(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Seberapa sering Anda mendengar orang menyebut kata odol dibanding pasta gigi? Atau mie instant dibanding indomie? Tentu Anda akan lebih sering mendengar kata odol dibanding pasta gigi dan Indomie dibanding mie instant.
Banyak orang yang belum tahu bahwa odol sesungguhnya adalah nama brand, bukan kata benda. Odol pertama kali diproduksi Jerman pada tahun 1892 sebagai mouthwash. Pada tahun 1900-an, penggunaan merek Odol sangatlah luas hingga ke hampir seluruh daratan Eropa. Saking terkenalnya merek ini di seluruh dunia, orang Indonesia pun ikutmenyebut odol seolah kata benda sepadan dengan pasta gigi. Hal yang sama juga terjadi pada Indomie, yang lama-lama menjadi seolah kata benda, dan lebih sering disebut dibandingkan dengan mie instan.
Disinilah kehebatan promosi yang pada akhirnya bisa membangun image identifikasi seperti ini. Image ini telah melekat di benak banyak orang, sehingga secara tidak sadar mereka yang beli pasta gigi akan bilang beli odol, atau mereka yang ingin makan mie instan akan bilang ingin makan indomie.
Jika Anda bisa seperti ini, maka tentu orang akan langsung teringat merk Anda dibandingkan dengan merek lain. Ketika mencari mie instan, maka orang akan langsung mencari Indomie. Keberhasilan membangun image yang kuat di benak konsumen menghasilkan kekuatan yang dahsyat. Dampaknya bisa diukur secara langsung terhadap penjualan.
Lalu bagaimana Anda bisa membangun image yang identifk seperti itu? Rajin-rajinlah mempromosikan produk Anda secara visual yang cepat ditangkap oleh indra penglihatan konsumen. Buat produk dengan desain yang berkarakter, juga selaraskan dengan aktivitas pemasarannya, mulai dari billboard, iklan televisi, iklan media cetak, dan lainnya. Tampilkan manfaat utama produk Anda dengan cara-cara yang menarik dan yang mudah diingat. Orang akan lebih mencari produk yang diingatnya, bukan?
Timbulkan hasrat ingin membeli dari tayangan iklan yang Anda Oleh karena itu sekali lagi kenalilah dan galilah produk Anda untuk menentukan apa yang akan Anda expose dan perkenalkan kepada banyak orang dalam rangkaian promosi hingga image identifikasi terbangun dalam jiwa konsumen.
(Natalina B/AA/TML)