Beberapa Tips Agar Customer Tidak Melupakan Anda

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Seorang marketing yang handal harus dapat membuat customer bergantung pada dia,. Hal ini sangat diperlukan demi kelanggengan bisnis. Untuk membuat customer selalu bergantung dan loyal kepada Anda, tentu saja diperlukan trik-trik yang jitu. Dan salah satu hal yang penting adalah, Anda harus bisa membuat customer sulit melupakan service yang Anda berikan sehingga ia akan terus-menerus bergantung dan membeli produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Mungkin selama ini Anda hanya berpikir, ah yang penting saya mendapatkan uang yang banyak, tidak perduli apa yang akan terjadi pada customer. Jika Anda berpikir seperti itu, Anda salah besar! Karena, pada prinsipnya repeat order atau pembelian ulang bisa Anda dapatkan jika customer tidak melupakan Anda dan merasa puas terhadap apa yang Anda lakukan terhadapnya. Bukan hanya repeat order yang akan Anda dapatkan, customer juga akan mempromosikan produk atau jasa Anda secara word of mouth kepada orang lain, sehingga Anda akan memperoleh keuntungan dalam penjualan produk atau jasa Anda.

Hal-hal penting yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyentuh ‘human feeling’ dari Customer Anda. Mungkin yang Anda lakukan tidak seberapa, tetapi perhatian Anda kepada kehidupan pribadi Customer Anda akan sangat diingat dan hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap penjualan Anda.

Beberapa Tips yang dapat Anda lakukan agar customer tidak melupakan Anda:

  • Mengucapkan selamat ulang tahun pada hari ulang tahun customer Anda atau hari ulang tahun pernikahannya.  Bisa ditambahkan dengan mengirimkan kepadanya karangan bunga atau bingkisan yang akan membuat customer Anda merasa senang. Untuk ini, Anda perlu untuk mencari tahu kapan hari ulang tahun Customer Anda.
  • Mengucapkan selamat atas hari-hari bahagia, keberhasilan atau kemenangan , misalnya saat putra putri Customer Anda lulus kuliah , saat kelahiran,  pada perayaan hari besar, perayaan naik pangkat/jabatan dan lain-lain. Ini adalah moment yang sangat baik untuk Anda ‘mengambil hati’ Customer Anda .
  • Memberikan pelayanan dan service yang memuaskan setiap kali customer Anda memerlukannya. Service yang maksimal akan sangat diingat apalagi ketika Customer Anda ada dalam kesulitan.
  • Mengajak Customer Anda makan siang bersama dan bercerita banyak hal bersama dengan dia.

 

Semoga Bermanfaat Bagi Anda !

 

 

(Indriani Vera/AA/TML)