mengatakan anggota tim ini juga dapat memimpin dalam membangun kehadiran online Anda. Mereka juga dapat membagi tanggung jawab itu dengan manajer pemasaran Anda.
4. Chief marketing officer (CMO) dan gabungan manajer komunitas
Anggota tim ini akan fokus pada pelanggan Anda dan bagaimana mereka melihat produk atau layanan Anda. Andrews mengatakan bahwa mempekerjakan seorang ahli dengan keterampilan pemasaran dan promosi yang sangat baik sangat penting untuk memastikan visi Anda menjangkau khalayak luas.
“Temukan manajer pemasaran yang ahli dalam segala hal,” kata Wilson. “Sampai Anda dapat menskalakan, mereka harus dapat menulis salinan, merancang jaminan, halaman arahan kode, menjalankan kampanye iklan, dan menangani pemasaran media sosial.”
Mereka juga harus berinteraksi dengan pelanggan Anda dan bertindak sebagai manajer komunitas sementara untuk menjaga hubungan positif antara bisnis dan konsumen Anda. Anggota tim ini dapat bekerja dengan manajer produk untuk memasukkan umpan balik pelanggan ke dalam pengembangan produk.
5. Manajer penjualan
Anggota tim ini akan fokus untuk menghasilkan prospek baru dan menghasilkan uang untuk perusahaan Anda. Wilson mengatakan startup dan pemilik usaha kecil yang menguasai penjualan lebih dulu bertahan lebih lama.
“Rekrut perwakilan penjualan atau manajer yang luar biasa, lalu gunakan uang yang mereka hasilkan untuk mempekerjakan lebih banyak orang,” katanya. “Ini mungkin posisi yang paling sulit untuk disewa, tetapi [itu] sepadan dengan waktu dan upaya untuk mendapatkan orang yang tepat.”
Repaci mengatakan bahwa manajer penjualan yang terampil dengan pengalaman di industri Anda biasanya tidak membutuhkan banyak pelatihan untuk menghasilkan prospek dan menutup kesepakatan.
6. Kepala keuangan (CFO)
Para ahli merekomendasikan agar startup mengalihdayakan peran akuntansi dan keuangan mereka, tetapi jika Anda memiliki kemampuan untuk menyewa CFO, ini bisa sangat membantu bisnis Anda.
“Sangat penting bagi Anda untuk memiliki seseorang dalam tim yang bertanggung jawab atas uang dan memperhatikan detail untuk mengelola semua aspek keuangan perusahaan,” kata Andrews. “Pada tahap awal, ini akan berkisar dari masalah besar, seperti mengamankan pinjaman bank dan tempat penyewaan, hingga kebutuhan sehari-hari, seperti membayar pemasok dan mengelola kas kecil.”
7. Manajer pengembangan bisnis
Mirip dengan manajer penjualan, manajer pengembangan bisnis menemukan cara untuk mengembangkan bisnis Anda dari sudut pandang pemasaran dan penjualan. Misalnya, profesional ini mungkin berfokus pada pengembangan hubungan dengan bisnis lain untuk meningkatkan pendapatan dan potensi pertumbuhan.
Manajer pengembangan bisnis yang baik mengidentifikasi peluang bisnis baru dalam organisasi Anda dan dengan perusahaan lain. Dengan demikian, mereka akan mempertimbangkan pasar baru, area yang dapat Anda kembangkan, kemitraan baru, cara untuk menjangkau pasar lain yang sudah ada, dan cara untuk menarik pelanggan target Anda.
Misalnya, pesaing mungkin menawarkan produk atau layanan yang belum Anda pertimbangkan. Manajer pengembangan bisnis Anda akan mencari cara untuk mengikuti penawaran mereka dan membedakan Anda dari mereka untuk menarik lebih banyak perhatian ke merek Anda.
8. Perwakilan layanan pelanggan
Layanan pelanggan adalah tugas penting yang harus dikuasai setiap bisnis. Membangun hubungan positif dengan pelanggan dan klien Anda adalah landasan merek Anda.
Tidak masalah seberapa hebat produk atau layanan Anda jika bisnis Anda tidak berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan kliennya. Tanpa profesional yang menangani pertanyaan, panggilan, atau kekhawatiran pelanggan, reputasi Anda pasti akan menderita. Anda ingin mengisi peran ini sesegera mungkin.
Bersambung ke artikel Bagian 2