(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Ditengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat di tahun 2013 maka diperlukan rencana pemasaran dan strategi pemasaran yang kuat supaya Anda dapat survive dalam kancah persaingan industri, mengatasi para kompetitor Anda dan berhasil meraih sukses di tahun 2013 ini.
Bagian terpenting dari sebuah bisnis adalah membuat Rencana Pemasaran atau Marketing Plan yang matang. Untuk menjaga kelangsungan sebuah bisnis maka rencana pemasaran / marketing plan merupakan satu hal yang harus diperhatikan. Marketing plan menyangkut produk, service, market, financial situation dan strategi pemasaran yang disiapkan dan diterapkan dalam jangka waktu tertentu secara konsisten.
Marketing Plan
Dalam membuat rencana pemasarannya, maka sebuah bisnis harus memperhatikan hal-hal dibawah ini :
1. Menyadari akan kekuatan dan kelemahannya dari sisi internalnya, sedangkan dari sudut eksternalnya adalah membuat sebuah analisa dan mencari peluang pasar
2. Membuat analisa produk dan layanan dari sudut pandang pelanggan (bukan dari pandangan internal perusahaan). Apa yang di cari dan yang di inginkan oleh pelanggan? Dan sebuah bisnis harus mengetahui marketplace dari pelanggannya.
3. Memiliki kemampuan untuk menganalisis target marketnya.
4. Mengenal dan mengetahui kompetitornya dengan baik. Harus dapat untuk mengidentifikasi
kekuatan dan kelemahan kompetitornya, dan bandingkan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan sendiri. Hal ini penting untuk membuat strategi pemasaran yang tepat
5. Sanggup membuat keputusan bagaimana mengaplikasikan sumber dayanya sesuai dengan target market yang menjadi sasaran
6. Memanfaatkan informasi yang dikumpulkan tentang usahanya yaitu mengenai pelanggan, pasar dan kompetitornya. Sebuah bisnis harus dapat menentukan strategi pemasaran / penjualannya sehingga target / goalnya dapat tercapai
Setelah Anda membuat rencana pemasaran, maka selanjutnya Anda harus membuat sebuah strategi pemasaran.
Strategi Pemasaran Yang Kuat
Apakah bisnis Anda memiliki strategi pemasaran yang kuat? Yang jelas untuk diterapkan? Yang dapat diterapkan secara konsisten? Untuk keberhasilan sebuah bisnis, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang kuat dan Anda harus menerapkannya secara konsisten. Untuk itu tidak perlu biaya yang mahal. Kuncinya adalah mengembangkan strategi pemasaran dengan membentuk satu pondasi kokoh bagi promosi Anda. Membuat promosi seperti iklan, direct mail, networking dan one to one sales
Anda dapat mengembangkan pondasi pemasaran yang kuat dengan:
1. Mendefinisikan produk atau jasa Anda:
Bagaimana produk atau layanan Anda? Apa yang pelanggan Anda inginkan? Jika Anda menawarkan beberapa produk atau jasa mana yang paling tepat untuk dipromosikan?
2. Identifikasi target market Anda: Untuk pelanggan dan terutama klien potensial Anda. Siapa pelanggan potensial Anda? Anda dapat mengidentifikasikan pelanggan ideal Anda dalam hal pendapatan, usia, wilayah geografis, dll
Dalam identifikasi target market, hal yang sangat penting dilakukan adalah menganalisa portfolio bisnis Anda, kekuatan dan kelemahannya. Pelanggan besar yaitu yang memberikan kontribusi terbesar dalam bisnis Anda harus diberikan perhatian khusus dan dibuat perencanaan yang matang bagaimana melakukan usaha-usaha untuk retain mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun mapping pelanggan mulai dari yang memberikan kontribusi terbesar sampai dengan terendah. Pada masing-masing klasifikasi pelanggan ini dibuat strategi mempertahankannya dan bagaimana meningkatkan pelanggan pada level yang lebih tinggi dalam pemberian kontribusi.
3. Mengetahui kompetitor Anda: Dalam dunia bisnis selalu ada persaingan / kompetisi. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui kompetitor Anda. Apa keunggulan dari competitor Anda? Mengapa pelanggan lebih memilih produk Anda dari pada memilih kompetitor Anda, dll
4. Pemasaran Dengan Digital Marketing : Pemasaran 2013 juga merupakan tahun dimana digital marketing menjadi salah satu primadona dalam upaya pemasaran yang dilakukan. Bukan hanya melalui social media seperti twitter maupun facebook, melainkan dalam hal ini, keaktifan blog pribadi juga sangat dibutuhkan. Beberapa tips agar sukses dalam digital marketing adalah :
– Utamakan heart share, not just market share
Kadang orang memikirkan hanya mengapa blog saya tidak mencapai market share? Utamakan dulu heart share, bagaimana menyentuh hati pembaca, sehingga dari situlah dapat dimulai taktik pemasaran yang kita inginkan.
– Gunakan bahasa, foto serta desain yang menarik
Bahasa yang menarik akan membuat orang mau berkunjung di blog Anda. Jangan gunakan bahasa yang “kampungan” atau “alay”, nobody wants to read that…dan langsung saja semuanya to the point sehingga orang tertarik untuk membacanya, bahkan merespon terhadap tulisan Anda. Tulisan Anda juga menunjukkan kelas Anda dan juga kelas dari jualan Anda.
– Pastikan follower Anda jangan “alay”
Terkadang orang sudah bangga sekali dengan banyaknya follower Anda di twitter, atau friend list Anda di facebook, atau banyaknya orang yang merespon blog Anda, tapi jangan sampai itu semua berasal dari kalangan “alay”, karena justru itu tidak akan membuat image jualan Anda naik, karena tidak pada kelas pembeli yang tepat.
4. Mengemas Produk Lama Menjadi Brand New
Dunia marketing adalah dunia yang sangat dinamis dan innovatif; brand awareness dan attractive package and referal menjadi sangat penting dan harus diperhitungkan.
Kecenderungan manusia adalah mudah sekali bosan dan sangat gemar dengan sesuatu yang baru dan menarik. Disinilah peran marketing teruji bagaimana mengemas produk lama menjadi “brand new” di market dengan eyecathing attractive package sehingga pelanggan dapat memberikan referal kepada calon pelanggan lainnya
5. Mencari niche: Apakah ada target market Anda yang saat ini tidak dilayani atau tidak dilayani dengan baik? Sebuah strategi niche memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya pemasaran Anda dan mendominasi market
6. Meningkatkan awareness: bagi klien potensial akan menjadi sulit untuk membeli produk atau jasa Anda jika mereka tidak tahu atau tidak mengenal akan produk Anda. Pada umumnya calon pelanggan harus melihat sebuah produk 5 sampai 15 kali sebelum mereka memutuskan membeli produk tersebut pada saat mereka memerlukannya.
7. Konsisten: Konsisten dalam segala hal yang Anda lakukan. Konsisten dalam kualitas pelayanan pelanggan, dan kualitas produk. Menjadi konsisten adalah lebih penting daripada memiliki produk terbaik
8. Fokus: Fokus pada sumber daya, waktu dan anggaran. Dengan fokus maka Anda akan bekerja secara efektif Sebelum Anda pernah mempertimbangkan untuk melakukan promosi dengan brosur, iklan, kampanye direct mail, dll mulailah melakukan pemetaan melalui pengembangan strategi, pemasaran yang konsisten dan terfokus.
Dengan memperhatikan tips-tips diatas, menjalankannya dengan konsisten maka menghadapi persaingan bisnis di tahun 2013, niscaya bisnis Anda akan tetap sukses dan berkembang.
Saya ingat sebuah kata-kata bijak yang mengingatkan kita bersama agar selalu membuat perencanaan yang baik: “He who fails to plan, plans to fail”
Sukses selalu bersama Anda!
(Debbie Kusuma/AA/TML)