Prepare The Year 2013 with Marketing Plan and Strategies

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Ditengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat di tahun 2013 maka diperlukan rencana pemasaran dan strategi pemasaran yang kuat supaya Anda dapat survive dalam kancah persaingan industri, mengatasi para kompetitor Anda dan berhasil meraih sukses di tahun 2013 ini.

Bagian terpenting dari sebuah  bisnis adalah membuat  Rencana Pemasaran atau Marketing Plan yang matang.  Untuk menjaga kelangsungan sebuah  bisnis  maka rencana pemasaran / marketing plan  merupakan satu hal yang harus diperhatikan.  Marketing plan  menyangkut produk,  service,  market,  financial situation dan strategi pemasaran yang disiapkan dan diterapkan dalam jangka waktu tertentu secara konsisten.

 

Marketing Plan

 

Dalam membuat rencana pemasarannya, maka sebuah bisnis harus memperhatikan hal-hal dibawah ini :

 

1. Menyadari akan  kekuatan dan kelemahannya  dari sisi internalnya, sedangkan dari sudut eksternalnya adalah  membuat sebuah  analisa dan mencari peluang pasar

 

2. Membuat analisa produk dan layanan dari sudut pandang pelanggan (bukan dari pandangan internal perusahaan).  Apa yang di cari dan yang di inginkan oleh pelanggan?  Dan sebuah bisnis harus mengetahui marketplace dari pelanggannya.

 

3. Memiliki kemampuan untuk  menganalisis  target marketnya.

 

4. Mengenal  dan mengetahui kompetitornya dengan baik.  Harus dapat untuk mengidentifikasi

 

kekuatan dan kelemahan kompetitornya, dan bandingkan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan sendiri. Hal ini penting untuk membuat strategi pemasaran yang tepat

 

5. Sanggup membuat keputusan bagaimana mengaplikasikan sumber dayanya  sesuai dengan target market yang menjadi sasaran

 

6. Memanfaatkan informasi  yang dikumpulkan  tentang usahanya  yaitu mengenai pelanggan, pasar  dan kompetitornya.  Sebuah bisnis harus dapat menentukan strategi pemasaran / penjualannya sehingga target  / goalnya dapat tercapai

 

Setelah Anda membuat rencana pemasaran, maka selanjutnya Anda harus membuat sebuah strategi pemasaran.

 

Strategi Pemasaran Yang Kuat

 

Apakah bisnis Anda memiliki strategi pemasaran yang kuat? Yang jelas untuk diterapkan? Yang dapat diterapkan secara konsisten? Untuk keberhasilan sebuah bisnis, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang kuat dan Anda harus menerapkannya secara konsisten. Untuk itu  tidak perlu biaya yang mahal. Kuncinya adalah mengembangkan strategi pemasaran dengan  membentuk satu pondasi kokoh bagi  promosi Anda.  Membuat promosi seperti iklan, direct mail, networking dan one to one sales

 

Anda dapat mengembangkan pondasi  pemasaran yang kuat dengan:

 

1. Mendefinisikan produk atau jasa Anda:

 

Bagaimana produk atau layanan Anda? Apa yang  pelanggan Anda inginkan? Jika Anda menawarkan beberapa produk atau jasa mana yang paling tepat  untuk dipromosikan?

 

2. Identifikasi target market Anda:  Untuk pelanggan dan terutama klien potensial Anda.  Siapa pelanggan potensial Anda?  Anda dapat mengidentifikasikan  pelanggan ideal Anda dalam hal pendapatan, usia, wilayah geografis, dll

 

Dalam identifikasi target market, hal yang sangat penting dilakukan adalah menganalisa portfolio bisnis Anda, kekuatan dan kelemahannya. Pelanggan besar yaitu yang memberikan kontribusi terbesar dalam bisnis Anda harus diberikan perhatian khusus dan dibuat perencanaan yang matang bagaimana melakukan usaha-usaha untuk retain mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun mapping pelanggan mulai dari yang memberikan kontribusi terbesar sampai dengan terendah. Pada masing-masing klasifikasi pelanggan ini dibuat strategi mempertahankannya dan bagaimana meningkatkan pelanggan pada level yang lebih tinggi dalam pemberian kontribusi.

 

3. Mengetahui kompetitor  Anda:  Dalam dunia bisnis selalu ada persaingan / kompetisi. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui kompetitor Anda.  Apa keunggulan dari competitor Anda? Mengapa pelanggan lebih memilih produk Anda dari pada memilih kompetitor Anda, dll

 

4. Pemasaran Dengan Digital Marketing : Pemasaran 2013 juga merupakan tahun dimana digital marketing menjadi salah satu primadona dalam upaya pemasaran yang dilakukan. Bukan hanya melalui social media seperti twitter maupun facebook, melainkan dalam hal ini, keaktifan blog pribadi juga sangat dibutuhkan. Beberapa tips agar sukses dalam digital marketing adalah :

 

Utamakan heart share, not just market share

 

Kadang orang memikirkan hanya mengapa blog saya tidak mencapai market share? Utamakan dulu heart share, bagaimana menyentuh hati pembaca, sehingga dari situlah dapat dimulai taktik pemasaran yang kita inginkan.

 

Gunakan bahasa, foto serta desain yang menarik

 

Bahasa yang menarik akan membuat orang mau berkunjung di blog Anda. Jangan gunakan bahasa yang “kampungan” atau “alay”, nobody wants to read that…dan langsung saja semuanya to the point sehingga orang tertarik untuk membacanya, bahkan merespon terhadap tulisan Anda. Tulisan Anda juga menunjukkan kelas Anda dan juga kelas dari jualan Anda.

 

– Pastikan follower Anda jangan “alay”

 

Terkadang orang sudah bangga sekali dengan banyaknya follower Anda di twitter, atau friend list Anda di facebook, atau banyaknya orang yang merespon blog Anda, tapi jangan sampai itu semua berasal dari kalangan “alay”, karena justru itu tidak akan membuat image jualan Anda naik, karena tidak pada kelas pembeli yang tepat.

 

4. Mengemas Produk Lama Menjadi Brand New

 

Dunia marketing adalah dunia yang sangat dinamis dan innovatif; brand awareness  dan  attractive package and referal menjadi sangat penting dan harus diperhitungkan.

 

Kecenderungan manusia adalah mudah sekali  bosan dan sangat gemar dengan sesuatu yang baru dan menarik. Disinilah peran marketing teruji  bagaimana mengemas produk lama menjadi “brand new” di market dengan eyecathing attractive package sehingga pelanggan dapat memberikan referal  kepada  calon pelanggan lainnya

 

5. Mencari niche: Apakah ada target market Anda  yang saat ini tidak dilayani atau tidak dilayani dengan baik? Sebuah strategi niche memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya pemasaran Anda dan mendominasi market

 

6. Meningkatkan awareness: bagi klien potensial akan menjadi sulit untuk membeli produk atau jasa Anda jika mereka tidak tahu atau tidak mengenal akan produk Anda.  Pada umumnya  calon pelanggan harus melihat  sebuah produk  5 sampai 15 kali sebelum mereka memutuskan membeli produk tersebut pada saat  mereka memerlukannya.

 

7. Konsisten: Konsisten dalam segala hal yang Anda lakukan. Konsisten dalam  kualitas pelayanan pelanggan, dan kualitas produk. Menjadi konsisten adalah lebih penting daripada memiliki produk terbaik

 

8. Fokus: Fokus pada  sumber daya,  waktu dan anggaran. Dengan fokus maka Anda akan bekerja secara efektif  Sebelum Anda pernah mempertimbangkan untuk melakukan promosi dengan  brosur, iklan,  kampanye direct mail, dll  mulailah melakukan pemetaan  melalui pengembangan strategi, pemasaran yang konsisten dan terfokus.

 

Dengan memperhatikan tips-tips diatas, menjalankannya dengan konsisten maka menghadapi persaingan  bisnis di tahun 2013, niscaya bisnis  Anda akan  tetap sukses dan berkembang.

 

Saya ingat sebuah kata-kata bijak yang mengingatkan kita bersama agar selalu membuat perencanaan yang baik: “He who fails to plan, plans to fail”

 

Sukses selalu bersama Anda!
(Debbie Kusuma/AA/TML)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x